Olahraga

Berbagai Gerakan Workout Untuk Mengecilkan Perut. Mudah dan Bisa Dilakukan Di Rumah!

Workout mengecilkan perut

Memiliki tubuh yang ideal dengan perut langsing memang menjadi impian banyak orang. Selain meningkatkan percaya diri, tubuh langsing juga seringkali mengindikasikan raga yang sehat.

Di masa pandemi ini, kita lebih banyak waktu di rumah sehingga sebaiknya bisa meluangkan waktu itu melakukan gerakan workout sebagai salah satu pilihan olahraga yang baik dan mudah untuk dilakukan, tentunya dengan segudang manfaat! Kamu bisa tetap menjaga kesehatan, sekaligus “misi” kamu untuk mengecilkan perut. Toh, ada banyak, lho, pilihan gerakan workout mengecilkan perut. Apa saja? Yuk disimak!

  • Sit Up

Workout mengecilkan perut

Ini mungkin gerakan workout yang paling umum dan digemari untuk mengecilkan perut. Cara melakukannya sangat mudah: Berbaringlah di atas matras, tekuk lutut dengan telapak kaki menapak di lantai, taruh tangan di belakang kepala atau leher, lalu angkat bahu menggunakan otot perut dan kembali ke posisi semula. Lakukan berulang-ulang.

  • Bicycle Crunches

Workout mengecilkan perut

Sesuai dengan namanya, gerakan workout yang satu ini mirip seperti kamu memainkan sepeda. Bisa dibilang, gerakan ini lebih menantang jika dibandingkan sit up yang sebelumnya. Baringkan tubuhmu di atas matras, letakkan tangan di belakang kepala untuk menopang, posisikan kepala sedikit ke depan hingga tidak menempel ke matras (kira-kira 45 derajat), lalu angkat kaki ke atas hingga membentuk sudut 45 derajat dari alas, gerakan kaki seperti bermain sepeda sambil kepala menengok ke sisi kanan dan kiri. Lakukan bergantian secara berulang-ulang.

  • Plank

Workout mengecilkan perut

Olahraga ini juga cukup umum dilakukan sebagai gerakan workout mengecilkan perut. Plank memang melatih otot perut dan otot-otot lain yang mengelilinya. Mulailah dengan posisi tubuh seperti akan melakukan push-up. Letakkan tangan di samping dan kaki dilebarkan sampai sebahu, lalu mulai angkat tubuh dengan lengan sejajar sejajar dengan lantai dan pertahankan agar stabil.

  • Lying Leg Raise

Workout mengecilkan perut

Terlihat sederhana, tapi sebenarnya cukup menantang. Itulah olahraga lying leg raise ini. Kamu cukup berbaring telentang di matras dengan tangan di sisi kanan dan kiri tubuh, lalu angkat kaki hingga tubuh seperti membentuk sudut 90 derajat dengan lantai. Pertahankan posisi tersebut, jangan sampai lutut menekuk, lalu setelah beberapa detik, turunkan kaki secara perlahan ke lantai. Boleh dicoba!

  • Yoga

Workout mengecilkan perut

Olahraga satu ini juga dikenal efektif sebagai gerakan workout mengecilkan perut. Bahkan, tidak hanya untuk membakar kalori, yoga juga dapat membantu meredakan stres. Kamu dapat mengikuti gerakan-gerakan yoga yang bisa dilakukan di rumah lewat internet, atau meminta bantuan dari seorang instruktur andal.

Selain kelima gerakan workout di atas, masih ada gerakan-gerakan lain seperti swing kettle pose, cross crunch, atau standing oblique crunch yang mampu menjadi gerakan workout mengecilkan perut. Kamu dapat mencari cara melakukannya di internet atau media lain, hingga bertanya kepada para profesional.

Harap diingat, sebelum melakukan gerakan workout di atas, kamu tetap harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Olahraga tanpa pemanasan sangat berisiko menimbulkan cedera. Ajak keluarga atau teman-teman untuk melakukan olahraga bersama agar menambah motivasi. Efeknya mungkin tidak terasa secara instan, tapi lambat laun, kamu pasti akan merasakannya.

Selain itu, kombinasikan olahraga kamu dengan pola makan yang sehat dan rendah kalori. Niscaya, memiliki tubuh ideal dan perut langsing bukan hanya sekedar impian!

Selamat mencoba!