Diet

Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan Tubuh

Susu almond sering dijadikan sebagai susu alternatif pengganti sapi, terutama bagi Anda yang memiliki alergi laktosa. Selain itu, susu almond juga baik dikonsumsi jika Anda sedang menjalani program diet, karena kalori dalam susu almond 50% lebih rendah dari susu sapi. Selain itu, masih banyak beragam manfaat susu almond lainnya. 

1. Kaya akan nutrisi 

Manfaat susu almond yang pertama dikarenakan kandungan vitamin E, vitamin D, kalsium, dan protein. Kandungan ini lebih mirip dengan susu biasa dalam kandungan nutrisinya. Namun tubuh tidak menyerap beberapa mineral dalam susu almond. Hal ini dikarenakan susu almond mengandung asam fitat, antinutrien yang mengurangi penyerapan zat besi, seng, dan magnesium. Karena hal ini pula susu almond tidak disarankan menjadi pengganti susu untuk bayi.

2. Rendah Kalori

Meskipun mengandung 50% lemak, susu almond adalah minuman rendah kalori. Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir berat badan akan bertambah meskipun Anda banyak meminum susu almond. 

Satu cangkir susu almond hanya mengandung 39 kalori, yang merupakan setengah dari jumlah kalori dalam secangkir susu skim. Namun, tidak semua susu almond itu sama. Susu almond buatan sendiri dan merek tertentu mungkin mengandung jumlah kalori yang jauh lebih tinggi, tergantung pada berapa banyak almond yang dikandungnya per cangkir. 

Selain itu, beberapa produk mengandung gula tambahan, yang harus dihindari orang untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal. Jadi pastikan untuk memeriksa label nutrisi susu almond di kemasan.

3. Memelihara Kekuatan Tulang

Kalsium sangat penting untuk membangun dan memelihara tulang. Untuk alasan ini, asupan kalsium yang cukup mengurangi resiko osteoporosis, kondisi yang terkait dengan tulang dan patah tulang yang lemah. 

Susu almond diperkaya dengan kalsium, menjadikannya sumber nutrisi yang sangat baik. Konsumsi susu almond yang diperkaya secara teratur dapat mengurangi resiko osteoporosis, di antara mereka yang tidak mengonsumsi produk susu. 

4. Menjaga Kadar Gula Darah

Susu almond murni mengandung karbohidrat yang rendah, yaitu kurang dari 2% karbohidrat, atau 3,43 gram karbohidrat dalam 1 cangkir. Susu almond juga dikenal memiliki indeks glikemik yang rendah. Karena itu susu almond bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah dan cocok untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes. 

5. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Beberapa peneliti percaya bahwa vitamin E dengan senyawa tanaman bioaktif termasuk polifenol, bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan dari kacang almond. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflammasi dan antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung. 

6. Susu Almond sebagai Pelancar ASI

Susu almond dipercaya sebagai pelancar ASI. Hal ini kemungkinan dikarenakan oleh zat protein dan kalsium yang ada di dalam kandungan susu almond. Ada pula sumber yang mengatakan bahwa susu almond dapat membuat ASI lebih creamy dan manis sehingga lebih disukai oleh bayi. 

7. Menjaga Kesehatan Perencanaan

Susu almond mengandung satu gram serat per satu kali sajian, sehingga mengonsumsi susu almond secara rutin dapat membantu saluran cerna Anda. 

 

Demikian sederet manfaat susu almond untuk tubuh kita. Dapatkan susu almond terbaik langsung diantarkan ke rumah, melalui pembelian secara mudah di website www.fitco.id.