Kecantikan

Mengenal Berbagai Manfaat Serum Wajah dan Cara Pemakaiannya

manfaat serum wajah

Mempunyai kulit dan wajah yang halus dan bersinar merupakan idaman setiap orang, terutama para perempuan. Berbagai produk perawatan dan kecantikan pun menjadi solusi mulai dari sabun cuci muka, sunscreen, moisturizer, dan banyak lagi. 

Salah satu produk perawatan wajah yang paling esensial adalah serum wajah. Serum merupakan cairan yang mengandung banyak bahan yang bernutrisi bagi kulit. Ada berbagai jenis serum dengan fungsi yang berbeda, seperti melembabkan kulit dan mencerahkan wajah. Serum juga umumnya memiliki tekstur yang lebih ringan dari moisturizer

Banyak yang mengatakan bahwa serum merupakan tahap penting dalam perawatan wajah. Tapi apakah kamu tahu apa saja manfaat dari menggunakan serum wajah? Berikut beberapa manfaat serum wajah yang perlu kamu ketahui:

Mengatasi Kulit Kusam

manfaat serum wajah

Kurang tidur bisa menyebabkan kulit tampak kusam dan lelah. Salah satu manfaat serum wajah adalah untuk mengatasi masalah ini. Menggunakan serum wajah dapat mendorong regenerasi dan perbaikan sel sehingga kulit terlihat bersinar. 

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

manfaat serum wajah

Manfaat serum wajah lainnya adalah melindungi kulit wajah dari sinar matahari. Sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit serta penuaan dini akibat radikal bebas. Serum umumnya mengandung vitamin C yang kaya akan antioksidan. Dengan menggunakan serum wajah, kamu bisa melindungi sel-sel kulitmu dari kerusakan. 

Melembutkan Wajah

manfaat serum wajah

Ingin mengatasi pori-pori besar di wajah? Ini jadi salah satu manfaat serum wajah lho. Karena tekstur serum yang ringan, pori-pori wajah jadi tetap bersih dan bebas minyak sehingga tekstur kulit wajah pun jadi lebih halus dan lembut. Selain itu, dengan berkurangnya pori-pori yang terbuka komedo pun jadi bisa berkurang. 

Menyamarkan Garis Halus dan Keriput

manfaat serum wajah

Serum dapat mendukung proses regenerasi sel-sel kulit. Jika digunakan bersama dengan moisturizer, serum dapat mengatasi keriput, flek hitam, jerawat, serta kemerahan dengan efektif. Ditambah lagi, vitamin C yang terkandung dalam serum juga membuat wajah jadi lebih kencang dan halus sehingga kulit tampak lebih muda.

Melembabkan Kulit

manfaat serum wajah

Salah satu manfaat serum wajah yang paling menonjol adalah kemampuannya untuk melembabkan kulit hingga lapisan dalam. Kandungan yang terkandung dalam serum wajah dapat menjaga lapisan kulit tetap sehat dan terhidrasi. Vitamin C juga terbukti memiliki efek melembabkan pada kulit  dan dapat mempertahankan kelembaban tersebut dengan baik. 

Cara Memakai Serum Wajah

manfaat serum wajah

Dengan banyaknya berbagai produk perawatan, tak sedikit orang yang kebingungan mengenai tahapan dan cara-cara pemakaiannya termasuk juga kapan dan cara memakai serum. Supaya tidak salah dan dapat merasakan manfaat serum wajah secara optimal, berikut langkah-langkah cara memakai serum yang benar:

  1. Cuci muka. Selalu hapus makeup dan bersihkan wajah dengan sabun cuci muka terlebih dahulu.
  2. Oleskan serum ke seluruh permukaan wajah. Tuangkan beberapa tetes serum ke telapak tangan kemudian oleskan ke seluruh permukaan wajah dan leher.
  3. Pijat wajah. Pijat atau tepuk-tepuk wajah dengan lembut agar serum menyerap sepenuhnya ke kulit wajah. 
  4. Gunakan moisturizer dan sunscreen (saat pagi) atau krim malam (saat malam).

Agar maksimal, kamu bisa menggunakan serum di pagi dan malam hari. Karena teksturnya yang ringan, serum akan dengan cepat menyerap ke dalam kulit tanpa membuat kulit terasa lengket. Serum sangat cocok untuk kamu yang mencari produk perawatan yang ringan ataupun kamu yang memiliki tipe kulit berminyak. Ditambah lagi, cara memakai serum sangat mudah dan tidak memakan waktu.

Salah satu serum yang bisa kamu coba adalah Ridha Whitening Serum. Ridha Whitening Serum mengandung berbagai jenis vitamin yang bernutrisi bagi kulit termasuk vitamin C. Selain itu, serum ini juga cocok untuk semua jenis kulit sehingga kamu yang memiliki kulit sensitif tidak perlu khawatir!