Gaya Hidup Sehat

Manfaat Konnyaku Bagi Kesehatan

Manfaat nasi konnyaku sudah mulai dikenal luas, terutama untuk yang ingin menurunkan berat badan. Makanan yang berasal dari Jepang ini memang sudah dikenal akan nutrisi baiknya untuk tubuh. Tidak sedikit pula masyarakat Indonesia yang menjadikan nasi konnyaku sebagai alternatif pengganti nasi biasa. 

Namun apakah konnyaku benar-benar aman dikonsumsi? Benarkah jika makanan ini digunakan sebagai pengganti nasi dan bisa membantu kamu menjaga berat badan? 

Mengutip dari Healthline, makanan ini diakui memiliki kadar air yang sangat tinggi. Selain itu, konnyaku mengandung karbohidrat yang relatif rendah dan bebas kalori. Inilah alasan mengapa nasi konnyaku sering digunakan menjadi menu diet pengganti nasi. 

Manfaat nasi konnyaku sudah mulai dikenal luas, terutama untuk yang ingin menurunkan berat badan. Makanan yang berasal dari Jepang tersebut memang kaya akan nutrisi. Tak sedikit yang menjadikannya sebagai pengganti nasi. 

Konnyaku sendiri merupakan sebuah umbi-umbian yang umum dijumpai di Jepang dan negara-negara sub tropis. Bisa diolah menjadi mi yang umum disebut shirataki, ada pula yang mengolahnya menjadi beras.

Hingga kini, belum ada penelitian ilmiah yang menyimpulkan bahwa konnyaku dapat membawa dampak buruk bagi tubuh. Hanya saja, seperti makanan pada umumnya, konnyaku bisa membuatmu mengalami masalah pencernaan jika dikonsumsi berlebihan. 

Konsumsi dalam batas normal tidak akan menimbulkan gejala gangguan kesehatan. Justru kandungan konnyaku mampu membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan nutrisi. Beberapa manfaat nasi konnyaku di antaranya sebagai berikut:

1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian di Taiwan memaparkan bahwa serat dari konnyaku cukup efektif dalam menurunkan kolesterol. Glukomannan mampu mengekspresikan kolesterol ke dalam feses, sehingga lebih sedikit yang terserap  kembali ke dalam darah. Riset lainnya dari manfaat konnyaku, menyebutkan bahwa konsumsi tiga gram beras konnyaku per harinya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat secara signifikan. 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Menurunnya kadar kolesterol jahat bisa mencegah terjadinya berbagai penyakit kardiovaskular. Kadar kolesterol tak terkontrol dapat menimbulkan plak di arteri, yang jika dibiarkan bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Akibatnya, sirkulasi menjadi tak lancar. Hal ini dapat memicu jantung untuk dipaksa bekerja lebih keras memompa darah. Jika terus terjadi dalam jangka panjang, jantung akan mengalami penurunan fungsi.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian pada 2013 membuktikan bahwa glukomannan bisa membantu menjaga kadar gula didalam darah. Serat pada konnyaku mampu mencegah dan mengatasi resistensi insulin yang menjadi faktor utama penyebab diabetes. 

Glukomanan bekerja dengan menunda pengosongan lambung, menyebabkan kadar gula darah dan insulin meningkat secara perlahan dan bertahap, berbarengan dengan penyerapan nutrisi lain ke dalam darah. 

4. Menjaga Kesehatan Usus

Glucomannan merupakan jenis serat yang cepat larut dan menyerap air untuk membentuk gel. Glucomannan memiliki kemampuan menyerap hingga 50 kali beratnya. Hal ini membuat konnyaku bergerak dengan lambat dan dapat membuatmu kenyang lebih lama. Selain itu, serat larut juga berfungsi sebagai prebiotik yang berfungsi untuk memelihara bakteri di usus. Di usus besar itulah, bakteri memfermentasi serat menjadi asam lemak rantai pendek, yang dapat melawan peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan memberikan manfaat kesehatan lainnya. 

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat konnyaku lainnya bisa menunda pengosongan perut, sehingga kamu akan tetap kenyang lebih lama dan akhirnya makan lebih sedikit. Selain itu, fermentasi serat menjadi asam lemak rantai pendek dapat merangsang pelepasan hormon usus yang meningkatkan perasaan kenyang. Bahkan, mengonsumsi glucomannan sebelum mengonsumsi banyak karbohidrat tampaknya mengurangi kadar hormon ghrelin, hormon yang digunakan oleh tubuh untuk mengirim sinyal ke otak untuk meningkatkan nafsu makan pada saat tubuh lapar. 

6. Mengatasi Sembelit

Bagi kamu yang mengalami konstipasi kronis atau masalah buang air besar, cobalah konsumsi konnyaku. Glucomanan yang terkandung didalamnya terbukti merupakan pengobatan yang efektif untuk sembelit pada anak-anak dan orang dewasa. Glucomanan sendiri berfungsi untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus. Dengan begitu, bakteri baik di usus akan lebih banyak yang membuat pergerakan usus menjadi lancar hingga ke pembuangan feses. 

Ternyata banyak sekali manfaat konnyaku yang berguna bagi kesehatan kita, kan? Mari ubah pola konsumsimu menjadi lebih sehat dengan bantuan FITCO.id. Gaya hidup sehat kini dapat diakses lebih mudah dalam satu platform!