Diet

Cara Mudah Memasak Mie Shirataki

Siapa yang tak kenal dengan shirataki? Mie yang populer di Jepang, Tiongkok, dan sebagian negara di Asia ini memiliki kadar kalori yang rendah dan dianggap lebih sehat. Selain itu, shirataki dikenal juga memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Anda juga dapat merasakan manfaatnya dengan mengolahnya sendiri menjadi masakan kreasi Anda sendiri. Tidak sulit mengolahnya, karena banyak cara mudah memasak mie shirataki yang dapat Anda coba. 

Namun sebelum memulai kreasi Anda, ada baiknya memahami serba serbi mie shirataki. Beberapa menyebutnya mie konjac, karena mie ini terbuat dari serat akar tanaman konjac atau konnyaku. Mie shirataki mengandung 97% air dan 3% serat glukomannan, yaitu jenis serat tanaman konjac yang mengandung kalori yang sangat rendah. Awalnya, tanaman konjac lebih dulu dibuat menjadi tepung. Kemudian, tepung tersebut dicampur dengan air biasa dan sedikit air jeruk nipis. Proses selanjutnya, adonan akan direbus, dibentuk seperti mie, dan dipotong-potong. 

Mengutip pernyataan dari dokter ahli gizi dr. Ati Nirwanawati, SKM, MARS, mie shirataki banyak mengandung serat namun memiliki sedikit kalori. Hal inilah yang kemudian menjadikan mie shirataki terkenal sebagai makanan diet. Ditambah, bahannya yang sering ditemui dan banyak cara mudah memasak mie shirataki yang dapat dicoba sendiri. 

dr. Ati menambahkan, mie shirataki sangat rendah kalori bila dibandingkan dengan mie lainnya. Agar tetap sehat dan kandungan gizinya tidak berkurang, dr. Ati memberikan saran bagaimana cara mudah memasak mie shirataki.

Cuci dulu sampai bersih mie shirataki, lalu rebus selama 2-3 menit dengan api yang stabil, kemudian ditiriskan. Kalau mau digoreng seperti mie goreng tinggal ditambah yang lainnya. Kalau mau direbus ya direbus aja sesuai dengan selera masing-masing,” jelas dr. Ati. Masukan tambahan bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, sebaiknya Anda juga mengurangi minyak saat mengolah mie shirataki. 

Menurut dr. Ati agar asupan gizi tetap seimbang, tambahkan bahan makanan lain dari masakan mie shirataki yang akan dikonsumsi. “Bisa ditambah jamur boleh, sawi bisa, kangkung boleh. Karena shirataki sendiri karbohidratnya itu rendah.”

Selain cara mudah memasak mie shirataki di atas, Anda juga bisa menikmati sajian mie shirataki dalam menu spicy. Bagi penggemar makanan pedas, Anda bisa mencoba Shirataki Mie Mala oleh FITCO Eats yang dibuat dengan topping dada ayam yang gurih, dipadukan dengan Szechuan Peppercorn, Spicy Mala Sauce, Chilli Oil dan White Sesame. Pesan sekarang melalui www.fitco.id untuk menu makan sehatmu.