Diet

Dampak Bahaya Makanan Cepat Saji bagi Tubuhmu

Makanan cepat saji yang dikenal sebagai fast food banyak menjadi pilihan banyak orang dikarenakan waktu penyajiannya yang sangat singkat. Salah satu kelebihan membeli makanan cepat saji, kamu tidak harus menunggu lama untuk dapat menikmati makanan tersebut. Bagi orang yang super sibuk, makanan cepat saji mungkin bisa menyelesaikan masalah waktu. Tetapi satu hal yang harus menjadi pertimbangan adalah, makanan cepat saji ini disinyalir menjadi faktor penyebab berbagai penyakit pada tubuh kita. Ketahui 4 dampak bahaya makanan cepat saji bagi tubuhmu. 

  1. Makanan cepat saji membuat ketagihan

Apakah kalian tahu bahwa makanan cepat saji dapat membuat ketagihan? Mengonsumsi makanan cepat saji seperti kentang goreng natau burger dapat membuat seseorang terus menerus ingin mengkonsumsi makanan tersebut. Hal ini dikarenakan di dalam makanan tersebut terdapat gula buatan dan pewarna makanan sehingga membuat makanan cepat saji sangat menggugah selera. Apabila makanan tersebut terus dikonsumsi maka efeknya lama kelamaan tidak baik untuk tubuh.

  1. Menyebabkan obesitas

Salah satu bahaya makanan cepat saji yang cukup dikenal yaitu menjadi penyebab obesitas. Makanan cepat saji mengandung banyak gula buatan dan garam pada kandungannya. Hal inilah yang menyebabkan kegemukan atau obesitas. Ditambah lagi dengan faktor seperti minyak goreng dan bahan pengawet lainnya yang digunakan di dalam pembuatan makanan cepat saji membuat tubuh sulit untuk menguraikan lemak yang masuk, begitu juga jumlah kalori yang tergolong banyak di dalam makanan cepat saji.

  1. Menyebabkan tubuh kurang nutrisi

Nutrisi merupakan hal yang penting bagi tubuh. Bahaya makanan cepat saji yang terlalu sering dikonsumsi akan menyebabkan tubuh kekurangan banyak nutrisi. Ini karena makanan cepat saji tidak mengandung vitamin, mineral atau serat dan zat lainnya yang sangat berguna bagi kesehatan. Jika terus menerus mengkonsumsi makanan cepat saji, bisa jadi tubuh atau organ–organ tertentu di dalam tubuh dapat mengalami gangguan.

  1. Menyebabkan tekanan darah tinggi

Makanan cepat saji seperti hamburger mengandung 540 kalori dan 29 gram lemak. Di dalam hamburger juga terdapat 10 gram lemak jenuh, dan 1,5 gram lemak trans serta kandungan sodium sebanyak 1040 gram. Ketika kita sering memakan makanan tersebut maka tubuh akan bekerja  ekstra untuk menyerap zat–zat tersebut, termasuk meningkatkan detak jantung yang dapat menyumbat pembuluh darah hingga menjadi penyebab tekanan darah menjadi tinggi.

Ternyata banyak juga ya bahaya dari mengonsumsi makanan cepat saji. Kini setelah menyadari banyaknya bahaya makanan cepat saji tersebut, ada baiknya kamu mengurangi kebiasaan konsumsi makanan cepat saji demi kesehatan tubuhmu sendiri. Ingatlah bahwa asupan makanan memiliki pengaruh penting akan kesehatan tubuhmu. Jadi, ingatlah untuk selalu memilih makanan yang sehat dan bernutrisi bagi tubuhmu ya!