Gaya Hidup Sehat

Mengenal Contoh Makanan Gizi Seimbang

Makanan bergizi seimbang

Makanan bergizi seimbang adalah susunan asupan makanan sehari-hari yang jenis dan jumlah zat gizinya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Memenuhi asupan makanan bergizi seimbang mempertimbangkan beberapa prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan menjaga berat badan normal guna mencegah timbulnya masalah gizi.

Makanan bergizi seimbang terdiri dari asupan yang cukup secara kuantitas, cukup secara kualitas, dan mengandung berbagai zat gizi yang diperlukan tubuh dalam menjaga kesehatan, proses pertumbuhan pada anak-anak, penyimpanan zat gizi, serta untuk melakukan aktivitas dan fungsi kehidupan sehari-hari.

Menjaga asupan pola makanan bergizi seimbang adalah bagian penting untuk mendukung sistem daya tahan tubuh. Untuk itu, selama masih memungkinkan untuk mengonsumsi makanan sehat, kamu disarankan untuk melakukannya. Tidak perlu bingung, berikut beberapa contoh makanan gizi seimbang yang dapat kamu ikuti dengan mudah:

1. Makan dengan komposisi lengkap

Makanan bergizi seimbang

Konsumsi makanan dengan lengkap untuk memenuhi asupan nutrisi. Dalam setiap sesi makan, usahakan separuh bagian piring makan berisi buah dan sayur-sayuran. Separuh piring lainnya berisi karbohidrat dan protein.

2. Lebih banyak porsi buah dan sayur

Makanan bergizi seimbang

Buah dan sayur tentunya memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh mulai dari memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat bagi tubuh. Usahakan untuk memilih buah dan sayuran segar ketimbang buah dan sayuran beku atau kalengan. Nutrisi dalam buah dan sayuran segar lebih tinggi ketimbang produk olahan (kaleng atau beku). Di luar jam makan utama, kamu juga bisa menjadikan buah dan sayur sebagai camilan sehat

3. Batasi asupan lemak, gula, dan garam

Makanan bergizi seimbang

Beberapa orang kerap kali menjadikan makanan sebagai pelampiasan saat sedang stress. Akibatnya, konsumsi lemak, gula, garam, dan kalori jadi tidak terkontrol.

4. Penuhi kebutuhan cairan

Makanan bergizi seimbang

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Usahakan untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi dengan minum air putih setidaknya 6-8 gelas per hari. Batasi pula konsumsi minuman yang banyak mengandung gula seperti soda, minuman dalam kemasan, dan minuman tinggi gula lainnya

5. Jaga kebersihan makanan

Makanan bergizi seimbang

Jaga asupan makanan selalu higienis. Termasuk dengan memisahkan makanan mentah dan matang, dan memasak makanan sampai matang sempurna. Saat proses memasak, pastikan untuk menggunakan air dan bahan baku yang aman dan bersih.

Untuk meraih makanan bergizi seimbang tersebut, ada 9 pedoman umum makanan bergizi seimbang yang dapat dengan mudah dilakukan, yaitu:

  • Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok. Kamu membutuhkan jenis pangan yang beragam untuk memperoleh zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, daging, ikan, dan lainnya
  • Batasi konsumsi asupan manis, asin, dan berlemak. Berbagai asupan tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh sebab itu, anjuran batas konsumsi gula, yaitu 4 sdm (50 gram), garam 1 sdt (5 gram), dan lemak 5 sdm (67 gram)
  • Banyak makan sayur dan buah-buahan. Kamu dianjurkan mengonsumsi 2 porsi sayur, dan 2-3 porsi buah setiap hari.
  • Biasakan mengonsumsi lauk-pauk yang berprotein tinggi. Meski dianjurkan mengonsumsi lauk-pauk yang berprotein tinggi, kamu juga harus memilih yang termasuk dalam kategori rendah lemak
  • Biasakan sarapan pagi. Sarapan di pagi hari dapat menunjang kinerja dan aktivitas yang dilakukan seharian. Sementara, melewatkan sarapan hanya mendorongmu untuk makan secara berlebihan di siang hari
  • Biasakan minum air putih yang cukup dan aman. Umumnya, kita dianjurkan untuk minum air 8-10 gelas sehari. Hal ini dapat membantu fungsi ginjal dan mengganti cairan tubuh yang hilang
  • Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Mencuci tangan secara teratur, terutama sebelum makan, menjadi salah satu upaya dalam mencegah masuknya mikroorganisme ke dalam tubuh yang bisa menyebabkan penyakit
  • Biasakan membaca label pada kemasan makanan. Penting bagi kamu untuk mengetahui komposisi, zat gizi, label, sertifikasi, dan kadaluarsa suatu produk yang akan kamu konsumsi
  • Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan ideal. Lakukanlah aktivitas fisik ringan selama 5-10 menit dan aktivitas sedang selama 30 menit setiap harinya. Ini akan membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat. Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu

Berbagai pedoman makanan bergizi seimbang tersebut sangat mudah dilakukan, namun dibutuhkan komitmen yang kuat dari tiap-tiap individu untuk dapat menjalankannya dengan baik. Demi menjaga imunitas tubuh khususnya di saat seperti ini, hal ini sangat penting untuk dilakukan agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Ayo terapkan pola makanan bergizi seimbang terbaikmu dari FITCO, solusi belanja segala kebutuhan kesehatan dan gaya hidup aktif untuk kamu!