Diet

Bagaimana sih Cara Menahan Rasa Lapar Tengah Malam?

Makan tengah malam merupakan hal yang tidak baik, tetapi siapa yang bisa menahan jika perut sudah terasa lapar.  Selain tidak sehat karena dapat memicu resiko dari beberapa penyakit, kebiasaan ini juga bisa membuat berat badanmu bertambah.. Lalu, adakah cara menahan rasa lapar tengah malam yang efektif? Baca rekomendasinya di bawah ini: 

  1. Tidur Lebih Awal

Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang lebih menyukai tidur malam atau begadang, maka lebih cenderung merasa lapar ketika tengah malam. Dengan begitu, salah satu cara menahan rasa lapar tengah malam yang efektif adalah dengan mencoba tidur lebih awal.Disaat kamu semakin cepat tidur maka kemungkinan kamu untuk pergi ke dapur dan membuka kulkas akan semakin sedikit. Agar tidur lebih cepat dan berkualitas kalian dapat mematikan layar tv dan menjauhkan gadget seperti handphone.

  1. Pastikan cukup makan di siang hari

Untuk mencegah makan di malam hari, jangan takut untuk makan yang cukup ketika di siang hari. Membatasi makanan ketika di siang hari dapat menyebabkan kamu di malam hari merasa kelaparan dan akhirnya kalian makan malam secara berlebihan. Untuk itu, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan makan siangmu sebaik-baiknya sebagai salah satu cara menahan rasa lapar tengah malam. 

  1. Makan tinggi protein dan serat waktu makan malam

Protein dan serat adalah sumber zat gizi yang dapat membuat kalian menjadi kenyang lebih lama. Selain itu serat dapat menurunkan kolesterol jahat yang ada pada tubuh yang berbahaya bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ketika makanan berprotein dan serat dapat dipenuhi dalam menu makan malam kamu secara optimal, kemungkinan kalian merasa lapar saat tengah malam akan semakin kecil. Selain itu kamu juga dapat memakan buah sebelum tidur sebagai makanan penutup yang mengenyangkan sehingga mengurangi kemungkinan terbangun pada tengah malam akibat rasa lapar. 

  1. Cari kesibukan sebelum tidur

Semakin malam memang semakin sedikit aktivitas yang dapat dilakukan. Namun ketika kondisi memaksa kita untuk tidur hingga larut malam, carilah kegiatan lain yang dapat mengalihkan kalian untuk ngemil. Misalnya: membaca buku atau novel. Dengan mengalihkan fokus untuk melakukan kesibukan sebelum tidur, pikiran kalian akan terganti pada hal lain dan efektif digunakan sebagai salah satu cara menahan rasa lapar tengah malam.