Olahraga

Tidak Hanya Mengurangi Berat Badan, Ini 6 Manfaat Muay Thai untuk Kesehatan

olahraga muay thai

Olahraga muay thai merupakan salah satu olahraga yang diminati oleh banyak orang. Seni bela diri asal Thailand ini dikatakan sebagai salah satu olahraga paling efektif untuk membakar lemak, mengencangkan otot, dan menurunkan berat badan. 

Hal ini dikarenakan olahraga muay thai merupakan olahraga intens yang melibatkan seluruh anggota tubuh mulai dari tangan, lengan, siku, genggaman, paha, hingga lutut. Menurut studi, berlatih olahraga muay thai selama 1 jam dapat membakar hingga 783 kalori!

Bagi yang baru pertama kali melakukannya, mungkin olahraga muay thai akan terasa cukup berat. Namun, jika dilakukan secara reguler lama kelamaan kamu akan terbiasa dan dapat merasakan banyaknya manfaat muay thai bagi kesehatan tubuh. 

Ya, selain untuk mengurangi berat badan, ternyata olahraga muay thai  juga memiliki segudang manfaat. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Menjaga Kekuatan Tulang

olahraga muay thai

Olahraga muay thai banyak melibatkan serangan berulang dengan menggunakan lengan dan tulang kering. Latihan ini dapat melatih kekuatan tulang serta keseimbangan. Hal ini dapat mengurangi risiko jatuh maupun osteoporosis pada usia lanjut. Namun pastikan kamu melakukan latihan secara bertahap sehingga tulang dan ototmu tidak cedera.

Mengurangi Rasa Cemas dan Stres

olahraga muay thai

Salah satu manfaat muay thai adalah dapat mengurangi rasa cemas dan stres. Riset mengklaim bahwa berlatih seni bela diri dapat meningkatkan fokus dan mood serta membuatmu lebih rileks. 

Saat berolahraga, tubuh menghasilkan hormon endorfin yang membuatmu merasa positif. Kamu bisa melakukan olahraga muay thai misalnya setelah pulang kerja untuk melepas beban dan pikiran.

Meningkatkan Stamina dan Kesehatan Jantung

olahraga muay thai

Salah satu manfaat muay thai yang utama adalah meningkatkan kesehatan jantung. Muay thai merupakan olahraga intens yang membutuhkan kekuatan dan stamina. Apalagi, gerakan kardio biasanya harus dilakukan sebelum memulai latihan. 

Dengan intensitas yang tinggi, detak jantung pun meningkat dan kamu membutuhkan lebih banyak oksigen saat berlatih. Dengan melakukan latihan muay thai secara rutin, tubuhmu akan terbiasa dan kinerja jantung pun akan meningkat. 

Melatih Kedisiplinan

olahraga muay thai

Olahraga muay thai membutuhkan konsistensi dan kedisiplinan. Pasalnya, ada banyak gerakan yang harus dipelajari secara bertahap. Tanpa ketekunan, kamu akan sulit untuk bisa benar-benar berlatih dan menguasai seni bela diri yang satu ini. Maka itu, tak heran jika kedisiplinan dan mental yang kuat menjadi salah satu manfaat muay thai yang akan kamu rasakan jika tekun berlatih. 

Kemampuan untuk Melindungi Diri

olahraga muay thai

Manfaat muay thai lainnya adalah untuk melindungi diri. Saat berlatih, kamu dipaksa untuk bisa menghindari dan mencegah berbagai jenis serangan. Selain itu, kamu juga dilatih untuk bisa menggunakan berbagai anggota tubuh untuk melindungi maupun menyerang lawan. Hal ini melatih gerakan refleks, kekuatan, serta kewaspadaan. Selain itu, muay thai juga mengajarkan cara berpikir tenang, strategis, dan teknik menghadapi lawan. 

Meningkatkan Kepercayaan Diri

olahraga muay thai

Olahraga kickboxing seperti muay thai dikatakan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Pertama, kamu jadi lebih memiliki pandangan positif terhadap tubuhmu karena kamu menyadari hal-hal yang bisa dilakukan tubuhmu. Selain itu, karena muay thai juga efektif untuk mengurangi berat badan, kamu pun jadi bisa lebih percaya diri. 

Kedua, kamu jadi lebih yakin bahwa kamu bisa melindungi diri sendiri. Terlebih lagi, berolahraga juga merilis hormon endorfin pada tubuh yang dapat membuat kita merasa positif, rileks, dan bahagia. 

Ingat untuk selalu pemanasan terlebih dahulu sebelum mulai berlatih supaya badanmu tidak sakit ataupun cedera. Gunakan sarung tangan dengan ukuran yang pas dan busa yang padat seperti Happyfit Indonesia Boxing & Muay Thai Gloves sehingga tanganmu aman saat melakukan berbagai gerakan dan tinjuan.