Olahraga

Inilah Alasan Mengapa Pemanasan Sebelum Olahraga itu Wajib Dilakukan

Manfaat pemanasan sebelum olahraga

Pemanasan sebelum olahraga wajib dijalankan setiap orang, mulai dari pegiat olahraga amatir hingga atlet profesional. Dilansir dari NHS, pemanasan sebelum olahraga penting untuk mempersiapkan sendi dan otot agar bisa bergerak secara optimal. Jenis peregangan dan porsi pemanasan sebelum olahraga bisa berbeda-beda, disesuaikan dengan aktivitas fisiknya. Pemanasan sebelum olahraga yang terlalu lama bisa menguras tenaga dan kelenturan otot untuk latihan inti. Demikian juga apabila pemanasan sebelum olahraga yang dilakukan terlalu sedikit. Dampaknya, tubuh bisa cedera karena otot masih tegang dan belum siap untuk melakukan latihan fisik.

Berikut ini mari kita bahas satu-satu manfaat pemanasan sebelum olahraga dan mengapa pemanasan sebelum olahraga tidak boleh dilewatkan.

1. Menambah Fleksibilitas

Manfaat pemanasan sebelum olahraga

Melansir Healthline, manfaat pemanasan sebelum olahraga salah satunya dapat meningkatkan fleksibilitas atau kelenturan. Tak hanya untuk olahraga, kelenturan adalah faktor penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Tubuh yang lentur dapat memudahkan aktivitas fisik sehari-hari, sekaligus menunda penurunan kemampuan bergerak akibat penuaan.

2. Meningkatkan Jangkauan Gerakan

Manfaat pemanasan sebelum olahraga

Manfaat pemanasan sebelum olahraga lainnya yakni menyiapkan sendi agar lebih leluasa bergerak. Jenis pemanasan sebelum olahraga yang bisa menunjang jangkauan gerakan yakni pemanasan statis dan dinamis. Pemanasan statis dilakukan dengan cara meregangkan otot dan menahan di satu posisi. Sedangkan pemanasan dinamis dilakukan dengan melakukan gerakan berulang yang ringan.

3. Menambah Performa Olahraga

Manfaat pemanasan sebelum olahraga

Melakukan pemanasan sebelum olahraga juga dapat membantu otot dan sendi lebih siap bergerak. Olahraga dalam kondisi otot dan sendi lebih siap terbukti dapat meningkatkan performa aktivitas fisik. Pasalnya, sendi dan otot yang fleksibel serta sudah siap bergerak cenderung lebih hemat tenaga.

4. Meningkatkan Aliran Darah ke Otot dan Sendi

Manfaat pemanasan sebelum olahraga

Manfaat pemanasan sebelum olahraga yang cukup penting adalah meningkatkan sirkulasi darah. Dengan sirkulasi darah yang lebih baik, aliran darah ke otot dan sendi jadi semakin lancar. Imbasnya, waktu pemulihan fisik setelah olahraga jadi lebih cepat dan risiko nyeri otot juga lebih kecil.

5. Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat pemanasan sebelum olahraga

Manfaat pemanasan sebelum olahraga lainnya yakni mencegah ketidakseimbangan otot. Apabila dilakukan secara rutin, peregangan ini perlahan-lahan dapat memperbaiki postur tubuh.

6. Mengurangi Ketegangan Otot

Manfaat pemanasan sebelum olahraga

Dikutip dari American Council on Exercise, otot yang diregangkan saat pemanasan dapat lebih rileks. Dengan otot yang lebih rileks, ketegangan dan kaku otot yang cedera bisa dicegah. Selain itu, ketegangan otot perlu dihindari agar pasokan nutrisi dan oksigen ke otot tetap terjaga.

7. Mencegah Nyeri Punggung Bawah

Manfaat pemanasan sebelum olahraga

Manfaat pemanasan sebelum olahraga berikutnya yaitu turut meningkatkan fleksibilitas di paha belakang, pinggul, dan sekitar otot panggul. Ketiganya memiliki peran penting dalam mengurangi beban tekanan pada tulang lumbar belakang. Hasilnya, risiko nyeri punggung bawah setelah olahraga pun bisa dicegah.

Lalu, apa saja gerakan pemanasan sebelum olahraga yang direkomendasikan? Berikut beberapa pemanasan sebelum olahraga yang mudah dilakukan:

1. Memutar Kepala
Gerakan ini sangat mudah dilakukan, dengan cukup menggerakkan bagian leher searah jarum jam untuk hitungan 8 detik. Setelah itu, lakukan ke arah sebaliknya juga dengan hitungan 8 detik. Gerakan ini akan meningkatkan fungsi otak, detak jantung, dan penyerapan oksigen untuk membantu melakukan kegiatan olahraga secara optimal.

2. Memutar Pinggang
Seperti memutar kepala, bagian kali ini hanya berbeda di bagian tubuh saja. Regangkan bagian kaki searah pundak, lalu putar searah jarum jam selama hitungan 8 detik. Begitu juga ke arah sebaliknya dengan waktu hitungan yang sama.

Manfaat dari melakukan gerakan pemanasan ini mampu menjaga kelenturan pinggang saat melakukan berbagai kegiatan. Dengan menjaga kelenturan pinggang, maka banyak kegiatan olahraga yang dapat dilakukan dengan lebih intensif.

3. Memutar Lutut
Saat melakukan pemanasan sebelum olahraga, jangan lupakan gerakan pemanasan untuk bagian lutut. Caranya cukup mudah, yaitu rapatkan lutut, lalu goyangkan searah jarum jam dalam hitungan 8 detik, begitu juga sebaliknya. Manfaat pemanasan sebelum olahraga yang satu ini mampu menjaga lutut tetap lentur dan meminimalisasi terkilirnya pergelangan kaki.

4. Memutar Bahu
Gerakan pemanasan selanjutnya terletak pada bagian bahu. Pergerakan tubuh tidak terlepas dari bahu yang terus melakukan fungsinya untuk memudahkan kegiatan olahraga, seperti berlari. Cara melakukan pemanasan satu ini adalah dengan memegang pundak dengan tangan, lalu memutarnya ke arah depan dalam hitungan 8 detik, begitu juga sebaliknya ke arah belakang.

5. Memutar Kedua Lengan
Lengan juga tidak luput dari gerakan pemanasan sebelum olahraga. Kali ini, kedua lengan digerakkan layaknya kincir angin. Gerakan selama 8 detik dalam jangka waktu gerak yang teratur.

6. Meregangkan Pergelangan Paha
Pergelangan paha menjadi bagian selanjutnya yang penting, apalagi bagi kamu yang gemar melakukan lari dalam jarak jauh seperti 10 kilometer. Caranya pun cukup mudah, lebarkan jarak kaki dan berpangku pada salah satu paha baik di sisi kiri atau kanan.

7. Menekuk Pergelangan Kaki
Angkat kaki kamu sekaligus untuk menjaga keseimbangan dengan melakukan pemanasan yang benar. Untuk gerakan ini, diperlukan hampir di semua kegiatan berolahraga baik berenang, bersepeda, berlari, maupun sepak bola.

Langkah pemanasan ini berguna melatih kelenturan kaki, paha, dan tumit. Tubuh juga akan mengatur keseimbangan yang dibutuhkan dan memberikan sinyal untuk mengatur suhu tubuh sebelum berolahraga.

8. Menekuk Pergelangan Tangan
Pergelangan tangan juga perlu ditekuk guna mengamankan gaya olahraga di tempat, seperti Pull Up, Push Up, Sit Up, maupun Plank. Agar pergelangan tangan tidak mengalami kejadian buruk, perlu diterapkan pemanasan seperti ini. Caranya adalah dengan melipat tangan ke bagian berlawanan, seperti tangan kanan ke bagian kiri lalu ditekan secara perlahan dengan tangan kiri. Begitu juga sebaliknya tangan kiri ke bagian kanan yang ditahan dengan tangan kanan.

9. Meluruskan Kaki
Gerakan ini sangat berguna bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan berlari jarak jauh. Biasanya paha bagian bawah dan pergelangan kaki akan menjadi titik tumpu utama. Lakukan pemanasan dengan melakukan duduk di tanah dengan meluruskan kaki dengan arah yang cukup lebar. Lalu gerakan tubuh secara perlahan menyesuaikan arah kaki, baik kanan maupun kiri.

10. Menekuk Tubuh ke Depan
Salah satu gerakan pemanasan sebelum olahraga yang tidak kalah penting adalah menekuk bagian tubuh ke bagian depan. Caranya kurang lebih sama dengan pemanasan meluruskan kaki, namun ketika bagian kaki sudah diluruskan ke masing-masing sisi, kemudian bagian tubuh ditekuk ke depan dengan tangan lurus.

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan sebelum olahraga, semuanya bervariasi sesuai dengan kebutuhan olahraga yang diperlukan. Namun alangkah baiknya melatih keseluruhan tubuh agar otot siap dalam melakukan kegiatan olahraga.