Diet

3 Cara cepat menurunkan berat badan dengan mudah dan sehat

Memiliki berat badan ideal saat ini banyak diimpikan oleh banyak orang. Bahkan, banyak orang yang melakukan cara cepat untuk menurunkan berat badan contohnya menggunakan pil pelangsing atau semacamnya untuk lebih singkat. Padahal, cara tersebut tidak menjamin dapat menurunkan berat badan dengan cepat bahkan belum tentu juga aman untuk kesehatan. Jika berencana untuk melakukan penurunan berat badan , maka perlu mengetahui cara dan aturan menurunkan menurunkan berat badan dengan mudah dan sehat.

Penurunan berat badan yang sehat sekitar 0,5–1,5 kg per minggu. Namun bergantung dengan metabolisme dan kegiatan olahraga lainnya. Meski terlihat lambat, tetapi cara ini terbukti efektif mempertahankan berat badan dalam jangka panjang. Untuk menurunkan berat badan agar sesuai dengan target, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

  1. Konsumsi karbohidrat kompleks dan serat

Sebelum lebih jauh, boleh kita bahas apasi kabrohidrat kompleks dan serat itu? Secara mudahnya, karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang lebih lambat dicerna dan mengandung tinggi serat makanan. Makanan dengan karbohidrat kompleks biasa ditemukan pada sayuran dan buah-buahan yang mengandung zat pati, serat, serta dari gula alami. Yang artinya, untuk melakukan penurunan berat badan konsumsilah karbohidrat seperti ini guna memberikan efek kenyang lebih lama. Nah, jika Anda sedang menjalani program penurunan berat badan, sebaiknya menghindari makanan berkarbohidrat sederhana dan mengandung gula olahan.Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana memang sebaiknya dihindari, seperti kue-kuean manis, soda, jus buah instan, sereal sarapan, roti putih, mi instan, pasta, dan makanan olahan lainnya. Karena akan kenyang instant dan membuat mudah lapar. 

  1. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Gizi seimbang adalah makanan yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, seperti 4 sehat 5 sempurna.

  1. Aktif bergerak dan rutin berolahraga

Selain melakukan cara-cara di atas, cara menurunkan berat badan juga bisa Anda lakukan dengan olahraga. Tak perlu olahraga yang berat, lakukan aktivitas fisik contohnya dengan berjalan kaki sebanyak 10,000 langkah setiap harinya ini akan membantu anda dalam program penurunan berat badan.