Gaya Hidup Sehat

Jeruk Nipis untuk Batuk dan Berbagai Manfaat Luar Biasa Lainnya dari Tanaman Satu Ini!

Manfaat air jeruk nipis

Jeruk nipis seringkali kita digunakan untuk menjadi bahan penyedap pada masakan. Mau makan soto atau sate? Teteskan dulu jeruk nipis! Cita rasanya yang asam dan aromanya yang menyegarkan dapat menghilangkan rasa bau amis pada makanan.

Namun selain sebagai pelengkap, ada banyak manfaat air jeruk nipis yang baik bagi tubuh kita. Mungkin kamu sudah bahwa jeruk nipis kaya akan vitamin C. Namun, kenyataannya lebih dari itu, jeruk nipis juga mengandung berbagai nutrisi yang memiliki banyak khasiat. Bayangkan, di dalam jeruk nipis berdiameter 5 cm, terdapat 22 miligram kalsium, 12 milligram fosfor, 68 miligram potasium, dan, tentu saja, vitamin C sebesar 19,5 miligram. Belum lagi kandungan-kandungan lain seperti protein, lemak, dan antioksidan. Luar biasa bukan?

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang manfaat air jeruk nipis, perlu dipastikan kamu tidak salah menyebut jeruk nipis sebagai lemon ya! Ukuran jeruk nipis lebih kecil, bulat, dan berwarna hijau, sedangkan lemon condong berwarna kuning. Jadi jangan sampai salah, ya!

Nah, berikut manfaat air jeruk nipis untuk tubuh:

  • Obat batuk alami

Manfaat air jeruk nipis

Menggunakan jeruk nipis untuk batuk sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia sejak dulu. Faktanya, jeruk nipis mengandung minyak atsiri dan beberapa zat lain yang berfungsi melemaskan otot saluran pernapasan. Inilah yang menjadi penyebab manjurnya jeruk nipis untuk batuk, karena dapat mengobati serak, gatal di tenggorokan, bahkan mencegah demam, radang, dan penyakit sejenis lainnya. Dari informasi ini, kamu tidak perlu lagi meragukan khasiat jeruk nipis untuk batuk yang sering digunakan orang tuamu, bukan?

  • Meremajakan kulit

Manfaat air jeruk nipis

Selain fungsi jeruk nipis untuk batuk, manfaat air jeruk nipis selanjutnya adalah membuat kulitmu tampak awet muda. Kandungan vitamin C dan antioksidan seperti flavonoid dapat memperkuat kolagen yang berfungsi meremajakan kulit. Namun, perlu diingat, hindari penggunaan air jeruk nipis langsung pada kulit setelah terpapar sinar matahari dapat menyebabkan phytophotodermatitis

  • Memperkuat sistem pertahanan tubuh

Mirip dengan poin sebelumnya, kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat meningkatkan sistem imun kita dari penyakit, bakteri, dan virus. Jeruk nipis mampu meningkatkan produksi sel sehat, sehingga mikroba yang masuk dapat segera dibunuh, dan kamu akan lebih tangguh melawan penyakit.

  • Membantu menurunkan berat badan

Kabar baik buat kamu yang sedang diet! Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis dipercaya mampu mempercepat metabolisme, sehingga kalor dan lemak dalam tubuh segera terbakar. Padukan mengonsumsi jeruk nipis dengan olahraga dan makanan sehat, maka dietmu akan semakin optimal!

  • Menjaga kadar gula darah

Manfaat air jeruk nipis

Jeruk nipis juga ternyata berguna buat kamu yang memiliki atau ingin mencegah penyakit diabetes. Jeruk nipis memiliki kadar gula yang rendah, sehingga makananmu akan tetap terjaga cita rasanya tanpa harus takut akan bahaya diabetes.

  • Mengurangi risiko terkena penyakit kanker, jantung, dan paru-paru

Manfaat air jeruk nipis

Kombinasi dari kandungan-kandungan yang terdapat pada jeruk nipis, mulai dari vitamin C, antioksidan, hingga kalium, mampu mengurangi risiko terkena penyakit-penyakit yang disebutkan di atas. Alasannya, kandungan tersebut dapat memperkuat regenerasi sel hingga menurunkan kadar kolesterol.

Itu dia manfaat air jeruk nipis yang bisa kamu rasakan manfaatnya dengan mengonsumsi rutin sehari-hari. Tentunya ada lebih banyak lagi manfaat yang bisa kamu rasakan dari jeruk nipis selain yang telah disebutkan. Sekarang, kamu punya alasan kuat untuk mengonsumsi jeruk nipis, baik sebagai bahan masakan, maupun dijadikan infuse water. Namun, buat kamu yang punya masalah asam lambung, jangan mengonsumsi terlalu banyak yaa…