Gaya Hidup Sehat

Praktis! 4 Cara Membersihkan Laptop Biar Tetap Kinclong

Di masa PSBB yang mengharuskan sebagian dari kita bekerja di rumah dan sebagian lagi bekerja di kantor, laptop menjadi salah satu gadget yang dibutuhkan demi kelancaran pekerjaan.

Tapi, apakah kamu tahu kalau laptop yang jarang dibersihkan merupakan sarang kuman dan kotoran? Apalagi sering kontak langsung dengan jari-jarimu dan/atau saking sibuknya, kamu bisa-bisa makan di depan laptop dan remahan makanan masuk ke sela-sela keyboard.

Bukan tidak mungkin kamu terjangkit virus atau bakteri hanya karena jarang membersihkan laptop. Di tengah-tengah pandemi COVID-19, pastikan barang apa pun yang sering kamu sentuh dibersihkan agar terhindar dari berbagai penyakit yang memungkinkanmu rentan terkena virus tersebut.

Selain membersihkan keyboard, kamu juga perlu membersihkan layar laptop yang tentu saja sering kamu sentuh ketika ada kotoran menempel. Meskipun membersihkan layar laptop jauh lebih tricky dari membersihkan keyboard, kamu harus tetap bisa dan tau cara membersihkannya.

Maka dari itu, cek 5 cara membersihkan laptop supaya laptopmu senantiasa bersih dan kamu terhindar dari virus atau bakteri, yuk! Baca terus sampai habis, ya.

  1. Pastikan laptop dalam keadaan mati

Selain mematikan laptop, kamu juga perlu mencabut adaptor beserta baterainya agar terhindar dari korsleting, dan proses membersihkan laptop jadi lebih aman dan mudah.

Selain itu, kondisi laptop yang sudah dimatikan juga akan membuatmu lebih mudah membersihkan layar laptop dan juga keyboard.

  1. Siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan

Peralatan utama yaitu kain lembut seperti microfiber dan sediakan bahan utama cairan pembersih khusus gadget. Lalu siapkan juga cotton bud dan isopropyl alcohol min. 90%. Ingat! Jangan pernah menggunakan kain berbahan kasar, kaus, tissue, atau jenis lap lainnya kecuali yang disebutkan di awal, ya, karena dapat menggores layar laptopmu dan nantinya membuat rusak.

Jangan pula menyemprotkan cairan pembersih langsung ke laptop, tapi semprot terlebih dahulu ke kain lembut.

  1. Mulai bersihkan bagian luar laptop, lalu keyboard dan terakhir layar laptop

Langkah pertama dari cara membersihkan laptop ialah membersihkan bagian luar laptop. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Sekali lagi, pastikan laptop sudah dalam keadaan mati dan tutup layarnya.
  • Semprotkan cairan pembersih gadget ke kain, lalu usapkan ke seluruh permukaan laptop.
  • Setelah melakukan proses no. 2, lakukan sekali lagi untuk memastikan seluruh kotoran sudah terangkat.
  • Gunakan cotton bud, beri sedikit alkohol ke bagian ujungnya lalu bersihkan setiap portyang ada di laptopmu.

Selanjutnya, bersihkan keyboard laptopmu dengan cara-cara berikut:

  • Hadapkan laptopmu ke bawah lalu goyangkan perlahan agar semua kotoran jatuh.
  • Semprotkan cairan pembersih gadget ke kain kemudian usapkan ke atas keyboard.
  • Basahi ujung cotton buddengan alkohol dan tunggu sebentar agar tidak terlalu basah, kemudian usapkan di sela-sela keyboard untuk membersihkannya dari remahan makanan atau kotoran yang tersangkut.
  • Bersihkan juga trackpadlaptopmu, ya.

Terakhir, ikuti langkah-langkah berikut untuk membersihkan layar laptopmu:

  • Semprot cairan pembersih gadget ke kain sampai terasa lembab (bukan basah).
  • Usap secara merata ke layar laptop.
  • Jangan lupakan sela-sela layar agar dibersihkan juga, ya.
  1. Biarkan laptop kering secara alami

Cara membersihkan laptop yang terakhir adalah membiarkannya kering secara alami setelah melakukan poin nomor 3. Jangan gunakan hairdryer atau pembantu pengering lainnya karena dapat menyebabkan kerusakan komponen internal akibat suhu panas. Bersabar sedikit sampai kering total baru gunakan laptopmu lagi, ya.

Cara membersihkan laptop di atas tidak terlalu sulit, kan? Jadi, pastikan kamu sering melakukannya untuk menjaga kebersihan laptop, sekaligus sebagai salah satu usaha menjaga kesehatan tubuh.