Gaya Hidup Sehat

Rekomendasi Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Bulan Puasa

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tidak seharusnya menjadi alasan untuk berhenti berolahraga demi mendapatkan nikmat sehat. Melakukan olahraga saat puasa memang menantang, namun melansir dari Healthline, Chelsea Amengual, ahli Pemrograman Kebugaran & Nutrisi mengatakan ketika puasa, kadar glikogen atau karbohidrat yang disimpan kemungkinan besar akan habis, sehingga berpotensi membakar lebih banyak lemak daripada biasanya. Namun, intensitas olahraga saat puasa juga harus disesuaikan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. 

Berikut beberapa rekomendasi olahraga ringan yang dapat dilakukan saat puasa:

  • Jogging

Rekomendasi olahraga saat puasa yang pertama adalah jogging. Melakukan jogging bisa membuat kesehatan tubuh tetap terjaga terutama kesehatan jantung dan bagian otot serta tulang tanpa harus mengeluarkan keringat terlalu banyak. Untuk semakin meminimalisir kondisi lemas setelah melakukan jalan santai, lakukan olahraga ini di sore hari saat menjelang waktu berbuka.

  • Bersepeda 

Bersepeda menjadi rekomendasi olahraga berikutnya yang dapat dilakukan saat berpuasa. Olahraga yang sedang diminati banyak orang ini memiliki beberapa manfaat seperti mengencangkan otot dan menyehatkan jantung. Bersepeda saat puasa juga menjaga tubuh agar tidak lemas karena bersepeda justru mampu membuat pikiran lebih tenang dan memperlancar aliran oksigen yang masuk ke dalam tubuh.

  • Bowling

Rekomendasi olahraga saat puasa berikutnya adalah bowling yang termasuk dalam jenis olahraga ringan dan tidak membutuhkan banyak energi. Dengan bermain bowling, olahraga yang dilakukan akan terasa mengasyikkan karena seperti layaknya bermain. Cocok untuk dilakukan sebagai aktivitas ngabuburit yang cukup produktif. Lebih dari itu, bermain bowling sebagai opsi olahraga saat puasa bermanfaat untuk menguatkan otot tangan dan melatih keseimbangan badan.

  • Angkat Beban

Latihan angkat beban tidak selalu menguras banyak energi. Sebagai salah satu jenis olahraga saat puasa yang direkomendasikan, intensitas olahraga ini dapat disesuaikan. Caranya, dengan memilih beban yang tidak terlalu berat. Lakukan gerakan secara halus dan perlahan-lahan untuk meminimalisir kram pada otot saat mengangkat beban. 

  • Yoga

Mengutip informasi dari Live Strong, yoga termasuk olahraga yang tidak menguras energi terlalu banyak. Tentu saja, yoga menjadi salah satu pilihan olahraga yang pas dilakukan saat berpuasa. Berlatih yoga saat berpuasa mampu menjaga tubuh tetap segar, bugar, dan lebih rileks. Melakukan yoga pada dasarnya mengatur teknik pernapasan yang otomatis menambah suplai oksigen ke seluruh bagian tubuh dan menyeimbangkan produksi hormon. Tidak hanya itu, yoga juga membantu membakar kalori dan mampu memperbaiki postur tubuh.

Idealnya, berpuasa merupakan cara detoksifikasi secara natural. Maksimalkan pembersihan kondisi tubuh melalui berolahraga, tentunya dengan jenis olahraga saat puasa yang direkomendasikan.

Pilih jenis olahragamu mulai dari gym ataupun kelas yang tersedia di aplikasi FITCO Indonesia. Lewat aplikasi, kamu bisa tentukan sendiri jenis olahraga dan intensitasnya, sehingga tidak menganggu staminamu meski sedang berpuasa.