Diet

5 Menu Catering Sehat yang Bisa Dicoba Sendiri di Rumah

Ingin sehat tapi tetap hemat? Sebenarnya kamu bisa mencoba menu catering sehat dan membuatnya sendiri di rumah. Tentu saja, kamu juga harus memiliki cukup waktu untuk menyiapkannya setiap hari karena kamu harus konsisten menyiapkannya selama paling tidak 3 bulan berturut-turut jika ingin diet kamu berhasil.

 

Jika kamu ingin mencoba membuat menu catering yang sehat kamu sendiri di rumah, berikut pilihan menu yang bisa jadi referensi.

Menu Tinggi Protein

Menu catering sehat yang cukup mudah dibuat di rumah adalah menu tinggi protein yang berisi daging ayam, salmon, tuna, telur, dan susu. Selain itu, kacang-kacangan seperti almond dan kacang merah serta buah-buahan seperti alpukat dan pisang juga mengandung protein tinggi. Kamu bisa mengombinasikannya dengan menyiapkan semangkuk oats yang dicampur dengan pisang dan alpukat serta susu untuk sarapan. 

 

Untuk makan siang dan makan malam, kamu bisa membuat variasi olahan daging ayam dan ikan, bisa dengan cara dipanggang maupun direbus. Tambahkan juga sayur-sayuran hijau seperti brokoli dan edamame. Jika masih merasa lapar, kamu bisa sediakan cemilan berupa buah kiwi dan yougurt. Jadi menu diet yang menggoda untuk dicoba, kan?

Menu Diet Tanpa Nasi

Diet ini cocok untuk kamu yang ingin mengurangi kadar gula dalam darah dan mengurangi lebih banyak asupan kalori. Meski tanpa nasi, kamu tetap bisa berkreasi dengan lauk-pauk setiap hari. Kamu bisa mencoba ayam panggang, telur goreng, hingga olahan salmon. Kamu bisa menggorengnya dengan minyak zaitun agar tetap sehat. Selain itu, untuk minumannya, kamu bisa membuat smoothies dari campuran buah-buahan dan sayur-sayuran, seperti campuran nanas, pepaya, mentimun, dan bayam. 

Menu Pengganti Nasi

Diet tanpa nasi bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan karbohidrat dari makanan lain. Karbohidrat sendiri pada dasarnya merupakan sumber energi yang akan membuat kamu bisa beraktivitas dengan semangat setiap hari. Karena itu, jika tidak ingin makan nasi, kamu bisa mencoba menu pengganti nasi, seperti shirataki, jagung, kentang, singkong atau oatmeal. Semuanya memiliki kandungan karbohidrat yang cukup dan tentunya lebih sehat dibandingkan nasi karena memiliki lebih sedikit gula.

Menu Vegan

Kalau kamu ingin mencoba diet yang berbasis tumbuh-tumbuhan, kamu bisa mencoba menu vegan. Tanpa daging, tanpa produk hewani seperti telur atau keju, kamu bisa berkreasi dengan sayur dan buah serta kacang-kacangan. Pilihan menu vegan di antaranya adalah salad buah dan salad sayur, olahan dengan tahu dan tempe, oatmeal dengan buah dan chia seed, serta smoothies.

Menu Diet Cita Rasa Lokal

Kalau lidah kamu memang sudah terlanjur cinta dengan cita rasa lokal, kamu juga bisa, kok, mencoba menu catering sehat dengan rasa khas nusantara. Misalnya, membuat rendang yang dimasak dengan rempah-rempah pilihan dan sedikit minyak. Kamu juga bisa membuat ikan dori dengan taburan sambal matah yang segar. Tahu dan tempe bacem juga boleh banget dicoba. Rasanya istimewa, menggugah selera dan nikmat pastinya.

 

Pilihan menu catering sehat juga bisa kamu dapatkan di Fitco Eats by FITGourmet. Ada Ikan Sambal Matah, Ayam Goreng Mentega, dan Rendang Daging yang bikin diet kamu jadi lebih fun.