Gaya Hidup Sehat

Penuh Gizi dan Nutrisi, Inilah 5 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil Lainnya

Bukan rahasia lagi kalau ibu hamil perlu mengonsumsi makanan sehat yang penuh gizi dan nutrisi. Ini semua  demi memelihara kesehatan sang ibu maupun si Kecil yang masih berada di dalam kandungan. Ada baiknya makanan yang dikonsumsi ibu hamil bervariasi karena ibu hamil  butuh beragam nutrisi dan gizi dan berbagai makanan sehat. Salah satu makanan sehat yang bisa dijadikan variasi adalah makanan (dan minuman) berbahan dasar kacang hijau.

Kandungan kacang hijau berupa folat, zat besi, lemak, mineral, dan tiamin dapat membantu tumbuh kembang si Kecil dalam kandungan. Maka tidak heran kacang hijau kerap direkomendasikan kepada para ibu hamil. Berikut adalah kandungan kacang hijau yang berguna bagi kesehatan ibu hamil dan janin, dalam takaran satu cangkir dan telah dimasak matang:

  • 212 kalori
  • 14 gram protein
  • 15 gram serat
  • 1 gram lemak
  • 4 gram gula
  • 321 mikrogram folat (100%)
  • 97 milligram magnesium (36%)
  • 0,33 milligram vitamin b1 tiamin (36%)
  • 0,6 milligram mangan (33%)
  • 7 miligram seng (24%)
  • 0,8 milligram vitamin B5 asam pantotenat (8%)
  • 0,13 milligram vitamin B6 (11%)
  • 55 miligram kalsium (5%)

Dengan kandungan nutrisi seperti di atas, tidak heran kalau ada berbagai manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang bisa dinikmati. Apa saja? Baca terus untuk mengetahuinya, yuk!

  1. Menjaga kesehatan jantung

Yes! Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang pertama berkaitan dengan kesehatan jantung.

Kadar lemak yang cukup rendah dan kandungan lemak tak jenuh pada kacang hijau sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Jika jantung mampu memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh, tentu saja asupan gizi ibu hamil dapat terdistribusi dengan baik–dan janin pun juga mendapatkan gizi tersebut.

  1. Membantu mencegah anemia

Apakah kamu kerap mengalami anemia selama masa kehamilan? Perlu kamu tahu, anemia dalam kehamilan sangat berbahaya dan berisiko menyebabkan keguguran atau pendarahan saat persalinan.

Penyebab anemia pada masa kehamilan biasanya disebabkan kekurangan asam folat dan vitamin B12. Untungnya, kedua hal tersebut ada pada kandungan kacang hijau. Jadi, tidak ada salahnya untuk mulai rutin mengonsumsi kacang hijau, ya.

  1. Meningkatkan energi

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya berhubungan erat dengan kandungan karbohidrat kompleks yang dimiliki kacang hijau.

Kandungan karbohidrat tersebut mampu memberikan energi yang cukup stabil selama proses kehamilan. Alhasil, ibu hamil jadi memiliki tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa cepat lelah.

  1. Membantu memperlancar sistem metabolisme tubuh

Masih ingat, kan, salah satu kandungan kacang hijau adalah serat?

Ibu hamil kerap kali mengalami kesulitan buang air besar. Dengan rutin mengonsumi kacang hijau, diharapkan dapat mengatasi kesulitan tersebut, sehingga proses penyerapan nutrisi bagi ibu hamil dan janin tidak terganggu.

  1. Menjaga kesehatan saraf

Ibu hamil dan juga menyusui perlu memenuhi kebutuhan tiamin minimal 1,4 mg per hari. Rutin mengonsumsi kacang hijau bisa membantu ibu hamil dan menyusui memenuhi kebutuhan harian tiamin tentunya.

Tiamin sendiri merupakan vitamin B1 yang mampu mengubah karbohidrat menjadi energi. Dan, lagi-lagi, energi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar dapat beraktivitas dengan lancar.

Jadi, agar dapat menikmati manfaat kacang hijau untuk ibu hamil, yuk, mulai rutin mengonsumsi kacang hijau!

Kamu bisa membuat bubur kacang hijau atau cukup rebus kacang hijau untuk diminum air hasil rebusannya dan dapatkan manfaat dari kandungan kacang hijau yang baik untuk tubuh.

Buat para ibu hamil, semoga sehat selalu, ya!