Gaya Hidup Sehat, Headline

Suka Pedas? Berikut 5 Cara Menyimpan Cabe di Kulkas Agar Tahan Lama!

Cara menyimpan cabe

Cabe, atau cabai, merupakan salah satu bumbu masakan yang paling digemari di Indonesia. Ada begitu banyak masakan khas negara kita yang menggunakan cabe sebagai bumbu atau sambal. Bagi para penggemar makanan pedas, rasanya belum lengkap jika makan tapi tanpa sambal.

Tidak hanya pedas, cabe yang berkualitas pun mengandung vitamin A, vitamin C, Lasparaginase, dan Capsaicin yang bermanfaat bagi tubuh. Tanaman ini dapat menjaga tubuh dari radikal bebas, memperkuat tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga menyehatkan mata. Fakta-fakta inilah yang menjadikan cabe memiliki nilai ekonomi yang tinggi sehingga banyak dibudidayakan oleh petani kita.

Maka dari itu, menyimpan persediaan cabe di rumah adalah langkah yang tepat. Terutama di masa pandemi ini, kita dapat menggunakan cabe untuk masak di rumah hampir setiap hari.

Sayangnya, cabe dikenal mudah busuk jika tidak disimpan dengan baik. Banyak orang kemudian menyimpan cabe di kulkas, tapi cara itu tidak serta merta menyelesaikan masalah. Ada metode tertentu yang harus dilakukan agar cabe dapat tahan lama. Tulisan kali ini akan membahas lima cara menyimpan cabe di kulkas yang benar supaya cabe kamu tetap segar.

  • Pilih dan pisahkan cabemu dengan baik

Cara menyimpan cabe

Setelah kamu membeli cabe dalam jumlah banyak, hal pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan cabe yang segar dan yang busuk. Karena jika keduanya tercampur, cabe yang segar dapat “tertular” sehingga menjadi lebih mudah busuk. Jadi, pastikan kamu hanya menyimpan cabe yang segar saja dalam satu wadah. Sedangkan untuk cabe yang busuk sebagian, kamu dapat memotong bagian tersebut dengan pisau.

  • Jangan mencuci cabe

Selanjutnya, cara menyimpan cabe di kulkas adalah dengan tidak segera mencuci cabe setelah dibeli. Hal ini dapat membuat cabe menjadi lembek dan cepat busuk. Jika kamu ingin membersihkan cabe sebelum disimpan, cukup dilap dengan tisu kering. Kamu hanya perlu mencuci bersih cabe sesaat ketika akan diolah atau dimasak.

  • Simpan di wadah tertutup

Siapkan wadah yang dapat ditutup rapat untuk menyimpan cabe. Alasi dengan tisu kering di bagian bawah maupun samping, lalu susun cabe di dalamnya agar tidak terlalu padat sehingga cabe tidak rusak. Cara ini bertujuan menjaga lingkungan cabe agar tidak terlalu lembap.

  • Manfaatkan bawang putih!

Ini adalah trik cara menyimpan cabe di kulkas yang mungkin belum semua orang ketahui. Bawang putih diketahui memiliki sifat anti bakteri. Maka dengan menaruh potongan bawang putih di atas tumpukan cabe dalam wadah yang sudah disusun, niscaya cabe akan lebih tahan lama dan rasanya tetap terjaga.

  • Letakkan di tempat yang tepat dan pastikan lingkungannya selalu terjaga.

Langkah terakhir yang harus diperhatikan dalam menyimpan cabe di kulkas adalah memastikan cabe-cabe tersebut berada di tempat yang tepat dan terjaga. Jangan simpan cabe di freezer, karena akan membuatnya berair dan justru cepat busuk. Selain itu, kamu juga perlu mengganti tisu alas dengan yang baru apabila sudah terlihat basah. Ini untuk menjaga kondisi cabe tetap segar.

Itu dia 5 cara menyimpan cabe di kulkas supaya tahan lama dan tetap segar. Dengan begitu, cabe bisa selalu kamu gunakan sebagai bahan pelezat makanan sehari-hari. Dari mulai sarapan, makan siang, hingga makan malam. Bagi para penggemar pedas, tentu ini adalah berita baik, bukan? Selamat mencoba!