Diet

Diet Kentang Rebus: Menurunkan Berat Badan atau Sebaliknya?

Sayur dan buah merupakan menu pasti yang harus dikonsumsi saat sedang diet. Kandungan seratnya memang sangat baik dalam membantu metabolisme tubuh dan menurunkan lemak dalam tubuh. Selain itu, kedua menu tersebut juga dapat membuatmu kenyang lebih lama, sehingga tidak akan makan secara berlebihan.

Namun, tahukah kamu kalau kentang juga dinilai ampuh mendukung diet? Bahkan ada yang namanya diet kentang rebus, lho.

Meskipun merupakan karbohidrat, namun kentang ternyata mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, yaitu kalium (yang lebih tinggi dari yang dikandung pisang), vitamin C, vitamin B6, zat besi, kalsium, dan masih banyak lagi, termasuk kalori kentang rebus yang juga berguna untuk menambah energimu.

Berikut adalah tiga alasan mengapa diet kentang rebus bisa membantumu mengontrol berat badan, seperti dilansir dari hellosehat.com dan doktersehat.com:

  • Membuat kenyang lebih lama
    Kembali lagi, sebagai karbohidrat, tentu saja kentang dapat membuatmu kenyang lebih lama (sama seperti nasi). Selain itu, kandungan seratnya juga dapat menekan nafsu makan kamu, sehingga lebih terkontrol dan tidak makan berlebihan.
  • Melancarkan metabolisme pencernaan
    Berkat kandungan seratnya, pencernaanmu juga jadi lebih sehat. Hal ini secara tidak langsung berbanding lurus dengan penurunan berat badan, karena zat sisa dalam tubuh dapat dikeluarkan secara maksimal.
  • Asupan energi sehat untuk tubuh
    Seluruh kandungan pada kentang mendukung pemecahan cadangan energi berupa lemak dan karbohidrat, sehingga secara tidak langsung juga mendukung penurunan berat badan.

Pada dasarnya, ada sebuah klaim yang menyatakan bahwa kamu dapat menurunkan berat badan sebanyak 0,45 kg per hari hanya dengan mengonsumsi kentang rebus tanpa bumbu alias kalori kentang rebus saja yang mengenyangkan dirimu.

Jadi, mohon diperhatikan saat melakukan diet kentang rebus, pastikan kamu tidak menambahkan terlalu banyak garam atau mayones dan krim keju, ya, supaya asupan kalorinya tidak berlebihan. 

Kamu harus tahu berapa kalori kentang rebus terlebih dahulu. Dalam ukuran porsi 100 gram, kalori kentang rebus adalah 87 kkal. Berikut adalah informasi lengkap mengenai kandungan nutrisi yang bisa kamu dapatkan dengan diet kentang rebus (masih dalam ukuran porsi 100 gram):

  • Lemak 0,1 gram
  • Karbohidrat 20,13 gram
  • Protein 1,87 gram
  • Sodim 4 mg
  • Kalium 379 mg

Setelah mengetahui kalori kentang rebus beserta kandungan nutrisi lainnya, mungkin kamu akan bertanya-tanya, “Jadi bagaimana cara mengonsumsi kentang rebus agar berpengaruh terhadap penurunan berat badan?

Untuk mengetahuinya, baca terus artikel mengenai diet kentang rebus ini, ya!

1. Makan dengan kulitnya

Kulit kentang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Pastikan kamu tidak mengupas kulit kentang ketika merebusnya, ya, karena dapat membantu mengontrol nafsu makan dan melancarkan pencernaan.

2. Santap kentang rebus saat sudah dingin

Tahukah kamu? Kentang yang dimakan saat masih panas memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi dibanding yang sudah dingin. Indeks glikemik yang tinggi membuat karbohidrat pada kentang dipecah menjadi gula secara cepat, mengakibatkan gula darah naik dengan cepat pula. Ketika melakukan diet kentang rebus, pastikan kamu mengonsumsinya saat sudah dingin, ya. Jadikan salad kentang saja agar bisa membantu menurunkan indeks glikemik kentang.

3. Kombinasikan dengan sumber protein dan lemak sehat

Padukan menu diet kentang rebus kamu dengan sumber protein seperti ikan dan lemak sehat seperti minyak zaitun, agar dapat memperlambat penyerapan karbohidrat pada kentang. 

Hal ini lagi-lagi dapat memperlambat efek indeks glikemik kentang. Bagaimana? Tertarik mencoba diet kentang rebus?