Diet

Mengenal Jenis Detox yang Baik Bagi Tubuh

Pada dasarnya, semua orang menginginkan bentuk dan berat tubuh yang ideal. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meraihnya, mulai dari olahraga, diet, hingga melakukan detox.

Detox adalah salah satu pola makan yang dilakukan dengan berpuasa, menghindari makanan olahan, makanan berlemak, hingga berkarbohidrat. Metode ini lebih mengedepankan konsumsi makanan atau minuman dengan kandungan kaya serat, seperti buah dan sayur. Hal ini dipercaya dapat membersihkan sistem pencernaan sehingga racun yang merugikan dapat dikeluarkan. 

Proses pengeluaran racun saat sedang melakukan detox dapat mendorong penurunan berat badan. 

Mengutip pernyataan dari Arin N. Lutfinanda, S.Gz., Certified Nutritionist at FITCO Eats, program detox dianjurkan untuk dilakukan oleh wanita dan pria dewasa usia 20-50 tahun. Perlu diperhatikan bagi yang belum terbiasa mengikuti program detox, efek samping bisa saja terjadi karena terjadinya perubahan konsumsi makanan padat biasa menjadi makanan cair berupa jus sayur dan buah-buahan. Kalori yang dikonsumsi pun sangat rendah 900-1100 kcal/hari. Efek samping yang mungkin dirasakan diantaranya adalah merasa lemas, pusing, kembung, mual, dan mengalami diare ataupun konstipasi. 

Untuk itu, Arin menyarankan program detox maksimal dilakukan selama 3×24 jam. Lalu bertahap mengubah konsumsi makanan padat dan melakukan diet penurunan berat badan yang seimbang. Selama sedang menjalani program detox, tentu akan mempengaruhi energi dalam tubuh karena kalori yang dikonsumsi sangat sedikit. Sehingga sebaiknya menghindari aktivitas yang sangat berat agar tubuh tidak terlalu lemas.

Namun, bukan berarti kamu hanya bisa rebahan sepanjang hari. Saat sedang melakukan detox pun, kamu tetap bisa melakukan aktivitas fisik ataupun olahraga. Disarankan agar kamu dapat memilih jenis olahraga yang ringan seperti yoga/workout ringan, serta berjalan kaki. 

Kini, setelah memahami detox dengan lebih baik, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Jika tertarik untuk memulai detox, cobalah program detox yang dibuat oleh sumber terpercaya seperti FITCO Eats. Program detox FITCO Eats terdiri dari rangkaian cold-pressed juice yang terbuat dari buah-buahan, sayuran, serta kacang-kacangan sebagai pelengkap sumber protein. Dan yang pasti, detox ini aman karena dibuat dengan pengawasan oleh ahli nutrisi bersertifikasi. Selamat mencoba!