Gaya Hidup Sehat

Ayo Jadi Lebih Fit dengan Mengonsumsi Makanan Siap Saji yang Lebih Sehat!

Makanan Siap Saji

Tidak bisa dipungkiri, makanan siap saji atau fast food adalah jenis makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Makanan seperti french fries, fried chicken, atau hamburger memang seringkali menggugah selera, serta cocok untuk dimakan sendiri maupun bersama teman-teman. Padahal, sudah banyak informasi yang menyatakan bahwa makanan siap saji mengandung banyak kalori dan sedikit nutrisi.

Makanan siap saji memang tergolong sangat mudah diolah sehingga sering dijadikan pengganti makanan rumah. Namun di sisi lain, makanan ini banyak mengandung gula, lemak jahat, dan garam sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Selain itu, apa saja bahaya dari makanan siap saji? Ini dia:

1. Menambah berat badan


Seperti yang telah disebutkan di atas, makanan siap saji memiliki tingkat kandungan lemak dan kalori yang sangat tinggi. Tentu kamu sudah tahu, kan, bahwa kedua hal inilah yang menjadi alasan utama terjadinya kenaikan berat badan. Pada kondisi ekstrim, kamu bahkan dapat berujung pada obesitas.

2. Mengakibatkan kerusakan pada gigi

Makanan Siap Saji

Makanan seperti kentang atau ayam goreng biasanya disajikan bersamaan dengan minuman dingin bersoda yang notabene banyak mengandung gula dan karbohidrat. Rasanya memang sekilas menyegarkan, namun ketika dikonsumsi, mulutmu akan otomatis menghasilkan asam yang pada jangka panjang dapat menghancurkan enamel atau lapisan pelindung gigi. Cepat atau lambat, gigimu akan berlubang, deh!

3. Gangguan pada sistem pernapasan

Makanan Siap Saji

Selain berujung pada obesitas, terlalu banyak mengonsumsi makanan siap saji juga bisa menyebabkan gangguan pernapasan seperti asma, sesak napas, hingga gangguan tidur.

4. Menambah risiko terkena penyakit kanker

Makanan Siap Saji

Zat-zat yang banyak terkandung pada makanan siap saji juga dapat memicu kita terkena penyakit kanker. Apalagi, kalau kamu adalah orang yang sering mengonsumsi makanan tersebut dan jarang berolahraga.

Sebenarnya, selama kamu bisa mengatur pola makan agar tidak berlebihan, makanan-makanan tersebut tidak serta merta memberikan efek buruh pada tubuhmu. Itu sebabnya, kamu perlu mengetahui kalori yang masuk ke tubuhmu setiap harinya, sehingga kamu bisa memberikan patokan yang sesuai akan kebutuhan tubuhmu.

Di sisi lain, sebenarnya, istilah “fast food” tidak terbatas pada makanan yang tidak sehat saja. Sudah banyak program yang menawarkan makanan sehat dan bisa kamu akses dengan mudah menggunakan internet.

Makanan Siap Saji

Program ini dapat menentukan pola makan yang baik untuk kamu, baik itu yang ingin menurunkan berat badan, atau sekadar menjalani pola hidup sehat agar tubuh jadi lebih fit. Mereka akan menyediakan rincian kandungan gizi sekaligus kalori yang bisa kamu pilih, tanpa mengurangi cita rasa makanan. Makanan yang dimaksud seperti ikan balado, kacang buncis, tahu dan tempe, hingga sayuran segar. Paket dalam program ini juga biasanya memberikan alternatif bagi junk food biasanya, seperti pengurangan keju dan lemak sambil menambahkan tomat dan bawang, menggunakan saus rendah lemak, hingga menyajikan buah-buahan segar dan yoghurt.

Minuman yang disediakan pun biasanya sudah dibuat dengan bahan-bahan organik yang rendah kalori. Jadi, tidak hanya terhindar dari risiko penyakit, tubuh kamu pun jadi lebih fit. Menarik, bukan?

Maka dari itu, mari mulai mengganti kebiasaan memakan junk food dan beralih ke makanan siap saji yang sehat. Toh, jika tubuhmu jadi lebih fit, segala aktivitas sehari-harimu pasti akan lebih optimal.

Saatnya jadi lebih fit dan sehat!