Olahraga

Inilah Lima Manfaat Lompat Tali yang Perlu Kamu Ketahui!

Manfaat Lompat Tali

Olahraga lompat tali atau skipping sepertinya sudah tidak asing bagi kita semua. Gerakannya yang relatif mudah, serta perlengkapannya yang murah dan praktis membuat olahraga skipping menjadi digemari oleh mereka yang ingin membakar kalori.

Kamu tidak perlu “iri” dengan mereka yang andal melakukan trik-trik lompat tali. Pada dasarnya, langkah-langkah melakukan lompat tali cukup sebagai berikut:

  1. Berdiri tegak dengan posisi tali di belakang kaki.
  2. Ayunkan tali ke depan dalam satu gerakan. Bersamaan dengan itu, gerakkan pergelangan tangan sedikit ke atas agar tali turun di antara pergelangan kaki dan lutut.
  3. Pastikan kedua lutut terangkat bersama dan melompati tali ketika melewati kepala

Apabila kamu sudah latihan berkali-kali hingga lancar, manfaatnya pun akan maksimal, kok!

Nah, bicara soal manfaat lompat tali, sebenarnya apa saja, sih, keuntungan yang bisa didapat tubuh kita melalui olahraga skipping ini? Kebetulan, tulisan kali ini akan membahasnya. Yuk, disimak!

  • Melatih dan mengencangkan otot kaki

Manfaat Lompat Tali

Olahraga skipping mampu melatih di beberapa bagian tubuh, terutama otot kaki. Hal ini disebabkan ketika melompat dan mendarat, kaki kita bekerja aktif jika dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya. Seiring dengan otot dan sendi pergelangan kaki yang semakin kuat, lompat tali juga bisa menghindarkan kita dari cedera kaki. Itulah sebabnya, banyak atlet olahraga lain seperti sepakbola atau basket yang menjadikan lompat tali sebagai olahraga pemanasan.

  • Membentuk otot lengan dan perut

Manfaat Lompat Tali

Selain memperkuat otot kaki, manfaat lompat tali lainnya adalah membentuk otot lengan dan perut. Lengan adalah bagian tubuh yang tidak kalah aktif ketika melakukan lompat tali. Di sisi lain, olahraga skipping terbukti efektif dalam membakar lemak di perut dan bagian-bagian tubuh lain. Kamu tentu ingin punya tubuh yang ideal, bukan?

  • Membantu menurunkan berat badan

Manfaat Lompat Tali

Ini adalah manfaat lompat tali yang paling populer. Olahraga ini sangat cocok dilakukan untuk kamu yang sedang berupaya menurunkan berat badan. Dalam kurun waktu 20 menit, olahraga skipping dapat membakar kurang lebih 300 kalori, dengan kata lain 1000 kalori dalam satu jam. Kalori yang terbakar bahkan lebih banyak dibanding melakukan jogging.

  • Meningkatkan kemampuan kognitif dan kinerja otak


Lompat tali adalah olahraga yang membutuhkan koordinasi yang baik antara waktu, fisik, dan mental. Kamu harus bersinergi dengan seluruh anggota tubuh untuk melompat dengan kecepatan cukup tinggi dalam waktu kurang dari satu detik, sekaligus mengenali jarak, kecepatan, dan posisi tali terhadap tubuh. Oleh karena itu, otak kamu akan terlatih untuk lebih fokus, sehingga meningkatkan kemampuan kognitif dan ketangkasan tubuh secara keseluruhan.

  • Menyehatkan jantung dan paru-paru

Sebagai olahraga aerobik yang menggunakan oksigen untuk membakar kalori tubuh, lompat tali terbukti bermanfaat dalam membangun kapasitas aerobik yang diinginkan, menjaga kesehatan kardiovaskular, serta meningkatkan efisiensi pernapasan. Lakukan lompat tali setidaknya lima kali dalam seminggu selama kurang lebih 15 menit.

Itu dia manfaat lompat tali yang perlu kamu ketahui. Dari kelima poin di atas, tentu kamu bisa melihat khasiat skala kecil maupun besar dari melakukan olahraga lompat tali kepada tubuh kamu.

Pastikan kamu telah menyiapkan perlengkapan olahraga, seperti tali dan sepatu, yang layak, tempat olahraga yang luas dan tidak terlalu licin, dan melakukan pemanasan selama 5-10 menit untuk menghindari risiko cedera. Sedangkan untuk kamu yang memiliki riwayat cedera, jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Selamat mencoba!