Olahraga

Rekomendasi Olahraga Sebelum Tidur untuk Paha Ideal

olahraga sebelum tidur

Mendapatkan bentuk paha yang ideal ternyata tidaklah sesulit yang dibayangkan. Tidak perlu melakukan hal ekstrim seperti sedot lemak. Kamu pun tidak perlu menguras habis dompetmu, karena kamu bahkan bisa melakukannya secara murah dan mudah tepat sebelum kamu beristirahat dengan melakukan beberapa gerakanolahraga sebelum tidur. Cara ini cukup efektif untuk membentuk paha ideal, meskipun membutuhkan waktu yang tidak instan.

Gerakan mengecilkan paha sebelum tidur ini dapat dilakukan selama lima menit namun memberikan efek yang besar pada bentuk tubuh. Apa saja gerakan-gerakan olahraga tersebut? Yuk, kita bahas bersama!

1. Angkat Satu Kaki

olahraga sebelum tidur

Saat melakukan gerakan ini, poinnya bukan seberapa cepat kamu dapat mengangkat dan menurunkan kaki secara bergantian. Namun, kamu harus bisa mengangkat kaki lurus ke atas dengan sangat perlahan dan menahannya selama mungkin sebelum berganti ke kaki satunya. Caranya berdiri menghadap tembok, lalu dorong kaki lurus ke depan dan tahan hingga 10 hitungan lalu lakukan bergantian dengan kaki satunya.

2. Gerakan Menggunting Bantal

olahraga sebelum tidur

Gerakanolahraga sebelum tidur yang satu ini disebut menggunting bantal, yaitu gerakan dimana posisi tubuh tidur telentang lalu menekuk lutut sambil menjepit bantal diantara paha. Angkat kaki kanan dan kiri secara bergantian sambil masih menjepit bantal seakan kamu sedang menggunting bantal. Meskipun terkesan gerakan sederhana, namun cara ini merupakan salah satu gerakan mengecilkan paha sebelum tidur.

 3. Gunakan Handuk

Pertama-tama, kamu membutuhkan handuk untuk berbaring sambil menekuk lutut kemudian pegang kedua sisi handuk dengan kedua tangan lalu letakkan di telapak kaki. Kemudian, dorong kaki ke atas dengan mengendurkan pegangan pada kedua sisi handuk. Gerakan olahraga sebelum tidur ini mampu membuat otot paha bagian belakang terasa tertarik. Ulangi gerakan ini sebanyak 8 kali.

4. Gerakan Sepeda Angin

Lakukan gerakan ini dengan berbaring di atas matras atau kasur agar punggung tidak sakit. Bertumpu pada pantat dan perut, kemudian angkat kaki dan punggung. Lalu angkat kaki kiri dan luruskan. Lakukan gerakan mengayuh sepeda dengan kaki kanan saja. Kemudian lakukan bergantian pada kaki kanan dan kiri.

5. Angkat dan Luruskan Kaki

olahraga sebelum tidur

Dengan posisi telentang, angkat kedua kaki ke atas dan luruskan. Tahan hingga 10 detik lalu turunkan. Ulangi hingga 8 kali. Awal mencoba mungkin akan terasa otot-otot yang menegang dan tertarik. Lama kelamaan otot akan menjadi lemas.

6. Memanfaatkan Tekanan Kaki

Gerakan mengecilkan paha sebelum tidur yang satu ini juga mampu membuat otot bagian perut terasa rileks. Caranya, tekuk lutut, kemudian peluk kaki hingga menyentuh perut. Rasakan sensasi tarikan ototnya.

7. Mengangkat Paha ke Belakang

Pertama-tama letakkan bantal di bawah perut. Kemudian tekuk kedua lutut, dengan menggunakan kekuatan pantat sebelah kiri, angkat paha kiri ke atas semaksimal mungkin dan tahan selama detik. Lakukan secara bergantian.

Mudah kan? Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan gerakan-gerakan olahraga sebelum tidur ini secara rutin. Dengan gerakan yang mudah ini, siapa pun bisa menerapkannya.

Tidak hanya mendapatkan bentuk paha ideal, penelitian dari Institut Teknologi Konfederasi Zurich menyatakan bahwa olahraga sebelum tidur di malam hari dapat membantu kita agar dapat istirahat lebih pulas dan memiliki durasi tidur nyenyak yang lebih lama. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan termasuk menghindari jenis olahraga yang sangat melelahkan atau berintensitas tinggi, setidaknya satu jam sebelum tidur. Alasannya, karena berolahraga dalam waktu kurang dari satu jam sebelum tidur, hanya akan membuat kita membutuhkan waktu lebih lama untuk tidur dan memberikan kualitas tidur yang buruk.