Gaya Hidup Sehat

Rekomendasi Memilih Kuliner Sehat untuk Kamu yang Susah Gemuk

Bisa makan sebanyak-banyaknya tanpa khawatir takut gemuk merupakan mimpi dari banyak orang. Namun hal ini berbeda bagi mereka yang memiliki masalah body ectomorph, yaitu mereka yang justru susah gemuk. Mereka adalah kalangan yang terlihat bebas makan sebanyak apapun, ngemil sesering mungkin, namun tidak menambah berat badan sama sekali. 

Jangan salah, orang-orang yang mengidap body ectomorph juga sebaiknya perlu memperhatikan apa yang menjadi penyebabnya. Beberapa faktor diantaranya, seperti:

Metabolisme Tinggi

Orang yang susah gemuk karena memiliki tipe tubuh ectomorph ini tidak bisa menyimpan lemak sehingga sulit untuk menjadi gemuk. Hal ini dikarenakan mereka memiliki kemampuan metabolisme yang tinggi di dalam tubuhnya, khususnya dalam pembakaran lemak. Sebenarnya, metabolisme yang tinggi memberikan banyak manfaat. Seperti membantu menyingkirkan racun tubuh dan limbah cepat dan secara alami dan membakar lemak lebih cepat bersama dengan pengeluaran kalori meningkat. Kedua, metabolisme sel dapat membantu pertumbuhan tubuh dengan menghasilkan sel-sel baru. 

Stress

Jika seseorang yang stress, maka kemungkinan orang makan juga akan berkurang. Stress dapat memicu pola hidup yang kurang sehat, termasuk pola makan. Kondisi ini bisa saja menjadi penyebab kamu kesulitan meningkatkan berat badan. 

Makanan Kurang Gizi

Penuhi makanan kamu dengan kuliner sehat yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup, protein tinggi, dan serat. Seperti daging dada ayam, putih telur, dan ikan salmon. Sebab semua makanan yang tidak mengandung gizi berarti hanya akan menjadi asupan yang sekedar memenuhi kandungan tubuhmu saja. 

Kebanyakan Begadang

Tubuh akan mengalami perkembangan optimal saat manusia sedang tidur. Ketika itulah tubuh kita ini akan melepaskan hormon pertumbuhan alami yang memiliki kegunaan memperbaiki jaringan otot kita. Karena itu, kebanyakan begadang hanya akan menghambat pertumbuhan tubuh dan membuat susah gemuk

Terlalu Banyak Beraktivitas

Aktivitas fisik yang berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab berat badan susah naik. Energi yang dipakai tiap hari adalah hasil dari pembakaran kalori yang bersumber dari makanan yang kita makan. Jika kamu punya aktivitas segudang dan ditambah sering melakukan olahraga yang juga menguras tenaga berlebihan, maka kalori yang dimiliki tubuhmu juga akan terkuras. 

Genetik atau Keturunan

Faktor keturunan atau genetik dapat membuat seseorang memiliki metabolisme cepat. Orang yang memiliki tipe badan Ectomorph, disebabkan oleh gen yang berasal dari orangtuanya. Penyebab badan kurus karena keturunan ini tidak bisa diatasi dengan cara apa pun. 

Namun tidak perlu berkecil hati, karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan bagi kamu yang susah gemuk. Dengan memperhatikan asupan dengan lebih terjaga, niscaya berat badan kamu juga bisa ikut bertambah. 

Makan Teratur dan Mencukupi

Makanlah secara teratur tiga kali sehari dengan porsi besar dan diselingi dengan porsi kecil. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan kalori tubuh kamu, walaupun idealnya jumlah kalori yang dibutuhkan harus dihitung terlebih dahulu, namun akan sulit tanpa bantuan dari ahli gizi. 

Oleh karena itu, sebagai patokan yang lebih sederhana, kamu bisa mulai mencermati jumlah porsi makan kamu sebelumnya, lalu tingkatkan jumlahnya dan perbaiki jenisnya. Makan setelah melakukan olahraga juga dapat meningkatkan metabolisme sehingga kalori yang diserap oleh tubuh bekerja lebih efektif. 

Makan Sumber Lemak yang Sehat

Lemak yang terkandung dalam kuliner sehat bisa didapatkan dari makanan seperti kacang-kacangan, produk susu (bahkan tersedia susu penambah berat badan), daging, buah alpukat, dan minyak zaitun. Jauhi lemak jenuh (lemak jahat) yang diperoleh dari makanan olahan seperti junk food, karena walaupun dapat menambah berat badan namun dominan dengan jaringan lemak dan menambah risiko kolesterol tinggi dalam darah. 

Sumber Makanan Tinggi Protein

Protein sangat diperlukan untuk menambah berat badan. Selain membangun otot, protein juga penting untuk menunjang fungsi tubuh dan membangun sel-sel tubuh lainnya seperti komponen darah, tulang, kulit, dan rambut. Contoh makanan kaya protein yaitu daging, keju, susu, ikan, dan telur. Untuk vegetarian, protein dapat ditemukan dalam produk kedelai seperti tahu serta kombinasi makanan, seperti beras atau jagung dengan kacang.

Makanan Tinggi Karbohidrat

Karbohidrat berperan dalam penambahan berat badan dengan membangun otot dan memfasilitasi semua fungsi vital tubuh. Karbohidrat adalah sumber energi utama yang diperlukan tubuh. Karbohidrat yang kita makan akan berubah menjadi glukosa atau gula dalam darah. Sisa glukosa akan disimpan di hati serta jaringan lemak dan otot. 

Beras merah, pasta, kentang dan biji-bijian masuk dalam kategori sumber karbohidrat yang baik. Karena gula akan dilepaskan perlahan-lahan ke dalam aliran darah dan memberikan pasokan energi selama jangka waktu yang panjang tanpa menyebabkan lonjakan insulin yang menyebabkan penyimpanan lemak berlebih. 

Tetap Terhidrasi

Minumlah banyak air, susu, jus segar, dan minuman energi untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Minumlah setidaknya 8-10 gelas air setiap harinya. Namun ingat, jangan minum air sebelum makan karena dapat menurunkan asupan kalori. 

Kebanyakan orang merasa terlalu gemuk sehingga ingin menurunkan berat badan. Tetapi, sebagian orang lain merasa sangat sulit menaikkan berat badan agar mencapai tubuh yang ideal. 

Demikian tipsnya, silakan dicoba. Namun ingat, meski kamu ingin berat badanmu cepat naik, kamu juga harus tetap mengimbangi dengan olahraga teratur agar tubuhmu ideal sesuai harapan! 

Kamu juga bisa percayakan kuliner sehat yang dipersiapkan langsung oleh ahli nutrisi berpengalaman, seperti FITCO Eats. Semua makanan di FITCO Eats menggunakan bahan-bahan berkualitas terbaik, diproses dengan tim berpengalaman, dan dipastikan kandungan gizinya oleh ahli nutrisi bersertifikasi.