Gaya Hidup Sehat

Inilah Manfaat Garam Himalaya dan Cara Mengonsumsinya. Benarkah Lebih Sehat?

manfaat garam himalaya

Mungkin masih ada yang belum tahu, ada berbagai jenis garam selain garam dapur yang akrab kamu temui di dapur rumah. Salah satunya adalah garam himalaya. Apabila garam dapur berbentuk serbuk dan berwarna putih, garam himalaya lebih terlihat seperti kristal dengan warna merah muda.

Garam himalaya sendiri berasal dari tambang garam di kaki pegunungan himalaya, Khewra Salt Mine. Garam ini mengandung 98 persen natrium klorida dan sejumlah mineral lain, yakni kalium, kalsium, magnesium, sulfur, hingga zat besi. Karena kemurniannya, banyak kemudian beranggapan bahwa manfaat garam himalaya lebih banyak daripada garam dapur. Benarkah demikian? Mari kita tengok apa saja sebenarnya manfaat garam himalaya:

  • Mengandung banyak mineral yang baik bagi tubuh

Dari warnanya saja, kita dapat mengetahui bahwa garam himalaya ini mengandung banyak sekali mineral yang berbeda dari garam biasa. Selain zat besi dengan jumlah banyak yang menghasilkan warna pink, garam himalaya juga mengandung magnesium, kalsium, kalium, fosfor, klorida, boron, yodium, selenium, dan masih banyak lagi. Mineral-mineral tersebut tentu dibutuhkan untuk tubuh, meski sebenarnya, 97% kandungan garam himalaya adalah natrium klorida dan 3% sisanya mineral lain dalam konsentrasi kecil.

  • Membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi

Manfaat garam himalaya yang kedua adalah memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh. Kita tahu, tubuh membutuhkan elektrolit yang bisa didapat di garam guna menjaga keseimbangan cairan tubuh. Terpenuhinya kebutuhan hidrasi tubuh dapat memperlancar komunikasi sinyal saraf dan memperkuat fungsi otot.

  • Mengandung antimikroba

manfaat garam himalaya

Mengapa garam sering disebut sebagai pengawet alami? Karena garam bersifat antimikroba yang mampu melawan bakteri-bakteri jahat. Tentunya, garam himalaya juga dapat membantu tubuh agar terhindar dari penyakit. Selain itu, meningkatkan kekebalan tubuh, mengoleskan garam himalaya pada kulit juga berkhasiat mencegah infeksi.

  • Membantu proses detoksifikasi

manfaat garam himalaya

Tidak hanya dimakan, garam himalaya juga bisa dicampur ke dalam air hangat yang dipakai untuk berendam. Berendam dengan garam himalaya dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dari kulit dan jaringan lemak, serta melemaskan otot yang tegang setelah beraktivitas. Hal ini akan membuat tubuh kamu lebih segar dan berenergi.

  • Menyeimbangkan pH tubuh serta mengendalikan tekanan darah

manfaat garam himalaya

Kandungan sodium garam himalaya yang lebih rendah dari garam biasa akan membantu tubuh kamu mengendalikan tekanan darah. Selain itu, kandungan natrium dapat menetralkan asam tubuh, yang berfungsi mencegah menurunnya kekebalan tubuh, hilangnya kepadatan tulang, dan batu ginjal. Tentunya masih banyak manfaat garam himalaya lain seperti menambah cita rasa masakan, memperlancar penyerapan nutrisi, hingga menjaga kesehatan tulang.

Dari manfaat-manfaat tersebut, dapat disimpulkan bahwa garam himalaya cocok untuk kamu yang sedang diet atau menjalani pola makan sehat. Selanjutnya, apakah kamu sudah tahu cara konsumsi garam himalaya?

Selain untuk bahan masakan setiap harimu, dari mulai sarapan hingga makan malam, cara konsumsi garam himalaya juga beragam, di antaranya:

  • Berendam untuk terapi
    Seperti yang telah disebutkan di atas, mandi dengan air hangat yang dicampur garam himalaya akan membantu melepaskan racun. Campurkan sedikitnya dua cangkir garam himalaya ke dalam bak air hangat, lalu berendam lah selama 15 hingga 20 menit, dilanjutkan dengan istirahat sekitar 30 menit. Cara konsumsi garam himalaya satu ini cukup unik, bukan?
  • Obat kumur
    Selain untuk berendam, cara konsumsi garam himalaya berikutnya adalah sebagai obat kumur yang berfungsi menjaga kenetralan pH mulut, sehingga email gigi tidak cepat rusak. Cukup dengan mengambil 1 sendok teh larutan garam himalaya dan dicampur dengan sedikit air untuk berkumur.
  • Toner wajah
    Campurkan dua sendok teh garam himalaya ke setengah cangkir air, masukkan ke dalam gelas dan aduk hingga larut. Setelah itu, kamu bisa menggunakan larutan ini sebagai toner yang bagus untuk tipe kulit berminyak.

Nah itu dia manfaat serta cara konsumsi garam himalaya. Apakah kamu sudah tertarik untuk mencoba?