Gaya Hidup Sehat

Perlu Tahu! Manfaat Jus Sayur Untuk Tubuh yang Lebih Sehat

Meskipun terbukti memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh, ternyata tidak semua orang menikmati saat-saat mengonsumsi sayur, lho. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Biar bisa tetap menikmati manfaat baik sayur, coba ubah cara mengolahnya dengan menjadikannya jus sayur saja. Yup, sama seperti buah-buahan, sayur-sayuran juga bisa dijadikan jus, kok. Meski jumlah seratnya masih lebih rendah dibandingkan sayuran utuh, namun tenang saja, manfaat jus sayur tetap berguna bagi tubuhmu, kok.

Kalau dirasa-rasa belum sanggup mengonsumsi jus sayur yang 100% hanya menggunakan sayuran, kamu dapat mencampurnya dengan buah-buahan segar agar jus sayur terasa lebih nikmat dan kandungan vitamin serta mineralnya pun jadi lebih banyak.

Oh ya, kamu juga bisa memasukkan jus sayur ke dalam menu dietmu, tapi jangan dijadikan menu utama atau pengganti 100% sayuran segar. Cukup jadikan jus sayur sebagai pelengkap menu dietmu.

Apa saja manfaat jus sayur? Berikut beberapa manfaat jus sayur yang perlu kamu tahu:

  • Mengandung molekul antioksidan yang berlimpah yang berfungsi menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel.
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh berkat kandungan vitamin dan mineralnya.
  • Membantu menghilangkan racun dalam tubuh.
  • Menurunkan berat badan.
  • Memelihara kesehatan jantung dan menjaga kadar kolesterol.

Nah, supaya kamu dapat menikmati manfaat jus sayur yang telah disebutkan di atas, yuk, coba buat jus sayur dengan menggunakan sayuran berikut:

  1. Kale

Dikenal sebagai salah satu superfood, kale memiliki kandungan beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serta molekul antioksidan dan beta-karoten. Mengonsumsi jus kale dipercaya dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

  1. Seledri

Yup, sayuran yang biasanya hanya menjadi hiasan cantik bisa kamu jadikan jus berkat nutrisinya yang menakjubkan.

Seledri kaya akan vitamin A, vitamin K, vitamin C, molekul antioksidan, kaempferol, asam kafeat, dan asam ferulat. Selain itu, seledri juga kaya akan magnesium dan zat besi.

Berkat kandungan nutrisinya yang begitu kaya, jus seledri dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan.

Kamu bisa mengonsumsi jus seledri tanpa campuran apa pun atau campurkan dengan kale atau tomat.

  1. Tomat

Beberapa manfaat jus sayur tomat yang bisa kamu dapatkan: mengurangi risiko kanker prostat, risiko terkena stroke dan serangan jantung, mengendalikan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, hingga mengurangi peradangan akibat aktivitas fisik.

Ini semua berkat kandungan vitamin A, vitamin C, likopen, magnesium, kalium dan molekul antioksidan yang dimiliki oleh tomat.

Agar rasanya lebih nikmat, kamu bisa mencampurkan jus tomat dengan seledri, timun, wortel, parsley, buah bit, jeruk, atau parsley.

  1. Timun

Kamu panas dalam atau merasa dehidrasi? Coba minum jus timun yang terkenal dengan kesegarannya!

Sayur rendah kalori yang kaya vitamin K, vitamin C serta mineral seperti mangan dan kalium ini dapat membantumu mengembalikan hidrasi tubuh, berkat kandungan airnya yang banyak.

Dengan seimbangnya cairan tubuh, maka sistem pencernaan, fungsi ginjal, berat badan, dan performa fisikmu pun senantiasa terjaga.

  1. Wortel

Tidak hanya dijadikan bahan makanan seperti sup dan sayur tumis, wortel juga bisa kamu jadikan jus, lho.

Dengan mengonsumsi jus wortel, kamu sekaligus dapat asupan vitamin A dan berbagai zat mineral yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, ada senyawa karotenoid (beta-karoten, likopen, alfa-karoten, dan lutein) yang merupakan pigmen yang memiliki efek antioksidan untuk melawan kerusakan sel.

Nikmati jus wortelmu dengan tidak mencampurnya atau campur dengan jeruk dan apel agar rasanya tidak terlalu getir dan cenderung manis.

Jadi, sudah nggak ragu lagi untuk menikmati jus sayur agar bisa menikmati manfaat jus sayur yang sangat baik untuk tubuh, kan?