Diet

Minum Kopi untuk Diet? Berikut Fakta yang Perlu Kamu Ketahui!

Minum kopi sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Ada yang minum kopi agar tubuh jadi lebih segar di pagi hari. Ada juga yang minum kopi agar tetap terjaga saat sedang belajar atau bekerja. Kamu mungkin juga salah satu orang yang gemar minum kopi. Kopi memang merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Di Indonesia sendiri, konsumsi kopi terus meningkat setiap tahunnya. 

Salah satu kandungan yang terdapat dalam kopi adalah kafein. Banyak yang mengatakan, bahwa karena kandungan kafein ini kopi merupakan minuman yang mampu membakar lemak dan membantu menurunkan berat badan. Tapi apakah benar salah satu manfaat minum kopi adalah untuk diet? Berikut penjelasannya. 

Manfaat Kopi untuk Diet

manfaat minum kopi

Pada dasarnya, terdapat beberapa manfaat minum kopi yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat minum kopi berasal dari kandungan antioksidan polifenol yang terdapat di dalamnya. Seperti yang kita tahu, antioksidan dapat melawan radikal bebas dan mencegah penyakit kanker. 

Di luar manfaat tersebut, terdapat beberapa manfaat kopi untuk diet yang dapat membantu kamu menurunkan berat badan yaitu sebagai berikut:

  • Mengurangi Nafsu Makan

Salah satu manfaat minum kopi yang sering disebut orang adalah dapat mengurangi nafsu makan karena kandungan kafeinnya. Nafsu makan sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti nutrisi dalam makanan yang dimakan, hormon, dan tingkat aktivitas. Kafein dikatakan dapat mengurangi kadar hormon ghrelin, hormon yang mengatur rasa lapar. 

Selain itu, studi juga menunjukkan bahwa minum kopi berkafein dapat mengurangi jumlah kalori yang kamu konsumsi dalam sehari. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait pengaruh kafein terhadap nafsu makan. 

  • Rendah Kalori

Saat berusaha untuk mengurangi berat badan, kamu harus mengurangi jumlah kalori dalam tubuh. Ini bisa dicapai dengan dua cara, mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi atau meningkatkan aktivitas fisik. 

Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk  mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi adalah dengan memilih minuman yang rendah kalori. Kopi merupakan salah satu minuman yang kalorinya rendah. Maka itu, jika kamu ingin menurunkan badan kamu bisa mengganti minuman berkalori tinggi seperti soda dengan minum kopi untuk diet. 

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat minum kopi lainnya adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Semakin tinggi tingkat metabolisme, semakin mudah bagimu untuk menurunkan berat badan dan makan tanpa menambah berat badan. 

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan jumlah lemak dan kalori yang dibakar oleh tubuh sehingga memudahkan kamu untuk menurunkan berat badan. Studi menunjukkan kafein dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar saat beristirahat (resting metabolic rate) hingga 3-11%. Namun, efek manfaat minum kopi ini dikatakan lebih berdampak pada individu yang masih berusia muda. 

  • Mempercepat Mobilisasi Lemak

Manfaat minum kopi untuk diet lainnya adalah kopi mampu mempercepat mobilisasi lemak. Kafein memiliki kemampuan untuk merangsang saraf yang bertugas untuk mengirimkan pesan ke jaringan lemak untuk memecah-mecah lemak. 

Proses ini dilakukan dengan meningkatkan kadar hormon epinefrin atau adrenalin dalam darah. Melalui proses ini, kafein memecah lemak menjadi asam lemak bebas dan melepaskannya ke dalam darah. 

Manfaat Lainnya

manfaat minum kopi

Selain untuk diet, terdapat beberapa manfaat minum kopi lainnya bagi tubuh. Pertama, minum kopi jelas dapat meningkatkan energi dan mengurangi rasa lelah. Kafein menghambat neurotransmiter inhibitor di otak sehingga menyebabkan efek stimulan. Alhasil, energi, suasana hati, dan aspek fungsi otak lainnya pun meningkat.

Manfaat lain dari minum kopi adalah untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2 yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah. Sejumlah riset menunjukkan, minum kopi dapat mengurangi risiko penyakit ini secara signifikan. 

Selain itu, minum kopi juga dikatakan dapat mengurangi risiko penyakit sirosis, dimana sel-sel hati rusak karena terbentuknya jaringan parut. Beberapa penyakit yang seringkali menyerang jantung seperti hepatitis dan hati berlemak dapat menyebabkan sirosis. Menurut riset, orang yang minum kopi lebih dari 4 gelas per hari memiliki risiko 80% lebih rendah untuk terkena sirosis. 

Cara Minum Kopi untuk Diet

manfaat minum kopi

Walaupun terdapat beberapa manfaat kopi untuk diet, jenis dan cara kopi yang kamu minum sangat menentukan. Hindari minum kopi dengan cream, susu, atau pemanis lainnya. Tujuannya tak lain adalah untuk menghindari konsumsi kalori yang berlebih.

Ada banyak cara untuk menikmati kopi dan tetap merasakan manfaat kopi untuk diet. Kamu bisa menggantinya dengan menggunakan perasa alternatif yang lebih sehat seperti kayu manis. Bagi kamu yang sudah terbiasa minum kopi yang manis dan baru ingin memulai minum kopi untuk diet, minum kopi tanpa pemanis bisa menjadi suatu hal yang sulit karena rasa alami kopi yang pahit.

Agar terbiasa, kamu bisa mengurangi kadar pemanis secara bertahap untuk menyesuaikan selera. Supaya tidak repot, kamu bisa minum Fit Gourmet Kopi Lo-Kal with Coffee Jelly yang rendah kalori untuk menemani hari-harimu. Dengan tambahan jelly, kamu jadi bisa minum kopi untuk diet tanpa perlu khawatir mengenai jumlah kalori yang kamu konsumsi.