Gaya Hidup Sehat

Kerap Dilakukan, Ternyata Ini Bahaya Bermain Hp Sambil Tidur

Di zaman yang serba maju teknologi sudah menjadi sebuah bagian kehidupan yang dituntut serba cepat. Penggunaan gawai pun sudah menjadi hal yang tak terpisahkan dalam kegiatan sehari-hari. Apakah kamu salah satunya? Ketergantungan pada gawai pun menjadi masalah yang banyak dialami masyarakat modern, misalnya hingga memiliki kebiasaan bermain HP saat menjelang istirahat. Kira-kira apa saja dampak dan bahaya bermain HP sambil tidur untuk kesehatan? Mari kita cari tahu bersama, yuk!

  1. Mata Lelah

Kesehatan mata merupakan hal yang penting karena mata merupakan salah satu organ vital. Bermain gadget, terutama HP sambil tiduran bukanlah hal yang baik bagi mata. Jika terbiasa dengan kegiatan seperti itu, maka jangan heran kalau sampai mata Anda terasa begitu cepat lelah karena sering tiduran dan terlalu lama bermain HP.

2.Insomnia

Malam hari  adalah waktu yang tepat dan diperlukan untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas. Bermain HP dalam posisi tiduran dilakukan sebagian orang dengan tujuan untuk membuat tubuh lebih rileks agar cepat tertidur. Faktanya, kebiasaan ini justru bisa menimbulkan insomnia karena mata dibiarkan terlalu lama berada dalam keadaan aktif.

  1. Stress

Tanpa kamu sadari, bahaya bermain HP sambil tidur juga berpotensi mempengaruhi tingkat stress. Stress yang ditimbulkan bukanlah stress yang terlalu parah, namun berpengaruh pada suatu rasa atau gangguan stress post traumatic. Stress dalam hal ini adalah adanya rasa tegang dan selalu dalam keadaan berjaga-jaga, walau setelah menaruh HP.

Keadaan seperti ini memaksa pikiran dan tubuhmu tetap waspada terhadap adanya pesan, notifikasi atau panggilan telepon masuk. Bila kondisi ini terus berlanjut, maka tubuh akan otomatis tercegah dari keadaan rileks total. Akibatnya, kamu akan terus terjaga dan sulit merasa rileks untuk bisa beristirahat.

  1. Mata Kering

Bahaya bermain HP sambil tidur berikutnya juga berkaitan dengan mata. Salah satu masalah yang dapat timbul ketika terus menerus menggunakan HP sambil berbaring adalah mata yang kering karena digunakan terus-menerus. Agar efek samping main HP  tidak terjadi padamu, mulailah untuk mengubah kebiasaan dan mulai mengurangi penggunaannya secara perlahan.