#FITdariRumah

Tingkatkan Imun Tubuh untuk Cegah Virus Corona dengan 7 Cara Ini!

Dengan terus bertambahnya kasus virus Corona di Indonesia, kita harus semakin berhati-hati dan waspada, mulai dari menaati imbauan social distancing hingga selalu menjaga kebersihan. Menurut banyak ahli maupun organisasi kesehatan, orang-orang dengan sistem imun tubuh yang lemah memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terpapar virus ini. 

Oleh karena itu, kita harus menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh kita untuk mencegah tertular virus Covid-19 maupun virus-virus lainnya. Berikut beberapa cara menjaga sistem imun yang bisa kamu lakukan. 

Tidur yang Cukup

Tidur dan daya tahan tubuh sangat berkaitan erat. Kualitas tidur yang buruk membuatmu lebih rentan terhadap sakit penyakit. Sebaliknya, tidur yang cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7 jam atau lebih, remaja 8-10 jam, sementara anak-anak dan balita maksimal 14 jam. Kalau kamu sulit tidur, coba untuk menghindari menggunakan gadget sebelum tidur. Usahakan pula untuk tidur di ruangan yang gelap dan di waktu yang sama setiap malamnya. 

Makan Sayur dan Buah-Buahan

Salah satu cara menjaga sistem imun paling ampuh adalah dengan makan makanan sehat. Makanan yang berasal dari tumbuhan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang dan biji-bijian mengandung nutrisi dan antioksidan yang tinggi sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Antioksidan berperan dalam melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. 

Selain itu, sayur dan buah-buahan juga mengandung serat yang mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus. Ditambah lagi, sayur dan buah-buahan juga mengandung vitamin C yang bisa mengurangi durasi batuk pilek. 

Hindari juga makan-makanan yang mengandung gula, daging olahan, dan minyak sayur. Alasannya tak lain adalah karena makanan-makanan ini bisa menyebabkan radang sehingga membuat sistem imunmu sibuk dan akhirnya masalah lain dalam tubuhmu jadi terabaikan.

Berjemur

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami. Vitamin D mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu melawan penyakit. Menurut studi, vitamin D mengurangi risiko terserang penyakit flu. Selain itu, vitamin D dari matahari juga memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin yang meningkatkan mood

Berolahraga 

Olahraga tidak hanya membuat tubuh kita menjadi sehat tapi juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita lho. Olahraganya gak perlu yang sulit-sulit, cukup olahraga ringan hingga sedang seperti jalan kaki, bersepeda, atau jogging. Hindari berolahraga terlalu diforsir karena malah bisa menekan sistem imun tubuh. Lakukan olahraga minimal 150 menit per minggu. 

Minum Air Putih Secukupnya

Minum air putih yang cukup memang gak bisa melindungi tubuh dari kuman dan virus, tetapi penting untuk menghindari dehidrasi dan juga menjadi cara menjaga sistem imun. Dehidrasi bisa menimbulkan efek negatif pada tubuh, mulai dari sakit kepala, mengurangi fokus, hingga menghambat fungsi jantung dan ginjal. 

Bagaimana tahu kalau kita sudah minum cukup air atau tidak? Kalau urine kamu berwarna kuning pekat, itu artinya kamu kurang minum. Namun, jika urine kamu berwarna kuning pucat, itu artinya tubuh kamu terhidrasi. 

Kontrol Tingkat Stres

Mengurangi stres merupakan salah satu cara menjaga sistem imun yang utama. Stres yang berkepanjangan dapat menghambat kerja sistem imun pada tubuh kita. Situasi saat ini memang membuat banyak dari kita menjadi khawatir, cemas, juga stres. Walaupun kita tidak bisa mengontrol keadaan, kita bisa mengontrol respons kita. Kamu bisa mengurangi stres dengan meditasi, yoga, atau cara-cara lainnya. 

Cuci Tangan dengan Benar

Yang terakhir dan yang terpenting, ingat untuk sering-sering mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah dari kamar mandi, dan setelah kamu keluar. Cuci tangan dengan sabun selama 20 detik atau dengan menyanyikan lagu “Happy Birthday” sebanyak 2 kali. Mencuci tangan dapat membersihkan kuman dan virus yang menempel di tangan. Setelah cuci tangan, segera keringkan tangan karena saat tangan basah, kuman akan lebih mudah berpindah. 

Jika kamu sedang di luar dan tidak bisa mencuci tangan, gunakan hand sanitizer yang mengandung minimal 60% alkohol. Gunakan sanitizer secukupnya sampai setidaknya butuh 15-20 detik untuk mengeringkannya. 

Nah, itu dia beberapa cara menjaga sistem imun. Ingat untuk selalu menjaga gaya hidup dan pola makan yang sehat serta suplemen yang dapat meningkatkan imun seperti madu, ekstrak temulawak, air kelapa, dan immune booster pada Paket Immune Booster. Tetap jaga kesehatan dan kebersihan ya semua!