Diet

Diet Ubi Ungu, Alternatif Diet yang Direkomendasikan untuk Kesehatan

Diet ubi ungu

Jika kamu sedang melakukan diet khususnya untuk menurunkan berat badan, tidak ada salahnya untuk mencoba diet ubi ungu. Sebagai salah satu sumber karbohidrat utama, kalori ubi ungu terhitung rendah dan kaya akan nutrisi serta mineral yang baik bagi tubuh. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus dan diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menemukan bahwa ekstrak ubi ungu mampu menyusutkan sel-sel lemak.

Meskipun penelitian akan manfaat ubi ungu dalam menurunkan berat badan masih terlalu awal dan membutuhkan penelitian lebih lanjut, kalori ubi ungu yang tergolong rendah dan kandungannya yang bermanfaat untuk kesehatan membuat makanan bertekstur lembut ini direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi orang yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Berikut manfaat menjalani diet ubi ungu:

1. Tinggi kandungan serat

Diet ubi ungu

Ubi ungu yang masih lengkap dengan kulitnya termasuk sebagai salah satu makanan yang tinggi akan kandungan serat. Satu buah ubi ungu berukuran sedang mengandung 4 gram serat, yang tercatat sudah memenuhi 15 persen nilai harian asupan serat. 

Tinggi kandungan serat dalam ubi ungu ini dapat membantu menurunkan berat badan. Itu sebabnya, diet ubi ungu direkomendasikan bagi orang-orang yang sedang mencoba menurunkan berat badan. 

Ubi ungu juga mengandung jenis serat tertentu yang disebut pati resisten. Mengutip hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal Biomedical and Environmental Science, diet yang kaya akan pati resisten membantu mengurangi risiko obesitas. Asupan serat yang cukup juga dapat menjaga kadar kolesterol tetap rendah, melindungi diri dari penyakit kardiovaskuler, serta mengurangi resiko kenaikan gula darah. 

2. Mengandung karbohidrat kompleks 

Satu buah ubi ungu berukuran sedang mengandung 28 gram karbohidrat kompleks. Hal ini mungkin tidak terdengar terlalu bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Namun dengan kalori ubi ungu yang dikenal rendah dan kandungan nutrisi yang tinggi, ubi ungu dapat memberikan asupan energi tambahan yang menyebabkan kalori yang terbakar lebih banyak di antara waktu makan. Selain itu, kandungan karbohidrat kompleks ini juga dapat membantu untuk menjaga konsentrasi dan membuat kamu lebih fokus.

3. Membantu mengontrol gula darah

Warna ungu pada ubi ungu sendiri berasal dari senyawa yang disebut anthocyanin, yang diketahui memiliki sifat antioksidan kuat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry menemukan bahwa kandungan anthocyanin dalam ubi ungu membantu menekan lonjakan gula darah setelah makan akibat resistensi insulin. Hal ini membuat ubi ungu memiliki manfaat untuk membantu mengelola kadar glukosa darah dan berpotensi mengurangi komplikasi dari penyakit diabetes. Itulah sebabnya, diet ubi ungu direkomendasikan bagi kamu yang sedang mencoba menurunkan berat badan.