Diet

Diet Air Lemon, Praktis dan Menyehatkan. Wajib Dicoba!

diet air lemon

Siapa yang tak suka dengan lemon? Buah ini mengandung aneka nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin C, vitamin B, serat, air, karbohidrat kompleks, dan kalsium. Selain itu, buah ini juga dikenal sebagai salah satu bahan untuk diet. Kabarnya, diet air lemon dapat membantu proses penurunan berat badan. 

Selain itu, diet air lemon juga memiliki manfaat lain diantaranya mencegah penyakit jantung, menurunkan resiko batu ginjal, memelihara fungsi saluran pencernaan, dan mengurangi kolesterol. 

Kamu makin tertarik untuk mencobanya, kan? Agar semakin semangat memulai diet air lemon yang praktis dan menyehatkan ini, mari kita bahas satu-persatu manfaatnya: 

1. Membantu Tubuh Senantiasa Terhidrasi 

diet air lemon

Mencukupi kebutuhan cairan amat penting untuk kondisi hidrasi, mulai dari mengendalikan temperatur tubuh hingga meningkatkan performa fisik. Bahkan ada pula penelitian yang menyebutkan bahwa keadaan tubuh yang terjaga kadar hidrasinya berkorelasi terhadap penurunan berat badan. 

Seperti yang disebutkan dalam studi dalam jurnal Frontiers in Nutrition, meningkatkan hidrasi tubuh berpotensi untuk meningkatkan pemecahan lemak dan mempercepat tubuh untuk “menyingkirkan” lemak. 

2. Asupan Rendah Kalori

diet air lemon

Cara membuat air lemon untuk diet tergolong sangat mudah dan praktis. Kamu cukup memeras setengah buah lemon, yang hanya mengandung enam kalori saja. Meskipun air lemon tidak nol kalori, energi yang diberikan cukup rendah sehingga menjadi pilihan banyak orang untuk melakukan diet penurunan berat badan. 

3. Berpotensi untuk Meningkatkan Metabolisme

diet air lemon

Berbagai penelitan menunjukkan bahwa mengonsumsi air dengan cukup mampu membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Salah satu studi menyebutkan, tubuh yang terhidrasi meningkatkan fungsi mitokondria, organ sel yang berperan dalam produksi energi di tubuh. Kondisi ini dapat meningkatkan metabolisme, yang juga berpotensi untuk membantu proses penurunan berat badan. 

4. Membantu Perut Lebih Kenyang

diet air lemon

Konsumsi air yang cukup merupakan hal mendasar namun sangat penting dalam proses penurunan berat badan. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of American Dietetic Association menyebutkan bahwa minum air saat makan menurunkan rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang. Menjalani diet air lemon dipercaya memiliki efek yang sama seperti air putih untuk membantu perut kita lebih kenyang. Dengan begitu, rutin meminumnya berpotensi untuk menjadi cara yang efektif untuk mengurangi asupan kalori

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

diet air lemon

Pada akhirnya, diet air lemon mampu membuat perut lebih kenyang, meningkatkan metabolisme tubuh, hingga menjadi pengganti asupan yang rendah kalori. Rutin menjalankan diet air lemon diyakini mampu membantu kita dalam menurunkan berat badan. 

Cara membuat air lemon untuk diet pun ternyata sangat mudah dan praktis, yaitu:

  1. Cuci bersih lemon untuk menghindari debu dan menjaga air minuman tetap higienis
  2. Iris tipis lemon
  3. Masukkan madu ke dalam gelas (jangan memakai gula karena dapat memicu bertambahnya berat badan)
  4. Masukkan jeruk nipis dan air, lalu aduk perlahan
  5. Diamkan selama 1-2 jam di dalam kulkas
  6. Setelah air dirasa cukup asam, infuse honey lime water pun siap dinikmati

Jika digabung dengan pola makan sehat dan porsi olahraga yang tepat, Infuse Honey Lime Water ini dapat membantu mengurangi berat badan hingga 3-5kg dalam seminggu. 

Ada pula rekomendasi kedua untuk membuat air lemon bagi kamu yang ingin melakukan diet air lemon. Caranya: 

  1. Peras buah lemon
  2. Campurkan perasan lemon dengan peterseli
  3. Masukkan air dingin ke dalam campuran air perasan lemon dan peterseli
  4. Minuman ini dapat dinikmati untuk satu kali minum, lebih baik jika dikonsumsi dalam keadaan segar di pagi hari. 

Cara manapun yang dipilih, pastikan untuk mengimbangi diet air lemon kamu dengan konsumsi makanan sehat dan olahraga teratur demi hasil dan manfaat maksimal bagi tubuhmu.