Kecantikan

Ini Dia Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Agar Kamu Tampil Selalu Menawan!

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

Wajah kamu mulai berkeriput? Duh, pasti ngebetein banget, tuh! Karena selain kamu jadi terlihat “tua”, kamu pun bisa jadi tidak percaya diri. Padahal, punya wajah yang terlihat bersinar, kencang, dan awet muda acapkali menjadi mimpi semua orang. Hmmm…

Sebenarnya, penyebab utama terjadinya pengerutan di wajah adalah karena seiring bertambahnya usia, jaringan kolagen pada kulit akan melemah dan berkurang. Ditambah lagi, kita semakin sering diterpa polusi udara maupun sinar ultraviolet sehari-harinya.

Eits, tenang dulu! Nyatanya, ada banyak, kok, cara menghilangkan kerutan di wajah! Cara-cara berikut ini juga terhitung praktis dan mudah dilakukan, serta tidak menimbulkan efek samping yang berlebihan. Faktanya, ada banyak minyak organik berkualitas Penasaran? Yuk, kita lihat apa saja!

  • Tidur dengan posisi terlentang

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

Langkah sederhana pertama yang bisa kamu lakukan sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah adalah dengan membiasakan tidur terlentang. Dengan begitu, wajah tidak terkena tekanan dari bantal maupun kasur selama tidur. Mudah, bukan?

  • Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan antioksidan

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

Seperti yang telah disebutkan di atas, penyebab utama terjadinya pengerutan wajah adalah berkurangnya kolagen. Oleh karena itu, cara menghilangkan kerutan di wajah berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat-zat yang bisa memperkuat dan mempertahankan kolagen.

Kamu bisa rajin mengonsumsi ikan karena mengandung omega 3, putih telur, hingga makanan dengan antioksidan seperti yoghurt, teh hijau, dan keluarga berry (strawberry, blueberry, dll). Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C alami, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, mulai dari cabai, jambu biji, jeruk, hingga kangkung.

  • Melakukan senam wajah

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

Cara menghilangkan kerutan di wajah yang satu ini juga sangat mudah. Senam wajah cukup selama 15 menit setiap harinya terbukti membuat kulit wajah lebih kencang sekaligus meningkatkan produksi jaringan kolagen. 

  • Rajin menggunakan sunscreen

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

Juga telah disebutkan di atas, pengerutan di wajah juga dipengaruhi dari terpaan sinar ultraviolet. Oleh karena itu, rajin-rajinlah menggunakan sunscreen/sunblock ketika keluar rumah atau akan terpapar matahari dalam waktu yang lama. Pastikan sunscreen yang kamu pilih aman digunakan, minimal dengan SPF 30 dan PA ++, serta dioleskan di wajah 20 menit sebelum bepergian.

  • Menggunakan aloe vera, lemon, dan madu

Ketiga zat di atas sangat baik untuk merawat kulit terutama wajah. Untuk lemon dan madu, kamu cukup mengoleskan satu lapis jus lemon yang dicampur dengan madu di wajah, lalu biarkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan bersih. Wajah akan terasa segar dan harum. Hal ini terjadi karena madu mengandung humektan yang menjaga kelembaban kulit, serta lemon yang terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen.

Sedangkan untuk aloe vera atau lidah buaya, gel ini memang sudah terkenal ampuh merawat kulit dan membersihkan muka. Lidah buaya sudah banyak digunakan pada produk kecantikan.

Itu dia kelima langkah mudah cara menghilangkan kerutan di wajah. Apabila kamu menggunakan minyak atau gel yang dijual di pasaran, pastikan bahan-bahannya aman dan cocok dengan kulitmu, yaa.. 

Tentunya masih banyak tips dan trik merawat kulit yang bisa kamu temukan. Jangan lupa, faktor lain yang membantu menghilangkan kerutan di wajah adalah rajin berolahraga serta menerapkan hidup sehat. Oleh karena itu, jangan takut untuk berkonsultasi pada para ahli apabila perlu, ya!