Diet

Agar Tetap Lancar, Ikuti 5 Tips Diet Saat Puasa Berikut

tips-diet-saat-puasa

Bisa gak ya diet saat puasa? Bisa banget! Malah puasa jadi momen yang tepat untuk kamu menurunkan berat badan. Namun jika tidak dilakukan dengan tepat, berat badanmu malah bisa naik, misalnya karena makan berlebihan saat buka puasa. 

Walaupun saat puasa kamu tidak makan dan minum selama berjam-jam bukan berarti kamu jadi bebas makan apa saja saat berbuka ya. Apalagi untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, pola makan tentu harus diperhatikan agar tidak berlebihan dan tubuh tetap sehat serta berenergi. Berikut beberapa tips diet saat puasa yang bisa kamu ikuti!

Banyak Minum Air Putih

tips-diet-saat-puasa

Menjaga tubuh tetap terhidrasi menjadi poin penting untuk sukses diet saat puasa. Kalau kamu tidak minum yang cukup, apalagi setelah tidak minum selama belasan jam, kamu bisa mengalami dehidrasi.

Minum air putih tidak hanya mencegah terjadinya dehidrasi saat puasa tetapi juga mengendalikan keinginanmu untuk makan yang manis-manis setelah buka puasa. Minum setidaknya 2 liter atau 8 gelas per harinya. Kamu bisa membaginya misalnya 2 gelas saat buka puasa, 4 gelas antara iftar dan sahur, dan 2 gelas saat sahur. Dengan demikian, kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi. 

Makan Secukupnya Saat Berbuka

Setelah menahan lapar berjam-jam kamu mungkin jadi kalap dan akhirnya makan berlebihan saat buka puasa. Hal ini jelas harus dihindari! Makan berlebihan malah bisa membuat berat badanmu naik dan akhirnya dietmu malah jadi gagal.

Untuk mengontrolnya, tips diet saat puasa selanjutnya yang bisa kamu ikuti adalah mulai buka puasa dengan makanan sehat yang ringan seperti salad buah. 1 jam setelah jam berbuka, barulah makan makanan berat sehingga tubuhmu bisa mencerna makanan dengan benar. Makannya juga tidak perlu terburu-buru. Mengunyah makanan dengan benar baik bagi pencernaan dan membuatmu lebih cepat kenyang. Sebaliknya, orang yang makan terburu-buru berat badannya lebih mudah naik. 

Hindari berbuka dengan makanan yang berminyak dan berlemak seperti gorengan. Ganti dengan makanan yang dipanggang atau direbus, ditambah juga dengan sayur dan buah-buahan. Ganti daging merah dengan daging putih seperti ayam tanpa kulit dan ikan untuk memenuhi kebutuhan protein tubuhmu. 

Setelah selesai berbuka, jangan langsung rebahan ya. Jalan-jalan santai dulu setidaknya setengah jam untuk membantu pencernaanmu. Selain itu, jalan ringan juga membantu membakar kalori sehingga membantu melancarkan diet saat puasa. 

Berolahraga

Banyak orang berpikir bahwa berolahraga saat puasa itu tidak baik bagi tubuh. Akhirnya, banyak orang yang biasanya berolahraga malah berhenti saat puasa. Hal ini malah bisa mengakibatkan berat badan jadi naik karena kalori yang seharusnya terbakar saat olahraga jadi tidak terbakar dan menumpuk dengan tambahan kalori dari makanan saat berbuka dan sahur. 

Faktanya, berolahraga merupakan salah satu tips diet saat puasa yang efektif lho. Ketika kamu berolahraga saat puasa, tubuh yang biasanya membakar karbohidrat dari makanan terakhir yang kamu makan jadi membakar lemak untuk mensuplai energi.

Kalau kamu biasanya berolahraga, tetap teruskan kebiasaan tersebut dengan intensitas yang lebih rendah. Kamu bisa berolahraga misalnya setelah sahur, sebelum, atau setelah berbuka puasa. Kalau kamu jarang berolahraga, cukup lakukan olahraga ringan seperti jalan santai atau jogging.

Hindari Makanan Manis

Tips diet saat puasa yang satu ini jelas wajib dilaksanakan kalau kamu mau sukses diet. Memang sih enak kalau berbuka dengan yang manis, tapi hal ini tidak baik untuk tubuh. Makanan manis banyak mengandung kalori yang tinggi dan bisa membuatmu jadi ingin makan lebih banyak. Alhasil, berat badanmu malah jadi naik. 

Daripada makan-makanan yang banyak mengandung gula, lebih baik memuaskan dahaga dengan yang lebih sehat seperti jus atau buah-buahan segar. Kamu bisa makan buah-buahan yang mengandung banyak air seperti melon atau semangka. Buah-buahan juga bisa jadi menu sahur untuk diet lho. 

Jangan Lewatkan Sahur

Wah, yang satu ini bahaya kalau kelewatan! Makan saat sahur itu sangat penting untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh selama puasa. Kalau kelewatan, nanti tubuh kamu kekurangan energi dan nutrisi. 

Agar perut tidak kembung atau mengalami gangguan pencernaan saat puasa, hindari makan makanan berminyak, berlemak, atau pedas saat sahur. Pilih buah dan sayur-sayuran sebagai menu sahur untuk diet. Karena kaya akan serat dan cairan, makan buah dan sayur saat sahur bisa mengurangi rasa lapar saat sedang puasa. 

Jangan lupa untuk menambahkan sumber karbohidrat dalam menu sahur untuk diet kamu seperti roti gandum atau makanan kaya protein seperti susu atau telur. Sebagai alternatif, kamu juga bisa minum susu atau sereal ditambah dengan buah-buahan kering dan Chia Yo Granola yang rendah lemak dan kaya akan vitamin sehingga menjagamu tetap kenyang selama beraktivitas saat puasa.  

Nah, itu dia beberapa tips diet saat puasa yang bisa kamu lakukan. Dengan cara yang tepat, puasa bisa jadi momen yang pas banget untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Semoga berhasil!