Headline, Olahraga

7 Jenis Olahraga Mengecilkan Paha yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

olahraga untuk mengecilkan paha

Salah satu hal yang membuat banyak orang khususnya para perempuan kurang percaya diri adalah karena ukuran perut dan paha. Paha memang jadi salah satu bagian tubuh yang mudah menumpuk lemak. 

Walaupun ukuran paha tiap orang memang berbeda-beda, ada beberapa olahraga mengecilkan paha yang bisa kamu lakukan untuk membakar lemak dan mengencangkan otot di di area paha. Tujuannya bukan sekadar mengecilkan paha, tapi juga agar paha dan kaki semakin kuat. 

Kita memang tidak bisa mengurangi lemak di area tertentu hanya dengan melakukan jenis olahraga yang fokus pada area tersebut. Kita juga perlu melakukan olahraga lainnya serta menjaga pola makan untuk bisa berhasil. Namun, ada beberapa jenis olahraga yang fokus untuk menguatkan dan mengencangkan area kaki dibanding area tubuh lainnya.  

Berikut beberapa jenis olahraga mengecilkan paha yang bisa kamu coba lakukan di rumah. 

Turun Naik Tangga

olahraga untuk mengecilkan paha

Ternyata turun naik tangga sangat efektif untuk membakar lemak lho! Menurut data WHO, berlari selama 30 menit bisa membakar 295 kalori. Bayangkan kalau ditambah dengan lari turun naik tangga. 

Tiap langkah mengharuskan kamu untuk mengangkat tubuh ke atas dengan bertumpu pada otot-otot kaki. Makanya, olahraga mengecilkan paha ini bagus untuk juga melatih otot paha dan membakar lemak. 

Squats

olahraga untuk mengecilkan paha

Olahraga mengecilkan paha yang ini sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan kamu bisa melakukannya sambil mengerjakan hal lain seperti sambil menonton tv. Agar punggung tidak pegal-pegal, pastikan kamu melakukannya dengan benar.

Dari posisi tegak dengan kaki dibuka selebar pinggul, turunkan badan sambil merentangkan tangan ke depan badan. Pastikan punggungmu tidak membungkuk. Angkat tubuh kembali ke posisi berdiri, kemudian kembali turunkan badan. Lakukan ini 25 kali, 2 kali sehari. Squats bagus untuk membakar kalori, menguatkan otot kaki, dan mengencangkan paha. 

Kardio

Olahraga kardio dapat membakar kalori, mengurangi lemak tubuh, dan bagus bagi kesehatan jantung. Oleh karena itu, kamu bisa menggabungkan olahraga-olahraga yang khusus mengencangkan kaki dengan kardio agar hasil olahraga mengecilkan paha kamu bisa maksimal. Kamu bisa mulai dengan olahraga kardio berintensitas sedang 25 menit setiap harinya atau 150 menit per minggu. 

Main Sepeda Statis

olahraga untuk mengecilkan paha

Jika kamu punya alat sepeda statis, kamu bisa memanfaatkannya untuk olahraga mengecilkan paha. Olahraga ini jelas menargetkan area paha sehingga cocok untuk mengencangkan kaki. 

Selain itu, berolahraga menggunakan sepeda statis juga bagus untuk kesehatan jantung dan menurunkan berat badan. Kamu bisa melakukan olahraga ini secara reguler 5 kali seminggu selama 15-30 menit.

Scissor Power Switch

olahraga untuk mengecilkan paha

Olahraga ini juga membakar lemak sambil mengencangkan otot bagian paha. Cara melakukannya cukup mudah. Pertama, berdiri dengan kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Turunkan tubuh dan tekuk kaki kiri hingga ke posisi lunge, kemudian arahkan tangan kiri ke tumit kaki kanan dan tangan kanan direntangkan ke belakang punggung. 

Dari posisi tersebut, lompatkan tubuh lurus ke atas, kemudian tukar posisi kedua kaki menjadi kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Untuk awal, lakukan secara perlahan sehingga kamu tidak mencederai diri sendiri saat berganti posisi. Lakukan olahraga ini 15 kali per sisi.

Lateral Band Steps

olahraga untuk mengecilkan paha

Olahraga yang satu ini dapat mengencangkan otot pinggang dan paha. Pertama, masukkan kedua kaki ke dalam resistance band dan posisikan tepat di atas lutut untuk di awal. Buka kaki selebar pinggul, kemudian turunkan tubuh sedikit seperti ingin melakukan squat. Langkahan kaki kanan melebar ke arah kanan. Bawa kaki kiri mengikuti kaki kanan dan kembali ke posisi semula dengan kaki terbuka selebar pinggul. 

Ulangi dengan arah yang berlawanan untuk kaki kiri dan lakukan berulang secara bergantian sebanyak 12-15 kali untuk tiap sisinya. Untuk latihan yang lebih intens, kamu bisa meletakkan resistance band di area pergelangan kaki dan turunkan lagi posisi tubuh hingga seperti sedang squat. 

Standing Glute Kickbacks

olahraga untuk mengecilkan paha

Olahraga mengecilkan paha ini menargetkan area bokong dan paha bagian belakang. Caranya, gunakan resistance band di sekitar pergelangan kaki dengan posisi berdiri selebar pinggul. Kemudian dengan perlahan tendang salah satu kaki mundur ke belakang. 

Kembali ke posisi awal dan ulangi selama 12-15 kali, kemudian ganti ke kaki sebelahnya. Saat melakukannya, pastikan pinggul dan punggung bagian bawahmu lurus. Jika melengkung, artinya kamu menendang terlalu jauh ke belakang atau resistance band kamu terlalu kencang. 

Agar olahraga mengecilkan paha yang kamu lakukan lebih maksimal, kamu bisa menggunakan Happyfit Indonesia Resistance Loop Band yang elastis dan kencang sehingga tidak mudah putus. Selain untuk olahraga mengecilkan paha, kamu juga bisa menggunakannya untuk olahraga yang lain seperti pilates dan angkat beban lho!