Gaya Hidup Sehat

5 Minuman Rendah Kalori Buat Badan Jadi Lebih Fit

Sedang menjalani program diet biar tubuh jadi lebih fit? Selain mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, konsumsi minuman rendah kalori juga, yuk! Jangan sampai pilihan makanan sudah sehat tapi tetap minum minuman tinggi gula atau kalori, karena akan membuat usahamu membuat tubuh jadi lebih fit tidak maksimal.

Setelah selesai membaca artikel ini, coba perhatikan minuman yang ada di dalam kulkasmu. Cek label nutrisinya untuk tahu apakah kandungannya sehat atau tidak. Minuman bersoda dan berasa memang terasa enak sekali ketika dikonsumsi. Apalagi di siang hari yang terik. Wah, rasanya jadi lebih segar ketimbang hanya minum air putih. Padahal, kandungan minuman tersebut tidak bagus untuk tubuh, lho.

Dilansir dari healthline.com, The American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan minuman nol kalori dan/atau minuman rendah kalori untuk mencegah lonjakan gula darah. Sangat dianjurkan untuk memilih minuman yang tepat agar terhindar dari efek samping yang tidak menyenangkan.

Apa saja minuman rendah kalori yang bisa membuat tubuh jadi lebih fit? Baca terus sampai selesai untuk mengetahuinya, ya!

1. Air mineral

Yup, air mineral merupakan minuman nol kalori, sehingga dapat membantumu menurunkan berat badan ketika menjalani program diet. Air mineral juga dapat membantu proses pencernaan dan metabolisme tubuh, sehingga bisa membuat tubuhmu jadi lebih fit.

Selain itu, karena tidak mengandung gula, mengonsumsi air mineral tidak akan merusak gigimu.

Tubuh juga akan terhindar dari dehidrasi jika kamu cukup minum air mineral. Institute of Medicine merekomendasikan bagi para pria untuk minum air mineral sekitar 13 gelas (3,08 liter) sehari dan wanita minum sekitar 9 gelas (2,13 liter).

Sebagai variasi, kamu bisa menambahkan irisan lemon dan daun mint, buah beri, dan irisan buah atau rempah lainnya agar air mineral memiliki rasa–namun tetap mengandung nol kalori.

2. Jus sayuran

Tahukah kamu? Jus sayuran mengandung setengah kalori dari jus buah, menjadikannya sebagai salah satu minuman rendah kalori.

Kandungan serat pada jus buah dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan tubuhmu dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, mengonsumsi jus sayur juga dapat membantumu menunda rasa lapar–sangat bermanfaat bagi yang sedang menjalankan program diet.

3. Jus buah

Meski memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi dari jus sayur, jus buah tetap termasuk sebagai minuman rendah kalori, kok. Pastikan kamu tidak menambahkan gula atau pemanis lainnya ketika membuat jus buah, ya. Lebih aman jika kamu membuatnya sendiri di rumah, ketimbang membelinya di luar.

4. Teh

Ketika cuaca sedang dingin-dinginnya, minum teh hangat pasti terasa nikmat. Untungnya, minuman ini termasuk minuman rendah kalori jika kamu tidak mencampurkan pemanis ke dalam cangkir teh buatanmu.

Jika tidak kuat dengan rasa pahit teh, kamu bisa menambahkan sedikit madu alami agar rasanya menjadi lebih manis.

Minum teh hingga 6 cangkir (1,42 liter) sehari juga dapat membuat tubuh jadi lebih fit, karena dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2, lho. Namun, dilansir dari healthline.com, klaim ini masih perlu lebih banyak lagi penelitian.

5. Kopi

Kamu suka minum kopi? Pastikan kamu memilih kopi hitam tanpa gula, ya. Kopi hitam tanpa gula merupakan minuman rendah kalori yang dapat menjadi pilihan tepat bagi kamu yang sedang mencoba menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi dalam jumlah ideal (2-3 cangkir sehari) berhubungan erat dengan menurunnya risiko penyakit seperti diabetes tipe 2, Parkinson, dan gangguan fungsi hati. Jika tidak dikonsumsi berlebihan, kafein sebenarnya dapat membantumu meningkatkan stamina fisik dan menambah kewaspadaan, lho.

Itu dia 5 minuman rendah kalori yang bisa buat badan jadi lebih fit. Untuk pilihan jus buah dan sayuran, jika kamu tidak sempat membuatnya sendiri, pastikan kamu mendapatkannya di FITCO.id, ya.