Gaya Hidup Sehat

7 Cara Menyimpan Bawang Putih Agar Tahan Lama

Hampir semua jenis masakan pasti menggunakan bumbu dapur satu ini. Yup, sebagai bumbu dasar, bawang putih kerap kali kita jumpai di setiap masakan-masakan Indonesia maupun internasional.

Mau masak tumis sayur? Pasti pakai bawang putih. Buat base kuah sop? Pasti pakai bawang putih juga. Bumbuin daging ayam, sapi, seafood atau jenis daging lainnya? Percaya deh, pasti juga menggunakan bawang putih.

Nggak cuma bisa buat masakan terasa lebih lezat, wangi bawang putih juga bisa mengundang rasa lapar. Jadi nggak heran, ada beberapa orang yang kalau menyantap masakan tanpa menggunakan bawang putih pasti merasa ada sesuatu yang kurang atau makanan menjadi terasa kurang lezat.

Saking krusialnya, stok bawang putih pasti selalu ada di tiap dapur orang Indonesia. Nah, agar tidak cepat busuk, tentu ada beberapa cara menyimpan bawang putih yang perlu dilakukan. Sayang, kan, kalau jadi busuk karena tidak disimpan dengan benar dan baik?

Nah, berikut 7 cara menyimpan bawang putih yang bisa kamu ikuti biar stok bawang putih di dapurmu nggak mubazir. Oh ya, sebelumnya pastikan kamu membeli bawang putih yang masih dalam keadaan segar, ya, biar bisa tahan lebih lama lagi meskipun disimpan. Berikut tips cara menyimpan bawang putih agar tidak mudah busuk.

  1. Simpan di suhu ruangan

Hal pertama yang harus diperhatikan: jaga umbi bawang putih tetap utuh.

Setelah itu, simpan bawang putih segar pada suhu sekitar 15–18 ° C dengan kelembapan ringan. Hal ini dapat mengurangi risiko bawang putih membusuk atau tumbuh jamur.

Kamu juga bisa menggantung bawang putih dengan kantong jaring agar tetap terkena udara. Pastikan tidak terkena sinar matahari langsung, ya, jadi temukan sudut yang cukup gelap di dapurmu.

  1. Simpan di kulkas

Jika kamu memilih untuk menggunakan cara menyimpan bawang putih yang satu ini, pastikan kamu mengeluarkannya dari kulkas hanya dan jika kamu siap menggunakannya alias jangan sampai sudah dikeluarkan dari kulkas dan tidak digunakan sama sekali.

Simpan menggunakan wadah kedap udara dan tertutup agar bisa bertahan hingga 2 minggu.

Perlu kamu tahu, bawang putih yang disimpan di kulkas dapat tumbuh tunas yang membuatnya terasa jadi lebih pahit.

  1. Simpan di freezer

Menyimpan bawang putih di freezer dapat membuatnya kehilangan rasa, namun bukan berarti tidak dapat dilakukan.

Sebelum dimasukkan ke dalam freezer, kupas kulit bawang putih, potong menjadi dua bagian, taruh di ice tray, dan tuang minyak atau kaldu untuk dijadikan es batu. Simpan ice tray di tempat yang kedap udara supaya bisa bertahan hingga 1 bulan lamanya.

  1. Dipanggang

Yup, memanggang merupakan salah satu cara menyimpan bawang putih agar bisa tahan lebih lama.

Caranya, letakkan sejumlah siung bawang putih yang belum dikupas kulitnya (sesuaikan dengan keinginanmu) ke loyang. Tuang minyak zaitun dan masukkan loyang ke dalam oven pada suhu 175° C selama sekitar 45 menit atau sampai bawang putih menjadi lunak.

Setelah matang, potong bagian ujung bawang putih, peras isinya ke dalam wadah, lalu tutup rapat. Kamu bisa menyimpannya di lemari es selama 1 minggu atau masukkan freezer untuk jangka waktu yang lebih lama lagi.

  1. Buat jadi acar

Proses pembuatan acar bawang putih sama seperti membuat acar sayuran apa pun, yaitu melibatkan wadah, garam, dan cuka.

Caranya, isi wadah dengan bawang putih yang sudah dikupas. Tuangkan cuka pilihanmu dan tambahkan sejumput garam sebagai bumbu tambahan. Tutup rapat wadah tersebut dan simpan di lemari es.

Acar bawang putih dapat bertahan hingga empat bulan, namun segera buang jika ada jamur yang mulai terbentuk, ya.

  1. Keringkan

Hampir sama dengan memanggang bawang putih, teknik penyimpanan dengan cara mengeringkan bawang putih memerlukan waktu panggang yang lebih lama dengan suhu oven yang juga lebih rendah.

Panggang bawang putih yang sudah dikupas ke dalam oven bersuhu 60° C hingga tiap siung bawang putih benar-benar kering serta terlihat rapuh dan renyah.

Oh ya, kamu juga bisa menjadikannya sebagai bawang putih bubuk, lho, dengan benar-benar menghancurkan bawang putih kering menggunakan food processor. Jangan lupa tambahkan garam.

  1. Campur dengan minyak

Cara menyimpan bawang putih yang terakhir adalah dengan mencampurkannya ke dalam botol berisi minyak masak.

Cukup kupas bawang putih segar lalu masukkan ke dalam botol minyak masak. Simpan di freezer untuk ketahanan hingga 2 bulan dan jangan pernah meletakkannya di suhu ruangan karena dapat menjadikannya beracun.

Itulah cara menyimpan bawang putih yang penting untuk kamu ketahui agar bumbu dapur kamu yang satu ini tidak mudah busuk dan bisa tetap segar saat mau digunakan. Silahkan dicoba!