Gaya Hidup Sehat

Apa Saja Bahaya yang Timbul Akibat Sering Telat Makan? Pelajari Faktanya, Yuk!

Makan merupakan kebutuhan pokok setiap manusia untuk bertahan hidup. Makanan sendiri dapat memberikan energi kepada tubuh kita untuk menjalani hari-hari. Oleh karena itu, tidak aneh jika muncul beberapa masalah dalam tubuh akibat sering telat makan. Dengan berbagai alasan, terkadang banyak orang yang sengaja untuk tidak makan tepat waktu. Tetapi hal ini sebenarnya sangat tidak disarankan karena hanya menimbulkan efek buruk bagi tubuhmu. Yuk, ketahui alasan kenapa kita tidak boleh menunda makan, yaitu: 

 

  1. Berat badan turun secara tidak sehat

Banyak sekali yang sengaja menunda makanan dengan harapan bahwa berat badan akan menurun. Faktanya, akibat sering telat makan hanya dapat mengurangi berat badanmu secara tidak sehat. Hal ini dikarenakan tidak ada makanan yang dapat dibakar oleh tubuh maka tubuh akan membakar sebagian lemak dan diubah menjadi energi. Selain itu bukan hanya lemak saja yang dibakar namun otot dalam tubuh juga dibakar. Ketika kehilangan otot, maka tubuhmu akan menjadi lebih lemah

  1. Kenaikan berat badan

Bukan hanya berat badan turun, akibat sering telat makan justru dapat berdampak sebaliknya yaitu menyebabkan berat badanmu menjadi naik. Melewatkan jam makan hanya akan membuat kamu menginginkan untuk makan lebih banyak dan berlebihan. Pada akhirnya seluruh makanan yang sudah dikonsumsi akan berubah menjadi lemak pada tubuh kamu sehingga menyebabkan kenaikan pada berat badan kamu.

  1. Otak tidak dapat berkonsentrasi

Selain itu, fungsi otak pun juga dapat terganggu akibat sering telat makan. Khususnya kemampuan otak untuk mengingat dan berkonsentrasi dapat berkurang. Bahkan fungsi otak dalam mengontrol emosi pun juga dapat terganggu. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang membutuhkan nutrisi penting untuk mengembalikan kekuatan otak. Tubuh juga akan semakin lemas dan pada akhirnya kalian menjadi malas untuk melakukan hal-hal lain. 

  1. Maag dan asam lambung naik

Makanan berfungsi sebagai sumber energi dan bahan bakar bagi tubuh dalam melakukan berbagai rutinitas harian. Jika kamu melewatkan hal ini, tentu saja tubuhmu akan menjadi lemas dan kekurangan energi untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Sedangkan lambung tetap memproduksi asam yang digunakan untuk memecah makanan yang kita konsumsi. Karena tidak adanya makanan yang harus dipecahkan pada akhirnya dinding lambung akan menjadi sakit dan dapat berakibat pada maag hingga naiknya asam lambung.