Gaya Hidup Sehat

8 Manfaat Jus Wortel, Dari Menjaga Kesehatan Mata Hingga Imunitas Tubuh

Wortel merupakan salah satu sayuran yang selalu dikaitkan dengan kesehatan mata. Maka dari itu, “jus wortel untuk mata” pasti kerap dijadikan jargon agar kita rutin mengkonsumsinya.

Meski dikenal sangat baik dalam memelihara kesehatan mata, ternyata manfaat jus wortel sangat beragam, lho.

Merupakan jenis umbi-umbian, wortel sarat akan berbagai vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, wortel juga merupakan sumber karotenoid atau beta-karoten, kalium, serat, serta antioksidan. Semua kandungan baik tersebut tentu dibutuhkan oleh tubuh kita.

Menurut United States Department of Agriculture National Nutrient Database, nutrisi dalam satu gelas jus wortel pada umumnya mengandung:
– 94 kilokalori
– 2,24 g protein
– 1,35 g lemak
– 21,9 g karbohidrat
– 1,89 g serat
– 689 mg potassium
– 20,1 g Vitamin C
– 0,217 mg Vitamin B (thiamin)
– 0,512 mg Vitamin B6
– 2,256 mcg Vitamin A
– 36,6 mcg Vitamin K

Hanya dengan melihat kandungan nutrisi di atas, pasti udah paham, kan, kenapa jus wortel sangat baik untuk tubuh? Biar makin yakin biar tidak cuma mengkonsumsi jus wortel untuk mata, yuk, lanjut baca artikel ini untuk tahu 8 manfaat jus wortel sebagai sumber nutrisi, vitamin, dan serat!

1. Menjaga kesehatan tubuh

Jus wortel adalah sumber beta-karoten yang merupakan salah satu antioksidan paling kuat. Sebagai jenis vitamin A, beta-karoten membantu melindungi permukaan mata dan berkontribusi dalam memperkuat penglihatan oleh karena itu dipercayai jus wortel untuk mata sangat baik untuk kesehatan mata.

Menurut T. Michael Redmond, kepala dari Laboratory of Retinal Cell and Molecular Biology di National Eye Institute, vitamin A memungkinkan protein opsin terbentuk di sel kerucut dan protein rodopsin terbentuk di sel batang di dekat bagian belakang mata.

Pada dasarnya, sel kerucut memproses cahaya dalam kondisi siang hari, sedangkan rhodopsin melakukan hal yang sama dalam keadaan cahaya redup. Ketika cahaya mengenai kedua hal tersebut, terciptalah sebuah impuls listrik yang bergerak ke otak untuk menginterpretasi dan membantu kita melihat.

Wah, ternyata manfaat jus wortel untuk mata sangat signifikan, ya!

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kamu memiliki metabolisme tubuh yang kurang baik? Coba, deh, rutin mengkonsumsi jus wortel , tidak hanya jus wortel untuk mata jus wortel juga mampu membantu sekresi empedu, sehingga metabolisme bakal membaik.

Jika kamu juga ingin membuang kebiasaan minum soda atau minuman manis, jus wortel juga bisa menjadi pilihan. Hasilnya? Tubuh lebih sehat dan proses penurunan berat badan juga lebih cepat bagi kamu yang sedang menjalani diet.

3. Menurunkan risiko kanker

Terbentuknya sel-sel abnormal yang berkembang biak secara tidak terkendali karena kanker, membuat tubuh kewalahan mengalahkannya. Untuk menurunkan risiko terkena kanker, mengkonsumsi jus wortel bisa menjadi salah usaha yang dapat kamu lakukan. Hal ini dikarenakan, kandungan antioksidan pada jus wortel mampu membantu menghentikan kerusakan sel sehingga menawarkan perlindungan terhadap berbagai jenis kanker.

4. Memperbaiki masalah kulit

Manfaat jus wortel berikutnya berhubungan dengan kesehatan kulit. Kandungan vitamin C pada wortel memiliki manfaat penyembuhan, sehingga membantu kulit pulih lebih cepat dari luka luar. Bahkan, kandungan beta-karotennya juga membantu mengurangi peradangan kulit, lho.

Kalau kamu memiliki riwayat masalah kulit seperti ruam atau psoriasis, tambahkan jus wortel ke dalam menu harianmu, ya.

5. Kehamilan yang lebih sehat

Jus wortel sarat akan kalsium, folat, potasium, magnesium, serta vitamin A dan vitamin C. Semua hal tersebut bermanfaat selama masa kehamilan–bahkan setelah kehamilan.

Kalsium membantu perkembangan tulang janin yang lebih kuat, sedangkan folat mencegah terjadinya cacat lahir. Vitamin A dan vitamin C pada jus wortel mampu melindungi ibu hamil dan janin dari radikal bebas, hingga memperkuat imunitas tubuh dan menurunkan risiko infeksi.

6. Mengontrol kolesterol tubuh

Kontrol kolesterol tubuh kamu tanpa obat-obatan? Tentu bisa, dong. Masukkan jus wortel yang memiliki kandungan potasium ke menu diet kamu saja. Namun, pastikan kamu konsultasi dengan dokter sebelum menghentikan obat-obatan yang sudah diresepkan, ya.

7. Memperkuat fungsi otak

Tingkatkan fungsi kognitif dan kurangi risiko masalah ingatan serta demensia terkait usia dengan mulai rutin mengkonsumsi jus wortel, yang kaya akan kandungan beta-karoten.

8. Meningkatkan sistem imun tubuh

Apakah kamu mudah terkena flu? Tingkatkan sistem imun dan bantu tubuh kamu melawan infeksi dengan mengkonsumsi jus wortel. Kandungan antioksidannya dapat membantu melawan radikal bebas, kerusakan sel, dan inflamasi, serta kandungan vitamin C-nya juga mampu meningkatkan imun tubuh.

Beragamnya manfaat jus wortel seperti yang telah dipaparkan di atas, pasti membuat kamu ingin rutin mengkonsumsinya, kan? Yuk, jadikan jus wortel sebagai menu sarapan atau minuman pengganti soda dan minuman manis mulai dari sekarang, untuk mendapatkan manfaat baiknya.

Selamat mengkonsumsi jus wortel!