Diet

Buah Naga Untuk Diet? Bisa! Berikut Beberapa Manfaat Buah Naga Merah Lainnya

Manfaat buah naga merah untuk diet

Termasuk sebagai salah satu superfood, manfaat buah naga merah memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, dilansir dari sehatq.com, manfaat buah naga merah bisa dirasakan oleh semua bagian tubuh, mulai dari gigi, kulit, jantung, tulang, mata, usus, hingga saraf, lho. Wah, keren banget, kan?

Rasanya yang manis dan kandungan airnya yang banyak juga kerap kali menjadikan buah naga untuk diet karena mampu membuat kita kenyang lebih lama. Apalagi pengolahannya sangat beragam, mulai dari dibuat jus, dimakan langsung, dicampurkan ke healthy bowl atau dijadikan es krim!

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), buah naga merah memiliki nilai gizi sebagai berikut dalam satu porsi 100 gram atau kira-kira seukuran satu buah naga merah:

  • Kalori: 264
  • Protein: 3,57 g
  • Lemak: 0 g
  • Karbohidrat: 82,14 g
  • Serat makanan: 1,8 g
  • Gula (total): 82.14 g
  • Kalsium: 107 miligram (mg)
  • Besi: 0 g
  • Natrium: 39 mg
  • Vitamin C: 6,4 mg
  • Kolesterol: 0 mg

Dengan semua kandungan di atas, tentu saja manfaat buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat buah naga yang perlu kamu ketahui. Baca terus sampai selesai, ya.

1. Buah naga untuk diet

Manfaat buah naga merah untuk diet

Yup, berkat kandungan seratnya, buah naga bisa menjadi salah satu pilihan buah yang kamu konsumsi selama menjalani diet. Selain menjaga berat badan tetap ideal berkat kandungan seratnya, buah naga juga membantumu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. 

Masih berhubungan dengan kandungan serat, buah naga juga dapat menyehatkan saluran pencernaan karena membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus, yang berguna untuk kesehatan saluran pencernaan. Jadi, jangan ragu memilih buah naga untuk diet karena kandungan seratnya sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuhmu.

2. Membantu melawan berbagai penyakit kronis

Manfaat buah naga merah untuk diet

Dilansir dari healthline.com, kandungan antioksidan pada buah naga merah cukup tinggi, sehingga dapat membantu menetralkan radikal bebas. Sebuah studi menunjukkan bahwa buah naga untuk diet tinggi antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan artritis.

Berikut beberapa jenis antioksidan kuat yang terkandung di dalam buah naga berdasarkan artikel healthline.com:

  • Vitamin C → Berdasarkan penelitian pada 120.852 orang, ada kaitan antara asupan vitamin C yang tinggi dengan tingkat kanker kepala dan leher yang rendah. Vitamin C sendiri juga dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.
  • Betalains → Studi tabung reaksi menunjukkan bahwa betalain dapat memerangi stres oksidatif dan mungkin memiliki kemampuan untuk menekan pertumbuhan sel kanker.
  • Karotenoid → Buah naga untuk diet kaya karotenoid telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung. Karotenoid juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuhmu, lho.

3. Sumber magnesium yang baik

Manfaat buah naga merah untuk diet

Kandungan magnesium pada buah naga termasuk tinggi, sehingga membuatnya sebagai sumber magnesium yang baik. Mengonsumsi satu buah naga berukuran sedang (kurang-lebih dengan berat 100 gram) dipercaya dapat memenuhi 18% kebutuhan magnesium harian tubuh.

Magnesium sendiri dibutuhkan untuk proses biokimia yang berlangsung di tubuh dan diharapkan mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Meningkatkan kadar besi dalam tubuh

Manfaat buah naga merah untuk diet

Termasuk salah satu dari sedikit buah segar yang mengandung zat besi, mengonsumsi buah naga dapat mencegah tubuhmu kekurangan zat besi. Kombinasikan dengan makanan tinggi zat besi seperti daging, ikan, kacang-kacangan dan sereal juga, ya.

5. Memelihara kesehatan kulit

Manfaat buah naga merah untuk diet

Manfaat buah naga merah selanjutnya berkaitan dengan kandungan air yang cukup tinggi.

Berkat kandungan air pada buah naga merah, kerutan, jerawat, dan kulit kering bisa diatasi jika kamu rutin mengonsumsi buah naga. Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidannya juga dapat membantu memelihara kesehatan kulit sekaligus menangkal paparan radikal bebas yang sering menjadi penyebab penuaan dini.

Jika setelah membaca artikel ini kamu ingin segera membeli buah naga, langsung saja beli di FITCO, ya. Pastikan juga kamu tidak alergi buah naga karena ada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap buah ini.