Olahraga

Belajar Manfaat Latihan Kardio dan Pentingnya Personal Trainer

Manfaat Latihan Kardio

Ketika kamu berencana untuk menurunkan berat badan atau membentuk tubuh lebih ideal, salah satu saran yang pasti didapat adalah berolahraga. Bukan cuman sekadar jargon, berolahraga memang membawa banyak sekali manfaat buat tubuh kamu.

Manfaat Latihan Kardio

Salah satu olahraga yang paling umum dilakukan adalah latihan kardio. Selain untuk membakar kalori dan lemak berlebih dalam tubuh, latihan kardio juga berguna memperkuat jantung dan paru-paru kamu. Manfaat jangka panjangnya antara lain:

  1. Menurunkan risiko stres
    Dengan melakukan latihan kardio, tubuh akan melepas hormon endorfin yang mampu membuat tubuh lebih tenang dan rileks, sekaligus meningkatkan mood kamu.
  2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
    Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, tingkat stres yang rendah otomatis akan membuat sistem kekebalan tubuhmu bekerja secara optimal.
  3. Membuat kualitas tidur lebih baik
    Latihan kardio yang dilakukan secara rutin juga dipercaya membuat tidur lebih lelap. Akan tetapi, jangan melakukan olahraga kardio berdekatan dengan waktu tidur kamu, ya.
  4. Menjaga kadar gula darah serta membantu menurunkan kolesterol
    Kamu pasti tidak mau, dong, terkena penyakit diabetes? Nah, selain menurunkan kolesterol jahat, latihan kardio secara rutin juga membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Manfaat Latihan Kardio

Lalu, apa saja, sih latihan kardio yang bisa kamu lakukan di rumah? Sebetulnya, ada banyak sekali, lho! Misalnya:

  1. Jogging di tempat
    Sama seperti yang biasa kamu lakukan di luar, angkat tungkai kakimu seperti sedang berlari di tempat. Lakukan selama kurang lebih 60 detik.
  2. Lompat tali (skipping)
    Olahraga ini juga relatif murah dan praktis. Kamu cukup mempersiapkan tali skipping dan dapat melakukannya di mana pun. Selain sebagai olahraga kardio, lompat tali juga dapat melatih kemampuan otak dan kognitif karena harus sinergi antara melompat dan ritme tali.
  3. Gerakan Jumping Jacks
    Cara melakukan jumping jacks pun sederhana, Berdiri dengan tegak, lalu melompat dengan kedua kaki terbuka ke samping sambil kedua lengan diangkat ke atas kepala hingga seperti membentuk huruf V. Ulangi selama 60 detik.
  1. Gerakan Mountain Climbers
    Rebahkan tubuhmu, angkat tubuh hingga sejajar dengan lengan, dan tarik lutut kanan ke arah dada lalu kembalikan ke posisi semula. Ulangi pola tersebut dengan kaki yang lain selama 60 detik.

Kamu bisa melakukan jogging di tempat, lompat tali (skipping), atau gerakan-gerakan seperti jumping jacks (melompat sambil membuka kaki dan menepukan tangan di atas kepala).

Nah, jika kamu masih merasa seperti seorang pemula, atau olahraga yang kamu lakukan selama ini tidak membuahkan hasil. Alangkah baiknya jika kamu bekerja sama dengan seorang personal trainer. Apa saja pentingnya personal trainer? Mari kita bahas lebih dalam!

Manfaat Latihan Kardio

  1. Membimbing kamu agar melakukan teknik olahraga secara benar
    Ini adalah manfaat utama pentingnya personal trainer. Mereka dapat memberikan pengetahuan serta pembelajaran mengenai teknik-teknik olahraga yang benar dan efektif. Personal trainer juga akan memberi tahu kamu secara rinci manfaat dari latihan-latihan yang kamu lakukan, sekaligus menghindarkan kita dari cedera.
  2. Membuat program olahraga yang tepat buat kamu
    Personal trainer pun akan membuatkan jadwal dan program olahraga yang sesuai dan yang kamu butuhkan. Ditambah lagi, mereka akan membuatmu ‘disiplin’ untuk latihan, sehingga tujuan kamu dapat tercapai.
  3. Memberikan saran soal makanan dengan gizi yang tepat
    Ini juga penting. Tidak hanya soal olahraga, pentingnya personal trainer adalah mereka dapat memberikanmu saran tentang makanan dan kandungan gizi yang tepat untuk dikonsumsi.

Itu dia manfaat personal trainer untuk olahraga kamu. Dari tulisan ini, kamu tentunya sudah lebih tahu, bukan, manfaat olahraga kardio serta pentingnya personal trainer? Kamu pasti akan lebih percaya diri jika berlatih bersama seorang personal trainer profesional. Selamat berlatih!