Diet

Ingin Tetap Fit? Berikut Lima Olahraga Kardio Untuk Membakar Lemak

Olahraga kardio untuk membakar lemak

Ketika ditanya, salah satu jawaban umum orang berolahraga adalah untuk menurunkan berat badan. Memang, sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga berkhasiat membakar lemak dan kalori berlebih dalam tubuh. Lagipula, siapa, sih, yang tidak mau punya badan ideal?

Jenis olahraga yang sering dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah olahraga kardio. Selain membakar lemak, olahraga kardio juga berfungsi memperkuat jantung dan paru-paru, serta melancarkan aliran darah dan pernapasan, membuat tubuh kita jadi lebih fit. Luar biasa, bukan?

Nah, di waktu sekarang di mana kita banyak menghabiskan waktu di rumah, ada banyak, lho, olahraga kardio praktis yang bisa dilakukan di rumah saja. Kali ini, mari kita bahas lebih dalam apa saja olahraga radio untuk membakar lemak agar kita jadi lebih fit. Ini dia:

1. Seal Jack

Olahraga kardio untuk membakar lemak

Pernah dengan gerakan jumping jack? Nah, seal jack adalah variasi dari gerakan tersebut, di mana keduanya efektif sebagai olahraga radio untuk membakar lemak. Cara melakukannya sederhana: mulai dengan menyejajarkan kedua tangan dengan bahu, lalu kedua kaki rapat. Setelah itu, lompatlah hingga kedua kaki melebar, dan tangan saling bertepuk di depan dada, sebelum kembali ke posisi semula. Selama melakukan seal jack ini secara berulang-ulang, usahakan posisi tubuhmu tidak tegang, ya…

2. Mountain Climber

Olahraga kardio untuk membakar lemak

Jangan tertipu dengan namanya, gerakan mountain climber tidak mengharuskan kamu untuk mendaki gunung. Paling mentok kamu hanya butuh alat bantu seperti kursi atau blok. Letakkan kedua tangan dan posisikan diri seperti sedang akan melakukan push-up. Kemudian, lakukan gerakan seperti berlari menggunakan kaki, diawali dengan tempo pelan, lalu semakin dipercepat.

3. Bicycle Crunch

Olahraga kardio untuk membakar lemak

Sama seperti gerakan sebelumnya, bicycle crunch pun tidak membutuhkan sepeda untuk melakukannya. Bahkan, gerakan ini sebenarnya cukup sederhana. Kamu cukup membaringkan tubuh dengan kedua tangan di belakang tengkuk leher. Setelah itu, angkat paha laku lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda sambil menekuk badan kita sedikit ke arah depan. Bicycle crunch bermanfaat sebagai olahraga kardio untuk membakar lemak di perut.

4. Squat

Olahraga kardio untuk membakar lemak

Selain menjadi olahraga kardio untuk membakar lemak, gerakan squat kerap dilakukan oleh mereka yang ingin mengencangkan otot paha dan pinggul. Bagi yang belum tahu, squat dilakukan dengan menurunkan tubuh sampai seperti akan duduk, dimulai dari posisi berdiri sambil merentangkan tangan ke depan. Lakukan berulang-ulang dengan durasi 5 menit setiap harinya agar tubuh kamu jadi lebih fit.

5. Wall Sit

Olahraga kardio untuk membakar lemak

Meski gerakannya amat sederhana, yakni menyandarkan tubuh di dinding lalu memposisikan tubuh seperti sedang duduk dan bertahan selama kurang lebih 2 menit, wall sit termasuk efektif sebagai olahraga kardio untuk membakar lemak. Mirip seperti squat, gerakan ini juga melatih otot paha.

Itu dia lima gerakan olahraga kardio untuk membakar lemak agar kamu jadi lebih fit. Tentunya, masih banyak gerakan-gerakan lain yang juga bisa dilakukan di rumah. Kamu bisa mencari di internet, atau bertanya pada yang ahli.

Penting untuk kamu tahu, olahraga kardio punya segudang manfaat lain selain membakar lemak. Di antaranya menurunkan tingkat stres, meningkatkan kualitas tidur, menjaga kadar gula darah, hingga memperkuat sistem pertahanan tubuh. Jadi, meskipun kamu sedang tidak berencana menurunkan berat badan, tidak ada salahnya, lho, untuk melakukan olahraga kardio secara rutin demi hidup yang lebih sehat. Sekali lagi, jangan takut meminta saran dari para ahli atau personal trainer, apabila dibutuhkan.

Selamat mencoba!