Diet

Mengenal Rekomendasi Makanan untuk Penderita Anemia

Anemia adalah sebuah kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Dalam hal ini sel darah merah sendiri berfungsi untuk membantu mengangkut oksigen dari jantung ke seluruh bagian tubuh. Anemia dapat ditandai dengan beberapa gejala seperti lemah, lesu, pusing, tidak berenergi dan emosi yang tidak stabil. Anemia bisa dialami kapan saja dan dapat mengganggu aktivitas. Namun tidak perlu khawatir, berikut ini adalah rekomendasi makanan untuk penderita anemia. 

  1. Bayam

Bayam memang menjadi salah satu sayuran yang paling sering dijadikan pilihan ketika terkena anemia. Bayam termasuk sebagai salah satu jenis sayuran yang baik dijadikan sebagai pilihan makanan untuk penderita anemia, karena mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin A, vitamin B9, vitamin C, vitamin E dan kalsium. Selain itu bayam juga mengandung serat, beta karoten dan zat besi. Bayam juga bisa mencukupi kebutuhan zat besi yang penting untuk melawan kekurangan sel darah merah. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari bayam adalah dengan merebusnya sebentar. Disarankan untuk makan sayur bayam dua kali sehari jika serangan anemia sedang sangat berat.

  1. Tomat

Tomat mengandung zat besi dan juga vitamin C. Vitamin C diperlukan tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan lain. Biarpun zat besi yang terkandung dalam tomat tidak terlalu banyak, tetapi antioksidan yang terkandung sangat berlimpah dan baik untuk kesehatan jantung. Sebagai salah satu pilihan yang direkomendasikan sebagai makanan untuk penderita anemia, tomat juga dikenal akan kandungan kalium yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah tetap sehat.

  1. Buah Bit

Buah ini memiliki daging berwarna merah dan mengandung zat besi yang dapat mengurangi gejala anemia yang muncul. Sebagai salah satu makanan yang baik untuk penderita anemia, buah bit juga dapat mengurangi risiko palpitas (detak dan irama jantung yang tidak normal). Terdapat beberapa vitamin lain yang terkandung di dalamnya yaitu ada vitamin C, asam folat, kalium, dan B6. Selain direkomendasikan sebagai makanan untuk penderita anemia, buah ini juga baik untuk penderita darah tinggi. 

  1. Kurma

Berdasarkan International Journal Food Science Nutrition, terdapat banyak mineral yang terkandung dalam kurma, seperti potasium (kalium) dan magnesium, boron, kalsium, kobalt, tembaga, fluorin, zat besi, mangan, fosfor, sodium, selenium, dan seng. Banyaknya mineral dan zat yang terkandung dalam kurma memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti memelihara kesehatan jantung, memperbaiki sel kulit rusak, hingga sebagai sumber energi. Kandungan mineral yang sangat tinggi pada kurma seperti zat besi dapat dijadikan sebagai suplemen bagi penderita anemia. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengisi kekurangan zat besi dan meningkatkan energi dan tenaga di saat bersamaan dengan mengonsumsi sebuah kurma.