Diet

Suka Makan Mie? Ayo Pelajari Kandungan Kalori Mie Instan Agar Pola Makanmu Tetap Sehat!

Sebagai makanan yang murah, mudah didapatkan, serta praktis untuk dibuat, mie instan amat digemari sebagian besar masyarakat Indonesia. Mungkin kamu pun termasuk yang pernah berada di skenario berikut: menjadi anak kosan, tanggal tua dan dompet menipis, makan apa, ya? Mie instan adalah solusinya! Apalagi jika dimakan bersama nasi putih, kenyangnya mantap!

Kini, setelah kamu mempelajari pola hidup dan makan yang sehat, mungkin kamu mulai bertanya-tanya berapa kandungan kalori mie instan? Benarkah kalori mie instan lebih rendah dari nasi putih? Apakah mie instan baik untuk dikonsumsi ketika sedang menjalani program diet? Benarkah kalori mie shirataki lebih rendah dibandingkan dengan mie instan? Tulisan kali ini akan membantu kamu menjawab hal-hal tersebut.

Mempelajari Kandungan Gizi Mie Instan

Banyak yang mengkategorikan mie instan sebagai “makanan ringan” karena tidak membuat kenyang selayaknya nasi putih. Oleh karena itu, banyak pula yang beranggapan kalori mie instan tentu lebih rendah dari nasi putih. Benarkah?

Ternyata, setelah melalui proses penelitian, kalori mie instan dalam satu porsi (70 gram) adalah sekitar 370 kalori. Sedangkan nasi putih dengan berat yang sama hanya mengandung 91 kalori. Maka dari itu, anggapan bahwa mie instan memiliki kalori yang lebih rendah dibanding nasi putih adalah salah.

Memang, sudah banyak merek mie instan yang menghadirkan penurunan kalori hingga 188 kalori per porsinya. Namun tetap saja, kadar protein dan serat dalam mie instan lebih rendah dibandingkan nasi putih. Padahal, kedua zat tersebut amat dibutuhkan tubuh untuk pembentukan darah, kulit, otot, dan tulang. Protein pun berfungsi meningkatkan rasa kenyang, sedangkan serat berguna melancarkan pencernaan.

Maka dari itu, diet dengan hanya mengonsumsi mie instan sangatlah tidak dianjurkan, karena akan menyebabkan gangguan metabolisme, serta berisiko terjadi penyumbatan aliran darah, gangguan jantung, diabetes, dan stroke. Mie instan juga mengandung banyak sodium, yang membuat tubuh cepat haus dan menjadi gemuk.

Sedang Diet? Ayo Beralih ke Mie Shirataki!

Lalu, adakah alternatif mie yang aman dikonsumsi ketika sedang diet?

Seiring dengan semakin banyak orang mengetahui kandungan gizi mie instan, banyak penggemar mie yang kemudian beralih dengan mengonsumsi mie shirataki. Bagi yang belum tahu, mie shirataki berasal dari olahan umbi konjac (konnyaku), yang tumbuh subur di negara Jepang, Cina, dan beberapa wilayah Asia Tenggara. Tepung dari konjac inilah yang merupakan bahan baku mie shirataki. Konon, kalori mie shirataki terhitung jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan mie instan biasa.

Berapa kandungan kalori mie shirataki? Ternyata, setiap 100 gram mie shirataki “hanya” mengandung 15 kalori. Selain kalori mie shirataki yang rendah, makanan ini juga mengandung 0.02 gram lemak, 0.19 gram protein, dan 3.44 gram karbohidrat kompleks yang tidak dengan mudah meningkatkan kadar gula pada darah. Mie shirataki pun kaya akan serat, sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama.

Berdasarkan fakta di atas, wajar memang jika mie shirataki banyak dikonsumsi sebagai mie alternatif ketika diet. Dengan kadar kalori mie shirataki yang rendah, mie ini cocok untuk dimakan dalam berbagai kondisi, baik itu sarapan, makan siang, maupun makan malam. Faktanya, mengonsumsi makanan dengan serat glucomannan yang didapat dari umbi konjac bisa membantu menurunkan kadar hormon ghrelin. Hormon ini adalah yang bertugas mengirimkan sinyal lapar ke otak.

Jadi, apakah kamu sudah tertarik diet dengan mie shirataki? Sebelumnya, alangkah baiknya jika kamu berkonsultasi ke dokter perihal kebutuhan karbohidrat tubuhmu. Sehingga, kamu bisa mengukur seberapa banyak mie shirataki yang bisa kamu konsumsi. Selamat mencoba!