Gaya Hidup Sehat

Sederet Manfaat Makan Jagung untuk Ibu Hamil

Mulai dari jajanan pinggir jalan hingga camilan renyah saat menonton film, jagung adalah salah satu makanan paling populer di Indonesia. Bahkan ada pula beberapa kalangan masyarakat yang menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Hal ini dikarenakan jagung yang dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat tinggi. 

Namun dibalik itu, ternyata banyak sekali manfaat baik yang disimpan oleh jagung khususnya bagi ibu hamil. Apa saja kira-kira manfaat makan jagung untuk ibu hamil? Mari kita pelajari bersama. 

1. Menjaga Kesehatan Plasenta

manfaat makan jagung

Memelihara kesehatan plasenta saat kehamilan terbilang tidak begitu mudah. Untuk itu, manfaat makan jagung secara rutin bagi ibu hamil sangat berpengaruh berkat kandungan kalium yang terbukti dapat membantu menjaga cairan dalam tubuh sehingga sel plasenta dapat terjaga keamanannya. 

Manfaat makan jagung untuk ibu hamil juga didapatkan dari beta karoten yang membantu memproduksi vitamin A dalam tubuh. Seperti yang sudah diketahui, vitamin A sendiri sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan sistem imun tubuh, pertumbuhan, dan perkembangan bayi.

2. Mencegah Sembelit

manfaat makan jagung

Sembelit adalah keluhan yang umum dialami oleh banyak ibu hamil, khususnya di periode awal kehamilan. Hal ini terjadi karena produksi hormon progesteron mempengaruhi usus sehingga pencernaan ibu hamil menjadi lambat. Tidak perlu khawatir, karena salah satu manfaat jagung rebus untuk ibu hamil terbukti dapat mencegah munculnya sembelit. Alternatif lain, jagung juga dapat dibakar ataupun dijadikan pelengkap dalam sayur atau menu makanan. Hal ini disebabkan adanya sumber serat yang cukup tinggi dalam jagung, sehingga dapat mendorong kinerja usus ibu hamil lebih baik. 

3. Mengurangi Risiko Cacat Lahir

manfaat makan jagung

Tahukah kamu bahwa jagung juga memiliki peran penting untuk mengurangi resiko cacat lahir? Salah satu kandungan nutrisi dalam jagung, yaitu asam folat dikenal dapat mencegah cacat lahir berkat kandungan zeaxanthin dan asam patogennya. Zat zeaxanthin pun dikenal mempunyai peran yang besar dalam pembentukan massa otot, sehingga jagung sangat baik untuk janin. Masalah cacat otot yang biasanya dialami oleh bayi pun disebabkan oleh zat zeaxanthin selama dalam kandungan. Untuk itu, jagung merupakan makanan yang benar-benar direkomendasikan untuk konsumsi ibu hamil 

4. Memacu Fungsi Otak Janin 

manfaat makan jagung

Jagung dikenal sebagai salah satu sumber stamina yang cukup tinggi. Bagi ibu hamil, stamina dibutuhkan oleh janin guna membentuk perkembangan sel-sel otak, serta mendukung fungsi kognitif terhadap bayi. Perkembangan otak janin telah dimulai sejak dalam kandungan. Sehingga cara menjaga kehamilan dengan asupan stamina yang cukup, akan membantu kecerdasan yang sangat baik bagi bayi. 

Lebih dari itu, manfaat makan jagung bahkan berpengaruh bagi kesehatan mata janin. Sebab, jagung mengandung banyak antioksidan, seperti lutein, yang mampu menjaga perkembangan mata janin. 

5. Menurunkan Kolesterol

manfaat makan jagung

Kadar kolesterol dalam tubuh ibu hamil bisa meningkat untuk memenuhi nutrisi janin. Bahkan, hal ini mungkin dialami oleh ibu hamil yang tidak memiliki kolesterol tinggi sekalipun. Sayangnya, untuk para ibu hamil yang memang punya riwayat kolesterol tinggi, jumlah kolesterol mereka bisa melambung saat hamil. Untungnya, manfaat makan jagung bagi ibu hamil disebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) demi menjaga kesehatan ibu dan janin. 

6. Membantu Proses Kesempurnaan Organ Janin

manfaat makan jagung

Kandungan nutrisi yang sangat penting yang juga terkandung dalam jagung, yaitu asam pantotenat. Zat ini berperan mengembangkan fungsi penting dari organ seperti ginjal, paru-paru, jantung, dan otak. Apabila selama kehamilan janin kekurangan asupan, biasanya akan ditemukan sejumlah kelainan yang berkaitan dengan fungsi organ tubuh. 

Demikian sederet manfaat makan jagung untuk ibu hamil. Cara pengolahannya pun mudah, seperti dibakar, direbus, atau dijadikan dalam sayur untuk menu masakan. Kamu juga tidak perlu repot mencari jagung dengan kualitas terbaik, yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di FITCO. Pesan sekarang, dan besok akan diantar!