Tips

Kiat Olahraga Outdoor di Masa Pandemi

Konsep bekerja dari rumah atau work from home begitu lekat dengan gaya hidup pasif atau yang kerap disebut sedentary lifestyle. Jika dilakukan dalam waktu lama, gaya hidup seperti ini dapat membuat daya tahan tubuh menurun. Untuk menghindarinya, kamu perlu melakukan beberapa aktivitas fisik atau olahraga ringan. Idealnya, olahraga bisa dilakukan di dalam dan di luar ruangan. 

Mengutip pernyataan Profesor David Nieman, ahli kesehatan dari Appalachian State University, Amerika Serikat, mengatakan bahwa olahraga yang dilakukan di luar ruangan sangat berpengaruh baik pada kondisi fisik dan mental. Beliau juga meyakini bahwa aktivitas fisik di luar ruangan dalam waktu 30 – 60 menit terbukti membantu sistem kekebalan tubuh manusia. 

Namun dalam situasi pandemi seperti sekarang, melakukan olahraga di luar ruangan menjadi hal yang sedikit mengkhawatirkan karena kamu akan bertemu orang banyak, mengobrol, dan bersentuhan. Belum lagi adanya ancaman kuman dan virus di tempat-tempat umum. 

Memiliki pertimbangan akan tersebut tentu saja menjadi hal yang wajar, namun jangan sampai menggugurkan niatmu untuk berolahraga. Untuk menghapus rasa khawatirmu, berikut beberapa syarat berolahraga di luar ruangan yang dapat kamu terapkan di masa pandemi:

  • Cek Wilayah

Periksa situasi wilayah dimana kamu akan berolahraga. Jika di wilayah tersebut merupakan tempat yang termasuk dalam zona merah, ada baiknya untuk mengurungkan niatmu. 

  • Kondisi Tubuh Fit

Jika tubuh berada dalam kondisi sehat, kamu bisa berolahraga di luar. Sebaliknya, jika kondisi badanmu sendiri masih kurang fit, sebaiknya berolahraga saja di dalam rumah atau saat kondisimu sudah lebih membaik. 

  • Jaga Jarak

Selalu jaga jarak jika berpapasan dengan orang lain selama berolahraga. Hal ini juga berlaku meski kamu berolahraga bersama teman. Usahakan untuk selalu berada dalam batas 1 – 1,5m satu sama lain. 

  • Semprot Desinfektan sebelum Menyentuh Benda-Benda Sekitar

Jika kamu akan berolahraga dengan menggunakan peralatan tambahan yang termasuk dalam fasilitas umum, kamu wajib menggunakan desinfektan sebelum dan sesudah menyentuhnya. Selalu sediakan juga hand sanitizer untuk kamu gunakan saat sedang tidak bisa mencuci tangan. 

  • Kenali Tubuh 

Pahami kondisi tubuhmu sendiri. Tujuan dari berolahraga adalah mencapai kondisi tubuh yang fit. Jangan paksakan kondisimu jika sudah tidak mampu berolahraga. 

Demikian lima syarat yang perlu diperhatikan untuk berolahraga di luar ruangan. Selain berolahraga di luar ruangan, kamu juga bisa berolahraga dengan aman di gym yang menjalankan protokol kesehatan dengan baik seperti FITCO. Lokasi gym yang terletak di pusat kota Jakarta pun tentunya akan memudahkan dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu di luar rumah. Segera mulai gaya hidupmu sekarang bersama FITCO.