Gaya Hidup Sehat

6 Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat air lemon

Buah lemon yang kaya akan vitamin C banyak digunakan untuk berbagai hal, mulai dari untuk bahan masakan, dekorasi makanan, hingga untuk kesehatan. Tak hanya buahnya saja, air lemon pun juga memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat air lemon yang paling dikenal adalah sebagai alternatif dalam menurunkan berat badan. 

Tak sedikit orang yang mulai mengganti kebiasaan minum kopi atau teh di pagi hari dengan minum air lemon. Minum air lemon di pagi hari dipercaya dapat meningkatkan energi dan metabolisme. Selain segar, air lemon juga mudah divariasikan dengan berbagai bahan. 

Tak hanya untuk diet saja, ternyata ada banyak manfaat air lemon lainnya bagi kesehatan. Simak 7 manfaat air lemon bagi tubuh yang sudah terbukti secara ilmiah di bawah ini. 

Sumber Vitamin C

manfaat air lemon

Seperti yang kita tahu, lemon mengandung vitamin C yang tinggi. 1 lemon mengandung sekitar 31 mg vitamin C. Jumlah tersebut mampu memenuhi 51% kebutuhan vitamin C dari asupan harian yang disarankan atau reference daily intake (RDI). Vitamin C merupakan nutrisi yang memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya mencegah risiko terserang penyakit kardiovaskular, tekanan darah rendah, dan stroke. 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

manfaat air lemon

Vitamin C juga memiliki efek antioksidan dan anti peradangan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Selain itu, vitamin C juga merupakan protein yang penting dalam proses penyembuhan luka. Vitamin C menyerap zat besi dan membantu fungsi sistem imun bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Baik untuk Kesehatan Kulit

manfaat air lemon

Manfaat air lemon lainnya adalah untuk meremajakan kulit. Vitamin C yang terkandung dalam lemon dapat mencegah kulit kering dan keriput akibat penuaan dan kerusakan karena terpapar sinar matahari. 

Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat air lemon

Manfaat air lemon yang paling banyak diketahui adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Jadi jika kamu baru ingin mulai atau sedang menjalani diet, air lemon bisa menjadi pilihan. 

Menurut riset, senyawa yang terdapat pada ekstrak lemon mungkin dapat membantu mencegah bertambahnya berat badan. Salah satu penelitian mengatakan bahwa antioksidan polifenol yang terdapat dalam lemon dapat mengurangi berat badan secara signifikan. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait manfaat air lemon untuk diet.

Melancarkan Pencernaan 

manfaat air lemon

Manfaat air lemon lainnya adalah untuk mencegah tidak lancarnya pencernaan. Oleh karena itu, banyak orang memulai harinya dengan minum air lemon hangat untuk melancarkan sistem pencernaan. Di samping itu, air lemon dikatakan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Asam dari air lemon juga membantu memecah makanan dengan lebih efisien sehingga tubuhmu akan lebih mudah mencerna nutrisi dari makanan tersebut secara maksimal. 

Menyegarkan Napas

manfaat air lemon

Lemon memiliki wangi khas yang segar. Dengan wanginya ini, lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau yang kuat seperti bawang putih, bawang merah, atau ikan. Kamu bisa menyegarkan napas dan menghindari bau mulut dengan minum segelas air lemon setelah makan atau di pagi hari. Lemon juga dikatakan dapat mencegah mulut kering, salah satu faktor yang dapat menyebabkan bau mulut. 

Mencegah Batu Ginjal

manfaat air lemon

Batu ginjal terbentuk saat limbah dalam darah yang mengkristal dan menumpuk di ginjal. Sitrat pada lemon diklaim dapat mencegah dan bahkan membersihkan batu ginjal. Komponen asam sitrat pada lemon mampu meningkatkan pH urin sehingga menjadi kurang asam dan akhirnya mencegah terbentuknya batu ginjal. 

Cara Membuat Air Lemon

manfaat air lemon

Agar bisa merasakan manfaat air lemon secara optimal, kamu perlu meminumnya secara reguler. Ada beberapa cara membuat air lemon, tetapi yang paling penting adalah untuk menggunakan lemon segar alih-alih lemon dari botol atau kemasan. 

Salah satu cara membuat air lemon yang paling mudah adalah mencampurnya dengan air putih. Kamu hanya perlu setengah jeruk lemon, kemudian peras ke dalam air hangat atau dingin. Agar bisa diminum sepanjang hari, kamu bisa membuatnya dalam takaran yang lebih besar. 

Bosan dengan cara membuat air lemon yang itu-itu saja? Cara membuat air lemon lainnya yang bisa kamu coba agar lebih ada rasa atau meningkatkan manfaat air lemon adalah dengan menambahkan beberapa bahan seperti daun mint, madu, jahe, atau kayu manis. Kamu juga bisa menambahkan potongan buah sitrus lainnya seperti jeruk nipis ataupun irisan mentimun. Jangan lupa untuk mencuci dulu setiap bahan yang akan kamu gunakan. 

Cara membuat air lemon yang tak kalah mudah adalah dengan membuat es air lemon. Kamu hanya tinggal memeras buah lemon segar ke dalam nampan es batu kemudian bekukan. Jadi nantinya kamu tinggal memasukkan beberapa es batu air lemon ke dalam minumanmu. 

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa mencari cara membuat air lemon lainnya yang tersedia di internet. Untuk memastikan lemon yang kamu pakai merupakan lemon segar, kamu bisa membeli lemon import  dari FIT Market. Buah segar, langsung dikirim ke rumahmu!