Kecantikan

Ini Dia Cara Membuat Masker Bengkoang untuk Kulit Mulus Kamu!

Kulit yang cerah, bersih, dan sehat tentu menjadi impian bagi banyak orang. Beberapa kemudian melakukan perawatan di klinik kecantikan dengan biaya yang tidak sedikit.

Padahal, ada cara-cara yang lebih alami untuk mendapatkan kulit mulus, salah satunya dengan memanfaatkan bengkoang. Selain rasanya yang manis jika dimakan, tanaman ini sebenarnya sudah dikenal memiliki khasiat yang amat baik bagi wajah. Ada begitu banyak produk kecantikan yang berbahan dasar bengkoang. Berkat bantuan teknologi, tanaman tersebut diekstrak dan dijadikan serbuk untuk lulur, lotion, hingga masker bengkoang.

Kamu dapat membeli masker bengkoang di tempat-tempat belanja kesukaanmu. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata membuat masker bengkoang secara mandiri di rumah sangatlah mudah. Tulisan kali ini akan membahas cara membuat masker bengkoang, sekaligus apa saja manfaat masker bengkoang. Yuk simak selengkapnya di sini!

Manfaat Masker Bengkoang

Sebelum kita mengetahui cara membuat masker bengkoang, ada baiknya kita mengerti benar manfaat dari bengkoang.

Bagian paling mencolok dari bengkoang adalah dagingnya yang kaya akan kandungan antioksidan. Dalam 130 gram bengkoang, terdapat kandungan vitamin C yang bisa memenuhi setengah kebutuhan harian manusia akan antioksidan. Antioksidan sendiri berfungsi menangkal efek buruk radikal bebas pada kulit, seperti penuaan dini atau kulit keriput. Selain itu, bengkoang juga mengandung vitamin E, selenium, dan beta-karoten yang sama-sama baik untuk kulit.

Dengan kandungan-kandungan tersebut, ada begitu banyak manfaat masker bengkoang bagi kulit. Warna kulit akan terlihat lebih cerah karena kandungan vitamin B dan C. Masker bengkoang juga bisa menghilangkan flek hitam di wajah, menghilangkan sel mati serta menyerap pada kulit wajah sehingga pori-pori akan mengecil dan padat, mengurangi kantong mata, mencegah biang keringat, hingga menyembuhkan jerawat.

Cara Membuat Masker Bengkoang

Dari banyaknya manfaat masker bengkoang yang disebutkan di atas, tidak heran bukan jika bengkoang menjadi bahan dasar produk kecantikan? Nah, daripada kita harus mengeluarkan uang untuk membeli masker bengkoang yang sudah tercampur bahan kimia, akan lebih menyenangkan jika kita bisa membuatnya sendiri. Tentunya kamu juga harus memastikan terlebih dahulu bengkoang yang kamu pakai benar-benar alami tanpa campuran bahan kimia lain.

Cara membuat masker bengkoang adalah:

  1. Siapkan satu buah bengkoang, kupas lalu cuci hingga benar-benar bersih.
  2. Parut bengkoang hingga halus, kemudian saring dan peras sampai air dan ampas daging bengkoang terpisah.
  3. Pisahkan air hasil bengkoang dalam wadah hingga terlihat ada semacam lapisan berwarna putih yang mengendap. Lapisan itulah yang dinamakan pati.
  4. Buang lapisan air yang berada di atas pati, jemur pati hingga benar-benar kering, lalu simpan dalam tempat kering dan tertutup untuk menjadi bahan masker.

Itulah cara membuat masker bengkoang yang alami. Untuk kamu yang mencari hasil yang lebih optimal, pati yang didapat bisa dicampur dengan bahan-bahan lain. Berikut beberapa contoh bahan yang bisa ditambahkan:

  • Air mawar, dipercaya meningkatkan khasiat masker serta meningkatkan aroma harum dan segar.
  • Cokelat bubuk, mengandung polifenol yang juga dapat menangkal efek radikal bebas, serta vitamin A yang dapat melembabkan kulit.
  • Madu, cocok untuk segala jenis kulit dan memberi lebih banyak efek antioksidan yang mencegah penuaan kulit.

Selain tiga bahan di atas, kamu juga bisa mencoba bahan-bahan lain seperti jeruk nipis, putih telur, hingga beras. Bahan-bahan itu diyakini membuat masker bengkoang lebih segar dan menghilangkan bau tak sedap.

Itu dia manfaat masker bengkoang dan cara membuatnya. Mudah, bukan? Bisa banget kamu praktikkan di rumah sebagai cara alami agar kulit mulus. Selamat mencoba!