Diet

8 Makanan untuk Diet Keto yang Bisa Kamu Coba Agar Lebih Sehat

diet keto untuk pemula

Ingin menurunkan berat badan? Atau ingin menjalankan gaya hidup yang lebih sehat? Diet menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Salah satu jenis diet yang paling populer adalah diet keto. 

Diet keto merupakan diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak yang efektif menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan tubuh. Bahkan diet keto dikatakan dapat mengurangi risiko beberapa penyakit seperti kanker, diabetes, alzheimer, dan epilepsi. Dengan mengganti karbohidrat dengan lemak, tubuh akan memasuki fase ketosis dan mulai membakar lemak sebagai sumber energi. 

Dalam menjalankan diet keto, konsumsi karbohidrat biasanya dibatasi hingga 20-50 gram per harinya. Bagi yang baru ingin mulai, diet ini mungkin kelihatan cukup menantang. Namun, diet keto bisa membuat kita lebih terbiasa untuk makan makanan yang bernutrisi bagi tubuh. 

Agar dietmu bisa berhasil, kamu tentu harus tahu dulu cara melakukannya dengan benar.  Terdapat beberapa panduan untuk menjalankan diet keto untuk pemula yang bisa kamu ikuti, khususnya dari segi makanan-makanan apa saja yang boleh kamu konsumsi. Berikut beberapa jenis makanan untuk diet keto yang bisa kamu coba. 

Ikan

diet keto untuk pemula

Ikan berlemak seperti salmon dan sarden merupakan salah satu makanan untuk diet keto yang direkomendasikan karena memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Omega 3 mampu menurunkan kadar insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin pada orang yang obesitas atau kelebihan berat badan. 

Selain itu, sering mengonsumsi ikan juga dikatakan dapat meningkatkan kesehatan mental. Bagi kamu yang ingin menjalankan diet keto untuk pemula, kamu bisa mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan setiap minggunya. 

Sayuran Rendah Kalori

diet keto untuk pemula

Sayuran jelas bagus untuk diet dan menjaga kesehatan tubuh. Namun, sayuran yang harus kamu konsumsi sebagai makanan untuk diet keto adalah sayuran non-tepung. Hal ini dikarenakan sayuran non-tepung rendah kalori dan karbohidrat, tetapi memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. 

Selain itu, sayuran juga mengandung antioksidan yang membantu menjaga tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh. Kamu bisa mengganti makanan tinggi karbohidrat yang biasa kamu konsumsi seperti kentang dengan sayuran rendah karbohidrat. Beberapa jenis sayuran yang bisa kamu konsumsi antara lain brokoli, kembang kol, dan kale yang diklaim dapat mengurangi risiko kanker. 

Keju

diet keto untuk pemula

Suka makan keju? Kalau iya, ada kabar baik buat kamu! Karena keju merupakan salah satu jenis makanan untuk diet keto yang aman untuk dikonsumsi. Keju mengandung protein, kalsium, dan asam lemak yang bermanfaat tetapi mengandung karbohidrat yang sedikit. 

Selain itu, keju juga mengandung asam linoleat terkonjugasi yang telah dikaitkan dengan berkurangnya lemak dan komposisi tubuh yang lebih baik. Ditambah lagi, mengonsumsi keju secara teratur dapat membantu mengurangi hilangnya massa otot akibat penuaan. 

Alpukat

diet keto untuk pemula

Buah alpukat merupakan buah yang enak dan cocok dikonsumsi dengan beragam makanan, sekaligus memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Alpukat mengandung banyak vitamin, serat, dan mineral, termasuk potasium atau kalium. 

Asupan kalium yang tinggi dikatakan dapat membantu transisi diet keto untuk pemula menjadi lebih mudah. Di samping itu, alpukat juga dapat meningkatkan trigliserida dan kadar kolesterol baik (HDL). 

Daging

diet keto untuk pemula

Daging sapi dan unggas dianggap sebagai makanan untuk diet keto yang utama. Keduanya merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang terbukti mampu menjaga massa otot selama diet rendah karbohidrat. Daging yang paling dianjurkan adalah daging hewan yang diberi makan rumput, karena biasanya lebih banyak mengandung omega-3 dibandingkan hewan yang makan biji-bijian. 

Telur

diet keto untuk pemula

Siapa bilang diet membuat pilihan makanan jadi sedikit? Untungnya, telur merupakan salah satu makanan untuk diet keto yang aman dan bahkan dianjurkan untuk dikonsumsi. Selain sehat, telur juga sangat mudah untuk dimasak dan bisa divariasikan dengan berbagai cara. 

Telur juga terbukti memicu hormon yang meningkatkan rasa kenyang dan menjaga kadar gula darah dengan stabil sehingga asupan kalorimu pun tidak berlebihan. Saat makan telur, jangan sisakan kuning telurnya ya. Pasalnya, sebagian besar nutrisi telur berasal dari kuning telur, salah satunya untuk melindungi kesehatan mata. 

Minyak Organik

diet keto untuk pemula

Saat masak makanan untuk diet keto, jangan lupa untuk gunakan minyak organik seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak alpukat, atau mentega. Minyak kelapa dikatakan dapat membantumu masuk ke fase ketosis. Sementara minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jantung dan kaya akan antioksidan. Kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk dressing salad atau mayonaise. 

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

diet keto untuk pemula

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan salah satu makanan untuk diet keto untuk memenuhi kebutuhan protein. Mengonsumsi keduanya secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung, depresi, dan sejumlah penyakit kronis. Di samping itu, kacang-kacangan dan biji-bijian juga kaya akan serat yang dapat membantumu merasa kenyang. 

Tips Menjalani Diet Keto untuk Pemula

diet keto untuk pemula

Dalam menjalani diet, tentu diperlukan niat dan kekonsistenan. Supaya dietmu lancar, kamu bisa mengikuti beberapa tips diet keto untuk pemula di bawah ini: 

  • Makanan yang harus dihindari

Hindari makanan dan minuman manis seperti minuman soda, kue, atau es krim, juga makanan dengan kandungan pati seperti pasta atau sereal. Untuk buah-buahan, cukup konsumsi buah beri seperti stroberi. 

  • Perbanyak Olahraga

Selain menjaga pola makan, hal lain yang juga perlu kamu lakukan dalam menjalani diet keto untuk pemula adalah berolahraga. Berolahraga dapat membantumu masuk ke fase ketosis. Saat masa transisi tersebut, tubuh bisa mengalami kelelahan. Oleh karena itu,  jangan terlalu memaksakan diri dan beri tubuhmu waktu untuk bisa menyesuaikan diri. 

  • Buat jadwal menu

Bagi orang yang baru pertama kali melakukan diet, menjaga pola makan yang sehat setiap harinya bisa menjadi suatu hal yang menantang. Oleh karena itu, tips  ini sangat cocok untuk kamu yang sedang melakukan diet keto untuk pemula. Agar kamu tidak makan secara impulsif, sebaiknya susun jadwal menu makanan selama 1 minggu ke depan. Dengan demikian, kamu bisa menghindari membeli makanan yang tidak diperlukan. 

Walaupun daging merupakan salah satu makanan untuk diet keto, bukan berarti kamu bisa makan sembarang daging ya. Hindari makan daging olahan seperti sosis atau nugget dan mulailah beralih ke daging murni. Kamu bisa menggunakan daging ayam tanpa tulang untuk membuat berbagai variasi menu sehingga kamu tidak cepat bosan. 

Dengan mengonsumsi makanan sehat secara teratur dan mengikuti tips-tips di atas, kamu pun bisa sukses menjalankan diet keto. Semoga berhasil!