Diet

Bagus untuk Diet, Berikut 6 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Untuk menurunkan berat badan, diet menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Saat ini ada banyak jenis diet yang bisa dipilih salah satunya diet nasi putih. Seperti namanya, diet nasi putih berarti sama sekali tidak mengonsumsi nasi putih sebagai sumber karbohidrat. 

Sebagai gantinya, sumber karbohidrat lain seperti nasi merah kerap menjadi pilihan. Beras merah memang populer untuk program diet. Namun selain untuk diet, beras merah juga memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Berikut 6 manfaat beras merah untuk kesehatan

Kaya Antioksidan

Salah satu manfaat beras merah untuk kesehatan yang paling utama berasal dari sifatnya yang sangat kaya akan antioksidan. Antioksidan dalam tubuh berperan untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti diabetes dan kanker. 

Menurut riset, beras merah memiliki potensi yang lebih tinggi untuk melawan radikal bebas dan bahkan punya kandungan antioksidan flavonoid yang lebih banyak dari beras coklat. Selain itu, beras merah juga kaya akan seng, mineral yang juga kaya akan antioksidan dan menjaga fungsi sistem imun tubuh. 

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit mulai dari jantung, stroke, hingga diabetes. Beras merah dikatakan mengandung monacolin K, senyawa yang terdapat dalam obat penurun kolesterol. Selain itu, beras merah juga kaya akan serat yang dapat menyerap kolesterol jahat. Oleh karena itu, beras merah bisa menjadi sumber karbohidrat alternatif bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi. 

Mencegah Penyakit Jantung

Karena sifatnya yang kaya akan serat dan antioksidan, manfaat beras merah untuk kesehatan lainnya adalah mencegah penyakit jantung. Salah satu penyebab penyakit jantung adalah tingginya kadar kolesterol jahat atau LDL yang membentuk plak di dinding arteri. Baik serat maupun antioksidan dapat membantu membersihkan plak tersebut sehingga penyakit jantung pun dapat terhindari. 

Mengurangi Risiko Obesitas

Salah satu alasan mengapa nasi merah banyak menjadi makanan pilihan untuk menurunkan berat badan adalah karena nasi merah dapat mengurangi rasa lapar dan mempertahankan rasa kenyang. Terlebih lagi, nasi merah juga sangat rendah lemak jadi kamu pun tidak perlu takut-takut untuk mengonsumsinya. Makanya, menjalankan diet nasi putih dan menggantinya dengan nasi merah sangat populer dalam tips-tips diet.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat beras merah untuk kesehatan lainnya adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan beras merah kaya akan mineral seperti magnesium dan kalsium. Keduanya merupakan nutrisi penting untuk menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan osteoporosis dan kepadatan tulang yang rendah. 

Baik Bagi Pencernaan

Kalau nasi putih kaya akan karbohidrat, nasi merah kaya akan serat. Beras merah merupakan gandum utuh yang dapat membantu memenuhi kebutuhan seratmu. Serat dapat membantu melancarkan pencernaan, meningkatkan fungsi usus, dan meringankan konstipasi. Nah, beras merah bisa jadi pilihan nih untuk kamu yang sering mengalami masalah pencernaan seperti maag atau sembelit. 

Dengan berbagai manfaat beras merah untuk kesehatan di atas, menerapkan diet nasi putih dan menggantinya dengan nasi merah bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan atau sekadar ingin mulai menjalankan gaya hidup yang lebih sehat. Kamu bisa menggunakan Gasol Butir Beras Merah yang 100% organik sehingga aman untuk anak maupun ibu menyusui. Yuk mulai terapkan pola hidup sehat dari sekarang!