Gaya Hidup Sehat

4 Manfaat Beras Shirataki yang Baik Bagi Kesehatan

kalori nasi shirataki

Saat sedang menjalani program diet, biasanya beras atau nasi merah kerap digunakan karena rendah kalori. Bahkan beberapa ada yang memilih beras cokelat karena kandungan kalorinya dikenal lebih rendah dibanding beras merah.

Ternyata, ada satu jenis beras lagi yang diyakini juga bermanfaat menurunkan berat badan berkat kandungan kalorinya yang rendah, yaitu beras shirataki. Pernah dengar?

Eits, ini berbeda dengan mie shirataki yang sempat booming itu, lho. 

Beras yang acap kali dianggap sebagai ‘beras ajaib’ ini memiliki keunggulan sebagai sumber karbohidrat yang tidak mengandung banyak kalori, sehingga sangat membantu menurunkan berat badan bagi kamu yang sedang diet.

Berbeda dari beras putih dan beras merah, beras shirataki bukanlah tanaman padi-padian, melainkan merupakan produk olahan dari tanaman shirataki-umbi-umbian yang kerap disebut konjac (Amorphophallus) dan banyak tumbuh di Asia Timur.

Dilansir dari Sehatq.com, tanaman konjac memiliki kandungan tepung pada bagian akarnya yang kaya akan serat diet bernama glukomanan. Nah, serat inilah yang banyak dimanfaatkan berbagai produsen makanan untuk kemudian diolah menjadi produk penurun berat badan. Begitu informasi mengenai kalori nasi shirataki tersebar, membuat banyak orang langsung tertarik untuk mencobanya. 

Sebenarnya, manfaat nasi shirataki dan nasi merah/cokelat itu sama baiknya untuk tubuh. Yang membedakan hanya kandungan kalorinya saja. Jadi, pada dasarnya, keputusan tetap ada di kamu sebagai peserta diet. Mungkin agar tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja, mengganti beras yang digunakan bisa menjadi ide menarik. Ya, kan?

Jika kamu penasaran berapa kandungan kalori nasi shirataki, berikut informasinya, ya:

Takaran saji 85.05 gram
Kalori nasi shirataki 10
– Total lemak 0 gram
– Sodium 0 mg
– Karbohidrat 3 gram
– Serat 2 gram
– Gula 0 gram
– Protein 1 gram

Lalu, apa saja manfaat nasi shirataki untuk diet? Baca terus untuk mengetahuinya, yuk!

1. Mencegah kenaikan kadar gula darah

kalori nasi shirataki

Dilansir dari sehatq.com, mengonsumsi nasi shirataki selama 65 hari berturut-turut terbukti dapat mencegah dan meringankan hiperglikemia (naiknya kadar gula darah). Hal ini disebabkan, kandungan gula pada nasi shirataki adalah 0 gram (dengan takaran saji 85.05 gram).

2. Membuatmu kenyang lebih lama

kalori nasi shirataki

Sebagai orang yang sedang menjalani diet, manfaat nasi shirataki yang membuat rasa kenyang lebih lama merupakan salah satu faktor pembantu menurunkan berat badan, karena keinginan untuk ngemil menjadi berkurang. Nah, jika kamu menambahkan nasi shirataki ke dalam menu dietmu, hal tersebut bisa kamu dapatkan, lho. Ini semua berkat pergerakan lambat nasi shirataki di saluran cerna, sehingga kamu tidak cepat merasa lapar.

3. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

kalori nasi shirataki

Kandungan serat pada nasi shirataki membuatnya menjadi makanan diet yang baik untuk usus, karena bakteri baik juga ikut ‘memakannya’. Tidak hanya itu saja, mengonsumsi nasi shirataki juga sekaligus menaikkan sistem imun tubuh dan mencegah peradangan.

4. Menurunkan kadar kolesterol

kalori nasi shirataki

Yup, menurunkan kadar kolesterol merupakan salah satu manfaat nasi shirataki yang bisa kamu nikmati. Hal ini disebabkan karena glukomanan bekerja dengan meningkatkan jumlah kolesterol yang dibuang melalui feses, sehingga tubuh lebih sedikit menyerap kolesterol.

Nasi shirataki tidak hanya dikhususkan bagi kamu yang ingin diet saja, lho. Kamu yang ingin mengubah pola hidup lebih sehat juga bisa mengonsumsinya, agar dapat menikmati berbagai manfaat nasi shirataki. Dapatkan nasi shirataki di FITCO dan lengkapi dengan nutrisi lainnya seperti daging, sayur, dan buah-buahan, yuk!