Kecantikan

Ramai Dikenal Sebagai Minyak Olesan, Apa Saja Khasiat Minyak Kutus Kutus?

Khasiat Minyak Kutus Kutus

Seperti yang kita tahu, tren menggunakan bahan-bahan alami untuk memperoleh kesehatan dan kecantikan sedang terus meningkat. Kita semakin percaya dengan segala sesuatu yang organik karena dianggap lebih bermanfaat dan tanpa efek samping.

Begitu pula yang terjadi dengan minyak kutus kutus. Menurut sang pembuat, Servasius Bambang Pranoto, minyak yang berasal dari Bali tersebut terbuat dari minyak kelapa asli, beserta campuran 48 tanaman berkhasiat lainnya, seperti daun neem, daun ashitaba, purwaceng, bunga lawang, temulawak, pule, dan kayu gaharu. Ia menemukan racikannya sendiri ketika sedang berusaha mengobati kelumpuhan akibat kecelakaan yang menimpanya, 2011 silam.

Minyak kutus kutus termasuk obat luar, sehingga penggunaannya relatif mudah, yakni:

  1. Cuci tangan lalu keringkan hingga bersih.
  2. Tuangkan minyak kutus kutus secukupnya pada bagian tubuh yang bermasalah, seperti punggung, tengkuk leher, daerah tulang ekor, hingga telapak atau jari kaki.
  3. Pijat secara perlahan daerah yang sudah diolesi minyak kutus kutus.
  4. Dianjurkan untuk digunakan ketika kamu sedang tidak beraktivitas, misalnya sebelum tidur.

Adapun Khasiat minyak kutus kutus yang populer di masyarakat diantaranya menanggulangi penyakit seperti gatal-gatal, alergi, gangguan perencanaan, dan radang, hingga dipercaya mengurangi lemak dan menambah stamina. Benar gak sih? Tulisan kali ini akan membahas lebih dalam mengenai khasiat minyak kutus kutus. Yuk disimak!

  • Mengobati sakit atau nyeri pada tubuh

Khasiat Minyak Kutus Kutus

Khasiat minyak kutus kutus pertama dan yang paling populer adalah kemampuannya untuk membantu penyembuhan pada berbagai macam penyakit.

Minyak kutus kutus dipercaya dapat meredakan nyeri di bagian kepala, punggung, atau otot-otot lain. Selain itu, sebagian besar bahan yang digunakan dalam minyak kutus kutus juga sudah menjadi obat tradisional sejak zaman dulu. Daun neem, misalnya, tanaman ini sudah digunakan untuk mengatasi mimisan, gangguan penglihatan dan pencernaan, dan peradangan, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ada pula daun ashitaba yang banyak digunakan untuk mengobati masalah pencernaan seperti GERD, atau temulawak sebagai penyembuh luka.

  • Memperlambat penuaan pada kulit

Minyak kutus kutus juga mengandung antioksidan, yang dihasilkan dari bahan-bahan seperti minyak kelapa, daun ashitaba, dan tanaman lawang. Zat tersebut berfungsi menangkal radikal bebas, membuat kulit lebih terlihat segar dan bebas dari risiko peradangan. Minyak herbal ini pun mampu memperbaiki lapisan pelindung (barrier) kulit yang mengalami kerusakan dengan cara melapisinya. Tampil selalu terlihat awet muda tentu menjadi impian kamu juga, bukan?

  • Menanggulangi stres serta gangguan kecemasan

Tidak hanya kandungan di dalamnya, khasiat minyak kutus kutus juga bisa didapat dari aromanya. Wangi yang dihasilkan oleh minyak kutus kutus ternyata menghasilkan efek relaksasi untuk merangsang sistem limbik di otak. Hal ini sangat berguna bagi mereka yang sering dilanda stres atau gangguan kecemasan (anxiety), maupun remaja dan orang dewasa yang memiliki masalah pada jam tidur.

  • Menjadi bahan baluran untuk memijat bayi

Khasiat Minyak Kutus Kutus

Banyak orang tua zaman sekarang yang mulai mengikuti tren ini: pijat bayi. Nah, menggunakan minyak kutus kutus sebagai bahan yang dioleskan ketika memijat bayi nyatanya dapat memudahkan penyerapan ASI bagi bayi, serta membuatnya tidur lebih nyenyak.

Dari empat khasiat minyak kutus kutus di atas, dapat disimpulkan bahwa minyak ini memang baik untuk tubuh. Tidak heran banyak orang yang kini menggunakan minyak kutus kutus, baik untuk kesehatan, maupun perawatan tubuh. Minyak ini aman untuk digunakan setiap hari agar kesehatan tubuh tetap terjaga secara menyeluruh. Gimana? Yuk cobain dan rasakan langsung khasiatnya!